12/06/17

Panduan Menghasilkan Uang dari Internet untuk Pemula

Mungkin sudah banyak panduan-panduan seperti ini di berbagai sumber, tutorial yang saya tulis kali ini tidak berbeda jauh dengan panduan yang ada di Internet. Menghasilkan uang dari internet itu sangat beragam dan banyak caranya contohnya mengelola blog, menggunakan aplikasi, menjadi developer aplikasi, membuat website sendiri, dan masih banyak lagi, intinya jalan menghasilkan uang dari Internet itu tidak cuma satu, alias banyak cara untuk menghasilkan uang.

Salah satu cara menghasilkan uang dari yang saya sebutkan diatas adalah mengelola sebuah blog, mulai dari pemasangan iklan dari pihak ketiga sampai membuat artikel mengenai usaha kita sendiri. Jika kita mempunyai jasa yang menarik, kita juga dapat mempromosikannya melalui blog kita sendiri.

Tapi anda harus memperhatikan topik blog anda, jangan sampai topik blog anda mengenai wisata, anda malah berpromosi alat dapur rumah, sangat tidak pas bukan? yang ada pengunjung tidak akan melirik sedikitpun artikel promosi anda. Kecuali anda mempromosikan yang sehubungan dengan topik blog anda, misalnya hotel murah, atau hotel terdekat dikota anda, itu baru cara promosi yang paling relevan, tentunya disukai oleh Google.

cara menghasilkan uang dari internet

Bagaimana cara mencari peluang usaha di Internet?

Begini, untuk pemula yang masih baru mengenal Dunia Internet Marketting, misalkan anda baru mempunyai smartphone Android, silahkan mencari aplikasi penghasil uang melalui Google Playstore atau anda dapat mencarinya pada Google Search. Dan jika Anda sudah menemukan bisnis yang anda inginkan silahkan pelajari lebih dulu mengenai sistem bisnis tersebut, jangan langsung bergabung kecuali jika anda sudah mempunyai niat, tanpa niat yang ada hanyalah zonk yang akan menanti anda.

Manfaat Bergabung Bisnis Kecil pada Aplikasi

Supaya kita semua mempunyai pengalaman berbisnis mulai dari bisnis terkecil hingga bisnis bermodal, kita harus memulainya dari bisnis termudah alias tidak langsung bergabung di dunia bisnis besar namun akhirnya zonk, dan selanjutnya pupus sudah harapan. Bisnis online itu memiliki banyak resiko, butuh modal, dan butuh waktu.

Resiko yang harus kita hadapi yaitu resiko kerugian, ketika kita mengeluarkan modal dan mengeluarkan semua unek-unek yang ada dipikiran kita namun ternyata tidak menghasilkan keuntungan apa-apa, itulah resiko utamanya.

Bisnis online sebenarnya hanya cocok untuk pekerjaan sampingan, jikapun anda pernah mendengar orang yang sukses full online menjalankan bisnis online, itu merupakan suatu keahlian tersendiri, mungkin saja ia mempelajarinya selama bertahun-tahun dan baru bisa menghasilkan sekarang.

Jangan langsung berharap anda akan mendapatkan uang dalam jangka waktu dekat, ini bukan tutorial cara mencari uang secara cepat, meskipun banyak master-master diluar sana yang sukses menghasilkan jutaan perbulan, percayalah semua master juga pernah menjadi newbie, pernah merasakan sulitnya menjalankan bisnis online ketika masih tahap pemula.

Anda boleh mengikuti jejaknya, tapi jangan berharap mendapatkan uang saat pertama kali anda belajar, itu akan sia-sia dan membuang waktu anda, karena belum sampai seminggu anda akan lelah sendiri.

Tahap Bisnis Online Mudah, Jalankan Bisnis tanpa Modal Lewat Aplikasi

Khusus untuk pemula banget ya, cobalah untuk mencari-cari aplikasi penghasil pulsa atau uang di Google Playstore. Jika masih bingung permulaan anda harus memasang aplikasi apa, silahkan kunjungi kategori Penghasilan yang ada pada blog ini, disitu tersedia banyak aplikasi-aplikasi yang cocok untuk anda pasang.

Kok malah memasang aplikasi beginian, bukannya langsung ke poin penting bisnis online yang menghasilkan banyak uang? Karena banyak orang yang tidak percaya terutama yang masih pemula atau gaptek, bahwa Internet bisa menghasilkan uang, makanya saya menyarankan anda mempelajari ini agar anda bisa menghasilkan uang lewat aplikasi android meskipun sedikit. Tujuan memasang aplikasi seperti ini adalah untuk melakukan pelatihan terlebih dulu apakah kita bisa konsisten sampai benar-benar menghasilkan.

Berbeda jika seorang pemula langsung ke tahap sulit atau tahap yang membutuhkan modal, mungkin sekali gagal akan langsung down karena tidak bisa menghasilkan apa-apa.

Baiklah langkah pertama silahkan pasang aplikasi untuk pelatihan pertama anda.

Buka Google Playstore kemudian Cari Aplikasi dengan kata kunci Penghasil Uang atau Penghasil Pulsa kemudian klik cari, anda akan menemukan beberapa aplikasi yang dapat anda manfaatkan untuk Bisnis Online.

penghasil uang dan pulsa

Apakah semua aplikasi Bisnis Online seperti ini membayar membernya? Sebagian besar aplikasi yang berada di Google Playstore membayar membernya berdasarkan jumlah poin dan cash yang anda dapatkan. Semakin giat anda konsisten mengikuti misi yang disediakan oleh berbagai aplikasi diatas, maka semakin anda berpeluang mendapatkan banyak poin atau cash, kemudian anda dapat menukarkannya dengan pulsa gratis atau uang.

Cukup memilih aplikasi yang menurut anda bisa cepat menghasilkan, atau jika bingung silahkan kunjungi kategori Penghasilan pada Blog ini, dipostingan tersebut merupakan kumpulan aplikasi-aplikasi yang sudah saya pasang dan sudah saya buktikan pernah menghasilkan walaupun tidak seberapa banyak.

Jalankan aplikasi-aplikasinya sampai Anda bisa menghasilkan minimal payout satu kali. Setelah sukses ditahap mudah, selanjutnya silahkan masuk ke tahap bisnis online selanjutnya.

Tahap Bisnis Online Menengah : Buatlah sebuah Blog

Ingin mendapatkan penghasilan dalam waktu singkat? membuat blog bukanlah jawabannnya, karena blog memerlukan orang yang konsisten. Jika awal belajar fokus membuat blog hanya karena ingin mendapatkan penghasilan, saya yakin belum satu bulan anda akan lelah sendiri dan mulai berhenti mengelola blog karena tidak kunjung menghasilkan uang dari Blog Anda.

Untuk membuat blog, silahkan kunjungi Blogger.com, kemudian daftar menggunakan alamat gmail anda.

Membuat blog itu tidak akan menjamin sukses dalam waktu singkat, rata-rata orang yang sukses mengelola blog pasti punya jalan cerita sendiri bahkan ada yang sampai bertahun-tahun ngeblog tapi tidak kunjung menghasilkan uang, itu karena kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang kurang konsisten mengelola blog dan jarang posting artikel, bukan cuma tulisan singkat melainkan artikel berkualitas yang bermanfaat bagi orang lain.

Pasti anda sangat suka dengan blog yang selalu menyajikan informasi lengkap sesuai dengan topik yang anda cari, nah itulah yang ada dipikiran semua pengunjung blog kita nanti. Intinya tetap fokus membuat artikel berkualitas untuk dibaca pengunjung kita nanti.

Lalu Bagaimana cara menghasilkan uang dari Blog ?

Ada banyak cara menghasilkan uang dari blog, tidak cuma memasang iklan, memang memasang iklan merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan penghasilan dari blog, tapi sebelumnya anda harus memikirkan berapa jumlah traffic blog anda dalam sehari.

Blog sukses berkembang itu karena banyak traffic, banyak traffic karena kontennya disukai pengunjung dan mesin pencari, sehingga sangat mudah memanfaatkan blog tersebut untuk menghasilkan uang.

Berikut ada beberapa cara yang mudah untuk dapat menghasilkan uang dari blog anda.

1. Pasarkan Sebuah Jasa atau Produk Milik Anda Sendiri

Bayangkan jika anda memiliki sebuah blog dengan pengunjung mencapai 1000 pengunjung dalam sehari, dan dari seluruh pengunjung blog anda rata-rata 1% yang berminat terhadap jasa atau produk milik anda sendiri, sengaja saya tulis nilainya sangat rendah, karena ini hanya sebuah contoh dan misalkan saja harga sebuah jasa atau produk anda senilai $2, berarti dalam sehari anda mendapatkan $20, itu baru satu hari belum satu bulannya.

Belum lagi jika dari pengunjung blog anda rata-rata 2% atau bahkan 5% perhari yang minat terhadap jasa yang anda tawarkan, berapa banyak dollar yang bisa anda dapatkan dalam satu blog saja? tapi semua itu ternyata tidak semudah yang diharapkan kecuali anda konsisten.

2. Sediakan Kotak Ruang Untuk Pemasangan Iklan di Blog

Bagi yang sudah mempunyai banyak pengunjung di blognya tidak ada salahnya mencoba untuk menyediakan jasa pemasangan iklan diblognya sendiri, contohnya anda menyediakan ruang pemasangan iklan di blog anda. Blog yang memiliki banyak traffic dapat menjadi sumber pendapatan ketika anda menyediakan sebuah kotak ruang untuk pemasangan iklan.

Anda bisa menentukan berapa harga yang bisa anda tawarkan untuk pemasangan iklan, biasanya pihak pemasang iklan yang akan menawarkan harganya kepada anda, semakin tinggi tawarannya, anda semakin untung, itulah penghasilan yang bisa anda petik dari blog anda.

Tapi yang perlu diingat, ketika anda menerima sebuah iklan yang mengarah ke blog lain, perhatikan topik yang dibahas kedalam blog tersebut, pastikan topiknya relevan dengan blog anda, jangan sampai blog anda yang membahas topik wisata memasang link iklan blog tentang cara memasak, Google akan menganggap blog anda sebagai link exchange atau tukar link antar blog lain.

Dulu memang ini sangat bermanfaat karena dapat menguntungkan pemilik blog yang awalnya pengunjungnya rata-rata 100 perhari dapat menjadi 200 perhari. Tapi sekarang google tidak mengizinkan itu, karena dapat membingungkan pengunjung yang masuk di blognya, hukuman dari pelaku ini blognya akan digeser dari mesin pencarian, blog pun akhirnya jadi sepi pengunjung.

3. Menjual Blog Anda Sendiri

Mungkin anda sangat keberatan jika harus menjual blog anda sendiri, tapi ini merupakan opsi yang dapat anda pilih jika blog anda tidak kunjung menghasilkan uang sesuai dengan keinginan anda. Tapi yang menjadi kendala untuk masalah ini, dimana anda harus menjual blog anda? Itu semua kembali ke cara anda.

Saran saya, cari dan temukan forum jual beli blog seperti di facebook, google plus dan sebagainya. Langkah ini dapat anda pilih jika anda yakin dan mulai pensiun mengelola blog, tapi perlu anda pertimbagkan lagi harga yang akan anda tetapkan.

Blog yang memiliki banyak pengunjung tidak direkomendasikan untuk dijual, bisa jadi penghasilan yang akan didapatkannya lebih besar dari harga jual blog anda, kecuali anda menjualnya dengan harga yang tinggi yang dapat memperkirakan melebihi pendapatan anda saat mengelola blog anda.

4. Daftarkan ke Jaringan Program Periklanan

Jaringan periklanan di internet diperkirakan ada ratusan ribu atau bahkan sudah melebihi jutaan, tapi yang paling populer dari semua jaringan periklanan adalah Google Adsense. Ini merupakan jaringan periklanan favorit kebanyakan blogger karena sangat mudah, tinggal daftar, diterima, lalu memasang iklan, selanjutnya kita hanya menunggu pendapatan yang masuk.

Tapi jaringan periklanan Google Adsense tidak sebanyak menghasilkan ketimbang anda membuka peluang usaha sendiri, kecuali anda sudah tahu kunci sukses mengoptimalkan Iklan Google Adsense. Pendaftarannya juga semakin sulit, dikutip dari Wikipedia, Google Adsense sudah memiliki lebih dari 2 Juta publisher diseluruh dunia, oleh karena itu pendaftaran Google Adsense akan dilakukan review secara ketat, apakah blog anda memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Google atau tidak, jika tidak memenuhi syarat maka blog anda akan ditolak.

Tahap Bisnis Online Lanjutan, Membuka Usaha Sendiri dan Website Sendiri

Sebelum membuat usaha di website sendiri, anda bisa melihat website-website toko online besar seperti bukalapak, tokopedia, lazada dan sebagainya. Untuk apa? untuk memotivasi diri anda sendiri, jika orang lain bisa pasti anda juga bisa, walaupun tidak sesukses seperti mereka, setidaknya anda memiliki peluang usaha anda sendiri.

Seperti kata blogger lebih baik berdiri pada usaha sendiri daripada berdiri pada usaha orang lain, kata-kata itu pernah memotivasi diri saya untuk membuka usaha sendiri lewat blog. Kalau sudah memiliki usaha sendiri, kita tidak perlu memikirkan kapan gajian dan kapan kita kerja karena itu usaha kita sendiri dan kita sendirilah sebagai bosnya. Berbeda jika berdiri pada usaha orang lain, kemungkinan akan meresahkan kapan kita akan dibayar dan berapa lama kita akan mencapai penghasilan untuk minimum payout.

Jika dibandingkan dengan orang yang membuka usaha sendiri, penghasilannya lebih banyak dan murni milik sendiri, karena tidak ada bagi hasil antara pihak manapun. Jadi, kalau website anda sudah sukses dan mulai terkenal, anda dapat membuka lowongan kerja untuk mengelola website. Anda tinggal duduk dan memetik hasilnya saja, enak bukan?

Anda Harus Mempunyai Keahlian Coding

Tapi yang perlu anda ketahui tahap-tahap awal membuat website itu butuh keahlian coding, jika tidak bisa, anda dapat memilih layanan website builder dari layanan hosting anda, atau anda dapat memakai jasa orang lain untuk membuild website anda, biaya yang harus anda keluarkan juga tidak sedikit, karena itu saya menyebut tahap ini yang paling sulit, meskipun bisa menghasilkan banyak uang tapi ini juga sempat membingungkan.

Bagaimana Cara Membuat Website Sendiri?

Pertama anda harus membeli hosting dan domain untuk modal, saya sarankan anda memilih layanan hosting di RumahWeb.com karena selain murah, layanan rumah web juga terpercaya karena sudah berdiri sejak tahun 2002.

Anda harus sudah menetukan usaha yang akan anda buka sebelum membeli layanan hosting dan domain, karena ini tidak untuk percobaan, jadi khusus untuk yang serius berbisnis online. Misalnya anda akan membuka toko online sebaiknya anda pelajari dasar-dasar membuat toko online.

Jika ingin membuat sebuah blog yang dihosting secara pribadi dengan tujuan berbagi artikel saja, saya sarankan anda membuat blog melalui blogger saja, karena gratis, kecuali anda memiliki tujuan lain selain dari menulis artikel misalnya membuat situs web untuk monetisasi Google Adsense.

Sebenarnya masih banyak tahap-tahap menghasilkan uang dari Internet, karena terlalu banyak jadi kemungkinan saya tidak menulisnya secara keseluruhan, saya hanya menuliskan poin-poin utama cara menghasilkan uang dari internet. Kunci utama agar sukses di dunia Internet marketting adalah fokus, yang saya maksudkan adalah tetap konsisten dengan apa yang anda kerjakan sekarang, jangan beralih-alih ke cara lain.

Misalnya anda mempunyai cara A untuk menghasilkan uang dari Internet, belum lama anda beralih ke cara B karena cara A anda anggap kurang ampuh untuk menghasilkan uang, itu sebabnya banyak orang yang gagal menjalankan bisnis online karena kurang fokus atau konsisten dengan apa yang dikerjakannya sekarang.

Kesuksesan menjalankan bisnis online itu tidak diukur dari seberapa banyak anda memiliki dan menjalankan usaha, tapi seberapa konsisten anda terhadap satu bisnis yang anda kerjakan saat ini.

Tips tambahan, Utamakan Praktek daripada Mengumpulkan Banyak Teori

Jangan buang-buang waktu anda untuk mengumpulkan banyak teori tanpa melakukan praktek, lebih baik banyak praktek tapi sedikit ilmu daripada banyak membaca tapi minim praktek. Kalaupun anda gagal saat praktek pertama anda, kegagalan itu nantinya dapat anda jadikan sebagai pengalaman, dan anda akan tau apa yang harus anda lakukan sekarang.

Tanpa memiliki pengalaman kegagalan, anda tidak akan tahu apa yang akan dialami setelah mendapatkan kegagalan, kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. Bacalah apa yang ingin anda pelajari, jangan membaca secara keseluruhan teori yang anda temukan di Internet, kecuali anda memerlukan tambahan ilmu untuk praktek.

Demikian semoga tulisan ini dapat memotivasi semua pembaca agar dapat sukses menghasilkan uang dari internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon