04/06/17

Perbedaan Situs Google.com dan Google.co.id

Apa itu Google? Google adalah situs pencari terbesar didunia, semua pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan situs pencarian ini, karena dari sini segala sumber informasi dapat dikutip dengan mudah dan akurat, meskipun layanan pencarian selain google sudah banyak bertebaran di Internet, tetapi bagi saya google adalah situs yang paling akurat.

Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa pasti sudah tahu yang namanya google, sangking populernya mesin pencarian ini tidak jarang disebutnya sebagai aktivitas googling. Googling sendiri sebutan dari orang-orang yang mencari Informasi melalui Google, misalnya mencari jawaban dari tugas sekolah, atau informasi sumber berita.

Alasan Google kini sudah mulai mendunia, karena google menjadi situs nomor satu didunia dengan pengunjung paling banyak, itu dikarenakan google memiliki pencarian yang tertarget dengan apa yang kita cari. Sebagian besar apa yang kita tulis di Google pasti ketemu, kalaupun tidak ketemu mungkin ketemu tapi sedikit mendekati meskipun kata kunci yang kita tulis berantakan tapi google dapat membetulkannya dengan menuliskan pesan mungkin yang anda maksud adalah.

Kalau kamu sering googling pasti sudah pernah yang namanya salah ketik walaupun satu kali kesalahan. Pada kali ini saya akan menjelaskan apa itu perbedaan google.com dan google.co.id, seperti yang saya kutip dari sumber brilo.net.

Google.com sifatnya mendunia, karena berextensi dot com, jadi seluruh dunia dapat mengakses situs ini, tidak terbatas pada wilayah atau negara tertentu. Sedangkan Google.co.id yaitu extensi domain yang dikhususkan untuk wilayah indonesia, terbatas dan tidak dapat diakses oleh wilayah lainnya.


Mengapa ada Google.com dan Google.co.id ?

Sebenarnya setiap wilayah negara menggunakan extensi yang berbeda misalnya di malaysia menggunakan extensi google.com.my, perbedaan antara semua extensi setiap wilayah negara dengan extensi mendunia (Google.com) adalah agar memudahkan semua pengguna yang melakukan pencarian dapat menemukan hasil sesuai dengan keinginannya.

Jika kita melakukan pencarian di google.com dan google.co.id apakah ada perbedaan?

Sangat beda sekali, hasil pencarian yang keluar dari Google.co.id yaitu mencakup dengan satu wilayah indonesia saja, kita juga dapat melakukan pencarian di Google.com dengan kata kunci bahasa indonesia, dan ketika kita akan mengetik sebuah kata kunci pasti saran yang dihasilkan antara Google.com dan Google.co.id sangat berbeda.

Berikut perbedaan saran pencarian antara Google.com dan Google.co.id.

Jika kita mengetikkan sebuah kata kunci pada google.com, kata kunci saran yang akan ditampikan tentunya bersifat mendunia, artinya digunakan oleh seluruh dunia.


Berbeda dengan google.co.id, kata kunci saran yang ditampilkan hanya yang umum digunakan oleh orang-orang indonesia.


Disini saya melakukan percobaan dengan mengetikkan contoh dari kata kunci foto pada google.com dan google.co.id, anda dapat mencobanya dengan kata kunci lainnya, diatas sudah membuktikan saran kata kunci yang ditampilkan sangat jauh beda, kalau dari saran kata kunci saja sudah beda, hasil yang ditampilkan juga berbeda.

Bagaimana cara beralih ke Google.com?

Secara default, extensi domain google yang digunakan di wilayah Indonesia yaitu google.co.id, karena perangkat anda dideteksi berada pada wilayah Indonesia jadi meskipun anda mengetik google.com pada address bar tetap akan dialihkan ke google.co.id sampai anda mengubahnya pada setelan Google.

Jika anda melakukan penelusuran di Google menggunakan aplikasi android, anda dapat mengubahnya pada setelan Aplikasi Google, kemudian cari setelan privasi lalu aktifkan Telusuri menggunakan Google.com


Jika menggunakan browser atau anda sedang login pada perangkat desktop, silahkan kunjungi halaman awal Google, lalu gulir kebawah dan temukan setelan Gunakan Google.com seperti pada gambar dibawah ini.


Tapi saya sarankan agar anda tetap menggunakan Google.co.id jika anda ingin mencari informasi seputar daerah indonesia, bukan karena lebih akurat Google.co.id, saya membuat contoh seperti ini ketika anda melakukan penelusuran pada Google.com, hasil yang ditampilkan bukan hanya berasal dari Indonesia melainkan dari seluruh dunia yang mencakup kata kunci yang anda cari tanpa adanya saringan, sehingga hasil pencarian teratas dapat bercampur di berbagai wilayah negara.

Berbeda jika menggunakan google.co.id, hasil yang ditampilkan secara otomatis akan disaring, artinya hanya berasal dari situs penulis Indonesia saja yang akan ditampilkan dihasil pencarian, sehingga dapat memudahkan anda.

Demikian semoga Informasi Perbedaan Situs Google.com dan Google.co.id yang saya sampaikan disini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon