29/06/17

Strategi Mempromosikan Aplikasi Sendiri di Google Playstore

Halo, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membuat sebuah tutorial cara mengarahkan link aplikasi ke sebuah market seperti Google Playstore, mengarahkan seperti apa maksudnya? misalnya kita mengklik sebuah link yang dimana kita akan langsung diarahkan ke Aplikasi Playstore. Jika anda memiliki sebuah aplikasi yang sedang berada di Google Playstore, maka anda wajib mempromosikannya agar aplikasi anda diunduh oleh banyak pengguna.


Biasanya aplikasi yang sudah umum ditemukan di Google Playstore tidak perlu dipromosikan lagi? kenapa? karena aplikasi mereka sudah trending dan pasti aplikasi mereka yang akan dicari oleh pengguna. Jika anda mau seperti itu anda harus membuat aplikasi yang sesuai dengan minat banyak pengguna. Misalnya aplikasi game, atau aplikasi Om Telolet Om yang sempat booming pada bulan-bulan lalu.

Namun kembali pada kemampuan masing-masing, karena tidak semua orang bisa membuat aplikasi dengan mudah kecuali sudah menghapal peletakan xml, smali, dan folder res pada saat build aplikasi. Bagi pemula seperti saya ini hanya bisa menonton, duduk, dan menikmati aplikasi yang sudah jadi di Google Playstore.

Apa yang harus dilakukan jika sudah berhasil merilis aplikasi sendiri?

Pertama, jika anda memiliki uang anda bisa langsung daftar menjadi developer Google Playstore dengan harga $25 pertahun. Agar aplikasi anda nanti bisa ditampung di Google Playstore dan didownload oleh ratusan pengguna setiap harinya, tentunya anda sendiri juga harus ikut mempromosikannya jika aplikasi anda tergolong masih baru.

Untuk menjadi Developer anda diharuskan memiliki akun Google, jika sudah memiliki akun Google, silahkan masuk ke Google Play Developer.

Kedua, setelah anda memiliki akun Google Developer, silahkan upload aplikasi anda di Google Playstore dan tunggu sampai proses persetujuan dari pihak Google. Jika sudah disetujui aplikasi anda akan ditampilkan di Google Playstore.

Sekarang waktunya tahap strategi mempromosikan aplikasi anda sendiri yang sudah berada di Google Playstore agar dapat diunduh oleh banyak pengguna.

Cara Mempromosikan Aplikasi Android Google Play

Pada tahap berpromosi mungkin tidak semua orang bisa melakukannya, terkadang ada yang bisa berpromosi di media sosial sampai-sampai harus dispam oleh pihak medsosnya, akibatnya akun diblokir.

Untuk promosi, anda tidak harus menggunakan sebuah link, biasanya menyebarkan sebuah link dapat dianggap spam oleh pihak medsos. Sebenarnya boleh-boleh saja menyebarkan sebuah link asalkan tidak terlalu sering, beri jeda waktu menyebar link setiap lima menit sekali.

Jangan menyebarkan link secara bertubi-tubi pada akun media sosial media yang sama, jika anda terlalu cepat akun anda dapat diblokir oleh pihak medsos.

1. Promosikan Aplikasi Anda menggunakan tutorial singkat/panjang.

Sekarang coba tutorialkan cara menggunakan aplikasi anda kepada banyak orang, pastikan aplikasi anda benar-benar menarik banyak orang, sehingga orang lain akan mengikuti tutorial anda, kemudian akan memasang aplikasi anda dari Google Playstore. Semisal aplikasi anda membahas tentang komik, jadi coba jelaskan cara membaca komik menggunakan aplikasi nama_aplikasi_anda, kemudian pada tahap-tahap tutorialnya tulis nama aplikasi anda, pasti tidak begitu sulit bukan?

2. Promosikan aplikasi anda melalui Website/Blog anda

Semua pengguna website/blog rata-rata datangnya dari sumber search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya, jika kebetulan aplikasi anda merupakan sebuah halaman website anda, silahkan cantumkan aplikasi anda di website/blog anda. Kemungkinan jika orang yang sering-sering mengunjungi blog anda, pasti mereka akan lebih tertarik menggunakan aplikasi untuk masuk ke blog anda, karena blog tersebut adalah favorit mereka.

Jika anda ingin membuat sebuah website sendiri, anda dapat membuatnya melalui layanan hosting, namun pastinya berbayar.

3. Promosikan Aplikasi Anda pada sosial media, seperti Facebook, Google+, dan Yahoo

Rata-rata pengguna internet lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain sosial media, mengapa saya bisa tahu? karena pengguna sosial media terbanyak untuk saat ini adalah facebook, dan yang pertama adalah situs pencarian Google. Di sosial media seperti ini anda dapat menjadikannya ladang mempromosikan aplikasi anda yang berada di Google Play, bagaimana caranya? anda hanya tinggal menyebarkan link aplikasi anda ke sosial media, dengan begitu orang yang masuk ke link aplikasi anda akan diarahkan ke Google Playstore.

Buatlah sebuah Link yang mengarah ke Aplikasi Anda

Link yang dimaksud disini bukan sebuah link shortener melainkan link yang akan langsung meredirect penggunanya ke Aplikasi Google Playstore untuk mengunduh Aplikasi Anda. Bagaimana caranya?

1. Tuliskan link berikut pada notepad atau aplikasi catatan anda.

market://details?id=com.example.android

Ubah tulisan berwarna biru diatas dengan package aplikasi anda, anda pasti tahu apa itu package aplikasi oleh karena itu anda sudah sampai berhasil membuat sebuah aplikasi.

2. Sudah menggantinya dengan package aplikasi anda? sekarang coba copy semua link diatas dan pastekan di browser anda.

Apa yang terjadi? anda akan langsung diarahkan ke Playstore untuk mengunduh aplikasi anda sendiri.

3. Jika anda sudah tahu cara mengarahkan link aplikasi ke sebuah market seperti diatas, silahkan sebarkan link aplikasi anda di semua sosmed yang anda punya.

Tips Menyebarkan Sebuah Link Agar Anda tidak Diblokir

Karena anda hanya ingin aplikasi anda dinikmati oleh pengguna lain dan tidak ingin akun sosial media anda ikut diblokir karena dianggap sebagai spam, ada baiknya anda harus mematuhi peraturan pada sosial media anda, berikut akan saya kasih tips menyebarkan sebuah link di sosmed.

1. Sebarkan menggunakan banyak browser

Saat anda menyebarkan sebuah link, anda diwajibkan menginstal banyak browser dalam satu ponsel, tidak harus Browser berkualitas HD, cukup menginstal browser ukuran mini dan ringan. Gunanya agar anda dapat bergantian menyebarkan link setelah anda menggunakan browser A selanjutnya gunakan Browser B untuk menyebarkan Link, jika anda terus-terusan menggunakan Browser A tentunya akun sosial media anda dicap sebagai spam dan akhirnya diblokir permanen.

2. Sebarkan dengan jeda waktu

Seperti yang sudah saya katakan diatas, anda harus memberikan jeda waktu ketika menyebarkan sebuah link? mengapa? ketika anda menyebarkan banyak link pada satu akun otomatis pengembang sosmed akan menyangka anda melakukan spam di situs webnya, lalu akun anda pada akhirnya ditangguhkan sementara dan yang paling parah diblokir permanen.

3. Sebarkan dengan beda akun

Kelanjutannya diatas, bedanya kita hanya menggunakan beda akun, banyak seorang master yang bilang, jangan menaruh banyak telur dalam satu keranjang, artinya jangan menggunakan satu akun saja untuk menyebar, jika satu diblokir anda tidak punya lagi akun cadangan. Apalagi jika akun yang anda gunakan saat ini adalah akun pribadi anda sendiri.

Penutup

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan mengenai Strategi Cara Mempromosikan Aplikasi Playstore menggunakan Link Redirect Langsung agar tidak mudah diblokir. Jika anda baru pertama kali mengupload sebuah aplikasi ke Google Playstore mungkin akan sangat sulit untuk membuatnya naik daun kecuali aplikasi anda sudah masuk ke trending topic dan dapat mudah ditemukan di pencarian.

Dengan begitu anda tidak perlu mempromosikan aplikasi anda lagi dengan cara diatas, alias hanya tinggal menunggu minat pengguna, jika sesuai minat kemungkinan pengguna akan memasangnya sendiri. Demikian semoga tulisan saya kali ini bermanfaat, salam developer.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon