02/07/17

Cara Menambahkan Metode Pembayaran pada Akun Adsense IDR

Mungkin suatu kebanggan tersendiri ketika kita bisa mendapatkan uang dari Google Adsense, kita bisa membuktikan hobi kita bukan sekedar cuma hobi, tapi dengan memainkan hobi kita bisa mendapatan penghasilan online, salah satunya dengan mengelola website atau channel youtube kemudian memonetisasinya dengan Google Adsense, dimana kita akan dibayar untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website/video youtube kita.

Mendaftar Google Adsense sampai diterima itu bukan perkara yang mudah, banyak sekali rintangan-rintangannya apalagi ketika kita sudah diterima oleh Google Adsense, rintangan tersebut justru baru dimulai. Jika ingin menjadi publisher yang sukses kuncinya hanya satu, konsisten update konten artikel atau video setiap hari. Semakin banyak update, semakin banyak kesempatan mendapatkan kunjungan, semakin banyak kunjungan semakin banyak iklan yang tayang dan diklik oleh pengunjung.

Dari situ kita bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, harga perklik iklannya berbeda-beda untuk tiap iklan tergantung dari penawaran yang diberikan oleh advertisers. Biasanya iklan yang tampil di blog atau video kita merupakan iklan yang berani membayar tinggi harga perkliknya.

Iklan yang membayar rendah harus antri untuk memasang, jadi keuntungan kita menjadi publisher itu ditentukan oleh pemasang iklannya.

Setelah Mendapatkan Penghasilan dari Google Adsense minimal $10

Google akan mengirimkan surat yang berisikan PIN ke alamat kita untuk tujuan memverifikasi alamat. Maka dari itu kita harus memasukkan alamat yang benar agar surat yang dikirimkan oleh Google benar-benar sampai ke alamat kita melalui Pengiriman Pos.

Baca : Menunggu Kedatangan Surat PIN Dari Google Adsense.

Banyak sekali dari sobat publisher yang lain tidak sempat memverifikasi alamat karena perkara salah alamat, atau ada yang harus mendatangi kantor pos karena surat yang dikirimkan oleh Google tidak sampai ke alamat tujuan.

Selain harus memverifikasi alamat, ada fitur yang dapat dibuka setelah penghasilan Google Adsense kita telah mencapai $10, yaitu dapat menambahkan metode pembayaran baru. Untuk adsense yang didapatkan mulai tahun 2016 lalu, metode pembayarannya tidak lagi menggunakan Western Union dan Wire Transfer, karena pada metode pembayaran mulai tahun 2016, kita akan mendapatkan Akun Adsense IDR yang menggunakan Metode Pembayaran Transfer Bank.

Sekarang ini metode pembayaran Adsense melalui transfer bank sudah didukung oleh ratusan bank diseluruh Indonesia, untuk metode pembayaran ini kita tidak lagi dikenakan potongan pajak tidak seperti Akun Adsense Dasboard Dollar dulu yang potongannya menurut pengalaman publisher lain bisa mencapai 10% dari total pendapatannya.

Karena Indonesia sekarang dimudahkan oleh Google Adsense, potongan dan pajak dari pembayaran adsense kita akan ditanggung oleh Pihak Google.

Cara Menambahkan Metode Pembayaran Baru untuk Akun Adsense IDR

Cara menambahkan metode pembayaran untuk akun Adsese IDR ini, kita wajib memiliki Rekening Bank, jika tidak punya kita dapat menggunakan rekening bank orang lain untuk menerima pembayaran. Pastikan nama penerima pembayaran pada akun adsense sama sesuai dengan rekening bank orang yang kita pinjam.

Silahkan login ke Akun Adsense Anda.

1. Buka Menu Settings lalu Masuk ke Pembayaran.

2. Sekarang Pilih Tambahkan Metode Pembayaran Baru.

3. Masukkan Nama Rekening Bank, Jenis Rekening, dan Nomor Rekening Bank Anda, kemudian Simpan.

metode pembayaran adsense transfer bank

Pada langkah ini Google akan mengirimkan sejumlah uang dibawah Rp1000 untuk memverifikasi nomor rekening anda. Proses ini bisa memakan waktu sampai satu minggu, tergantung dari Pihak Bank anda masing-masing.

Menurut pengalaman saya, proses ini memakan waktu sampai satu minggu, bertepatan pada hari ketujuh ketika saya memutuskan untuk pergi ke kantor Cabang BCA.

4.Cek pada Mutasi Rekening Anda, Cari Setoran berjumlah kecil dari Google Asia Pacific, Setelah Anda mendapatkan transfer sejumlah uang dibawah Rp1000 dari Google, buka Akun Adsense Anda.

mutasi rekening google asia pacific

5. Masuk ke Pembayaran lalu pergi ke Notifikasi Verifikasi Rekening, pilih angka setoran yang masuk ke rekening anda, lalu klik Verifikasikan.

6. Setelah berhasi memverifikasikan nomor rekening, kembali ke Pembayaran, lalu tambahkan Metode Pembayaran Baru.

7. Pilih Rekening yang baru diverifikasi sebagai Metode Pembayaran Utama.

Selesai, sekarang tinggal menunggu pembayaran dari Google Adsense setelah saldo pada akun Adsense mencapai ambang pembayaran yaitu $100.

Saran saya ketika anda menambahkan metode pembayaran melalui transfer bank:

Gunakan Internet Banking untuk memantau mutasi langsung dari Internet, pihak Google dapat mengirimkan setoran percobaan setelah dua hari atau satu minggu seperti pada pengalaman saya. Jadi kita tidak perlu bolak balik ke kantor cabang atau ke ATM untuk melihat mutasi rekening

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga teman-teman yang sedang menunggu setoran percobaan dari Google segera mendapatkan setoran itu untuk verifikasi nomor rekening.

Artikel Terkait

6 komentar

Bagaimana cara mengatasi verifikasi rekening bank salah 2x memasukkannya..
Q coba coba LG sekarang gk bisa..
Apa yg harus saya lakukan

hapus metode pembayarannya lalu tambahkan lagi.

semoga berhasil.

Saya sudah coba sobat
Tp gk tahu di mana
Cara menghapus metode pembayaran
Ada kah link nya sobat
Atau video nya..
Terima kasih

masuk ke akun adsense, lalu di bagian pembayaran pilih tambahkan metode pembayaran.

lalu hapus rekeningnya.

Mas Indra, apakah ada pemberitahuan by email dari google bahwa mereka telah transfer uang untuk verifikasi

kalau pemberitahuan kayaknya nggak ada, tapi biasanya google akan transfer dalam 3 hari kedepan.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon