16/07/17

Pengalaman Saya Diterima Google Adsense Full Approve

Sebenarnya pengalaman panjang yang akan saya ceritakan disini hanya sekedar untuk dokumentasi saya saja, namun sengaja saya bagikan juga agar menjadi motivasi bagi yang belum diterima Google Adsense. Pengalaman saya diterima Google Adsense bukan selama satu atau dua bulan, namun hampir satu tahun lamanya, kira-kira sudah 11 bulan.


Pada awalnya tujuan saya ngeblog hanya semata untuk berbagi saja, dan saya dulu belum mengenal yang namanya adsense jadi wajar saja setiap postingan yang saya share pasti acak-acakan karena saya lagi males ngerapiin postingan blog, berbeda dengan sekarang, sejak kenal Adsense saya selalu merapikan postingan saya.

Mengikuti Kontes Ngeblog

Sekitar tahun 2013 lalu pernah saya diundang oleh sekolah untuk mengikuti lomba kontes blog yang diadakan di BG Junction Surabaya. Jujur pada saat itu saya masih pemula namun dipikiran saya sangat yakin kalau saya pasti menang, dan saya memaksakan diri untuk mengkuti kontes ini bersama satu tim dengan teman sekelas saya.

Apakah teman saya juga master ngeblog? Sebenarnya tidak berbeda jauh dengan saya, jadi satu tim semuanya pemula.

Ketika kontes ngeblog telah dimulai, saya langsung membuat sebuah blog yang bertemakan Iklan Layanan Masyarakat, dari sini saya yakin dan optimis pasti menang walaupun disekeliling saya sudah banyak peserta dari sekolah lainnya yang blognya jauh lebih bagus dari saya.

Namun saya tidak menyerah begitu saja, saya bersama teman satu tim saya mencoba mengedit tampilan blog saya dengan cara mengedit template, serta menambahkan beberapa widget yang cukup memberatkan loading blog menurut saya. Karena dulu saya tidak mengerti desain seperti apa yang disukai oleh Juri dan Guru-guru saya.

Setelah semuanya sudah siap, saya mengisi blog kontes tersebut dengan konten dengan konten iklan layanan masyarakat, semuanya hasil copas dari situs web lain (jangan ditiru ya, karena ini tidak baik), tidak lupa saya mengecek lagi semuanya sebelum link blog kontes saya berikan ke juri.

Apa hasilnya? Tentu saja saya kalah, walaupun pada saat itu saya sangat berharap sekali kalau saya akan menang lomba. Ternyata sekolah yang menjadi pemenang lomba tersebut blognya 20 kali lipat lebih bagus dan lebih profesional dari blog yang saya buat bersama tim saya.

Hikmah Mengikuti Kontes Lomba Ngeblog

Ternyata kekalahan ini membuat saya penasaran, bagaimana mereka bisa menang? Lalu saya masuk ke link blog milik pemenang, ternyata blognya sangat lengkap dan terlihat profesional. Hal ini membuat saya termotivasi untuk mendesain ulang semua blog yang saya kelola.

Pada saat itu saya masih belum kenal yang namanya adsense, saya mengubah nama blog lama saya dari nama cah sememi menjadi android surabaya, lalu saya kelola dengan baik dengan mengisi postingan yang bermanfaat bagi semua pembaca.

Sekitar 4 tahun lamanya, saya mengelola blog tanpa mengenal adsense, padahal pada saat itu jika saya serius dalam mengelola blog pasti saya akan mempunyai penghasilan sampingan yang kemungkinan bisa untuk bayar uang sekolah. Namun selama 4 tahun itu saya ngeblog hanya untuk kesenangan semata, karena saya memang hobi dalam menulis, setiap pengalaman yang saya punya langsung saya tuliskan di blog.

Ya karena hanya blog satu-satunya tempat saya untuk curhat, jika saya tulis di status facebook pasti akan kepanjangan dan teman facebook saya tidak akan membacanya.

Awal Saya Mengenal Google Adsense

Entah saya lupa dari mana asal usul saya mengenal Google Adsense, yang jelas saya mengenal Google Adsense pada tahun 2016 lalu. Sempat menemukan forum Google Adsense Indonesia di facebook dan mencoba mengajukan pertanyaan dasar mengenai Google Adsense, namun semua itu percuma karena tidak ada satupun teman yang menjawabnya, akhirnya saya putuskan untuk mencari-carinya di Google, karena hanya Google yang setia menjawab semua pertanyaan yang saya ajukan.

Saya mempelajari semuanya tentang Google Adsense hingga saya memberanikan diri mendaftarkan blog yang sudah saya kelola selama 4 tahun itu. Setelah menunggu selama satu minggu penuh dan akhirnya menerima surat email dari Google Adsense yang menyatakan Akun saya ditolak dengan alasan konten tidak memadai.

Saya langsung kehilangan semangat ngeblog saya, mengapa Google Adsense menolak Akun saya dengan alasan Konten Tidak Memadai? padahal postingan yang ada pada blog saya sudah hampir mencapai 150 postingan, dan apa yang tidak memadai?

Setelah saya mempelajarinya lebih dalam lagi lewat Google Search, saya telah mendapatkan sebuah jawaban bahwa konten saya memang tidak memadai, alasannya setiap postingan saya hanya terdapat rata-rata 100 sampai 300 kata saja. Ditambah lagi postingan saya menyalahi aturan Google, dengan menyertakan link yang mengarah ke situs lain yang tidak sepadan dengan topik blog yang sedang saya bahas.

Mungkin itu yang membuat Google Adsense menolak Akun saya dengan alasan konten tidak memadai, namun saya tetap berusaha memperbaiki postingan saya dan mengubah template blog saya dengan template yang simple. Sekitar satu hari setelah semuanya sudah siap, saya mencoba mengajukan ulang Akun Google Adsense.

Saya hanya menunggu sekitar dua hari saja lalu mendapatkan balasan lagi dari adsense noreply.

Apakah saya diterima? tidak, lagi-lagi saya mendapatkan balasan penolakan yang sama yaitu Konten tidak memadai, sempat bingung sebenarnya blog saya kurang apa dimata Google. Saya tidak putus asa sampai disini dan mengulangi lagi pengajuan saya, hingga akhirnya saya sudah ditolak dengan total lebih dari 7 kali.

Setelah ditolak berkali-kali, saya putuskan untuk menghapus postingan yang saya anggap melanggar kebijakan Adsense, hingga visitor blog saya menurun drastis, yang awalnya 2000 pageviews menurun menjadi 300 pageviews. Lalu mencoba mengajukan lagi ke Google Adsense dan mendapat penolakan kembali, entah bagaimana rasanya ya.

Saya merasa bahwa blog saya sudah tidak ada harapan lagi, karena terus-terusan ditolak oleh Google Adsense akhirnya saya putuskan untuk menjual blog saya ke sebuah forum Blogger Indonesia dengan harga 75 ribu.

Membuat Blog Baru Lagi dan Belajar dari Pengalaman

Saya sudah tidak mempunyai blog lagi, sebenarnya masih ada hanya saja tidak terurus sampai sekarang karena blog tersebut hanya sekedar dibuat untuk koleksi saja. Singkat cerita, saya membuat blog lagi dengan topik gaya hidup, semuanya saya isi dengan artikel-artikel gaya hidup seperti otomotif, lingkungan, dan berbagai artikel lainnya.

Selama satu bulan, saya konsisten menulis artikel tentang gaya hidup dengan rata-rata panjangnya 1000 kata untuk satu postingan. Walau sebenarnya saya cukup capek, semua itu terbayarkan dengan mendapatkan pengunjung unik dari Search Google.

Disini saya juga baru mengenal apa itu SEO, tapi tidak pernah saya pedulikan karena saya tidak mengerti cara agar artikel saya seo. Yang saya tau, hanyalah menulis dan menulis saja, tidak sampai mengerti bahasa html seperti para master-master lainnya.

Setelah blog saya sudah berisi total 11 artikel dengan rata-rata 1000 kata setiap postingan, saya mencoba mengajukan blog saya ke Google Adsense lengkap dengan Navigasi dan Konten yang bermanfaat.

Lagi-lagi saya ditolak lagi dengan Google Adsense dengan alasan Konten Tidak Memadai, padahal saya sudah yakin artikel blog saya sudah cukup memadai dan sudah lengkap dengan navigasi, namun ditolak, ternyata cukup sulit untuk mengetahui kriteria Blog agar diterima Google Adsense.

Sebelum mengajukan ulang, saya perbaiki lagi artikel saya yang mungkin salah kata dan tidak enak untuk dibaca.

Lalu saya mengajukan ulang lagi blog saya ke Google Adsense, sekitar dua minggu lamanya tidak ada kabar dari Google apakah saya diterima atau ditolak, alias masih review kedua yang iklannya hanya menampilkan kotak putih kosong. Sesekali saya mengecek email setiap saat, karena pada saat itu saya berharap sekali untuk diterima.

Menunggu dan menunggu sambil tetap update postingan seperti biasa, akhirnya saya mendapatkan balasan dari Google Adsense, ternyata saya masih mendapatkan Penolakan dengan Alasan sama.

Memang saya akui, blog saya hanyalah blog yang terlihat biasa dimata Google, tapi saya terus melanjutkan lagi untuk berjuang sampai ditolak lebih dari 10 kali.

Mungkin blog saya sudah ditandai sejak mendapatkan penolakan, sehingga berikutnya Google akan menolak kembali Blog saya dengan alasan yang sama.

Membuat Blog Baru Lagi Dengan Topik Internet

Dengan rencana berikutnya saya membuat blog baru lagi bertemakan Internet yang saya namai dengan Internet Sememi, jika ingin tau apa itu Internet Sememi silahkan anda baca lebih lanjut halaman About Internet sememi yang terletak di menu paling bawah (footer).

Kebetulan pada saat ini saya mempunyai banyak ilmu mengenai Internet yang saya dapat selama saya berselancar di Internet, semua ilmu yang saya bisa sengaja saya tuliskan disini untuk dibaca orang lain, sekiranya bermanfaat bagi pembaca mungkin saya akan lebih fokus lagi ke blog ini.

Tidak lupa juga blog ini saya custom domain agar mudah diakses oleh orang lain dengan link pendek, terutama untuk orang-orang disememi yang ingin belajar ngeblog.

Kemudian Blog ini saya daftarkan ke Google Adsense dengan harapan saya diterima dan mendapatkan akun Adsense Non Hosted. Ternyata ditolak lagi seperti blog-blog saya sebelumnya, dengan Alasan Konten Tidak Memadai.

Lalu saya mendengar satu kabar dari teman yang ada diforum, katanya mendaftar Google Adsense dari Youtube lebih mudah diterima asalkan memiliki satu atau dua video original. Saya mencoba mengikuti saran yang ada di forum, ternyata benar saja, saya diterima Google Adsense dalam waktu satu jam saja.

Baca: Cara Mendaftar Google Adsense Melalui Youtube.

Waktu yang sangat singkat daripada mendaftarkan blog ke Google Adsense yang rata-rata waktu tunggunya dua mingguan. Disini saya putuskan untuk fokus ke Youtube untuk sementara waktu, karena Adsense yang saya dapat hanya dapat digunakan untuk Program Monetisasi Video Youtube.

Mengingat akun yang saya dapatkan adalah Hosted Youtube, yang artinya tidak dapat saya pasang pada Blog dengan Top Level Domain.

Saya mencoba mengupgrade akun Akun Adsense agar dapat dipasang di Blog, dengan waktu tunggu yang lumayan lama mencapai dua bulanan tanpa ada kabar diterima atau ditolak, saya tetap konsisten mengupdate 1 artikel perhari sambil mengelola Channel Youtube saya.

Ternyata pengajuan Upgrade saya ditolak setelah sekian lama menunggu, sakitnya disini. Pengalaman ini cukup pahit untuk saya rasakan, namun semua sakit yang saya rasakan terbayar dengan penghasilan channel Youtube saya yang sudah mulai berkembang.

Alhamdulillah saya sudah mendapatkan notifikasi untuk memverifikasi alamat saya pada Google Adsense. Google mengirimkan secara otomatis Surat verifikasi PIN lewat jasa pos ke alamat pembayaran akun adsense saya.

Baca : Menunggu Kedatangan Surat PIN Dari Google Adsense.

Memang lamanya bukan main, karena PIN dikirim dari Amerika ke Indonesia, jadi rata-rata PIN akan sampai dalam waktu 2 sampai 6 minggu, mengingat POS Indonesia juga tidak hanya mengantarkan satu atau dua surat saja, jadi kita harus bersabar.

Diterima Google Adsense Full Approve Non Hosted

Berhubung masih menunggu surat Verifikasi PIN dari Google Adsense, jadi saya tidak melakukan Upgrade akun adsense. Namun Saya tidak putus asa, dalam waktu tunggu tersebut saya masih bisa mengumpulkan penghasilan selama 4 bulan dari Youtube.

Di Antara bulan Juni dan Juli 2017 ini, tepatnya pada Bulan Ramadhan ini saya mendengar banyak kabar banyak sekali pengguna yang di Approve massal oleh Google Adsense, tak terkecuali saya sendiri yang akhirnya berhasil diterima Full Approve Non Hosted oleh Google Adsense.


Tepatnya setelah Hari Raya Idul Fitri, tanggal 15 bulan Juli 2017, saya diterima oleh Google Adsense Full Approve, dan Iklan kini tidak hanya untuk Youtube tapi juga dapat tampil diblog saya.

Saya menunggu selama seminggu penuh lamanya tanpa melakukan update posting, kebetulan saya sudah tidak semangat lagi menulis artikel karena saya terus-terusan ditolak oleh Google Adsense.

Setelah saya mendapatkan kabar Gembira ini, saya langsung memasang unit Iklan Adsense ke blog saya, dan sungguh bahagianya akhirnya semangat ngeblog saya sudah kembali walaupun penghasilan yang saya dapatkan hanyalah recehan yang cocok untuk beli permen hehe.

Kesimpulan

Tujuan saya berbagi pengalaman disini tidak lain hanya untuk berbagi ke sesama blogger lain yang tengah sedang berjuang mendapatkan Akun Google Adsense, karena saya yakin setiap orang yang mendaftar Google Adsense membutuhkan pengalaman dari orang lain agar menjadi sebuah pembelajaran bahwa ngeblog itu prosesnya sangat panjang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Mungkin sobat mempunyai pengalaman seperti saya atau bahkan lebih lama prosesnya dari saya yang hampir satu tahun lamanya mendaftar adsense tetapi tidak kunjung diterima, semoga dengan tulisan ini semua pembaca dapat termotivasi untuk membangun blog yang terbaik dimata Google.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon