Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Penyebab Umum Akun Instagram Anda Terkunci

Tidak disangka Instagram kini sudah menjadi tempat sosial media terbesar menyusul sosial media facebook, walaupun instagram hanya tempat untuk berbagi foto dan video saja. Namun justru sosial media ini terlihat lebih menarik daripada facebook dan Instagram sempat booming pada tahun-tahun sebelumnya, sampai sekarang kemungkinan penggunanya sudah menjadi pengguna sosial media terbanyak kedua setelah facebook.

penyebab instagram dikunci

Seperti yang kita ketahui pihak facebook saat ini bekerja sama dengan instagram dengan cara mengizinkan penautan akun antara instagram dengan facebook. Cara penautanya cukup mudah, jika anda pengguna facebook dan ingin membuat akun Instagram, anda cukup menekan tombol login dengan facebook yang terdapat pada aplikasi Instagram.

Secara otomatis anda sudah terdaftar ke Instagram tanpa membuat akun yang baru. Tapi, cara pendaftaran seperti ini tidak begitu aman karena jika anda kehilangan akun facebook anda akan kehilangan akun Instagram juga. Jadi, pastikan anda memberikan password baru setelah login menggunakan akun facebook.

Banyak sekali pengguna-pengguna Instagram yang kehilangan akunnya hanya karena masalah sepele seperti ini, sebenarnya bukan cuma masalah tidak memberikan password saja, selengkapnya silahkan anda simak berikut.

7 Penyebab Umum Akun Instagram Anda Terkunci

1. Anda sering login logout menggunakan perangkat yang berbeda

Jika anda login dan logout secara bertubi-tubi bergantian perangkat, kemungkinan pihak Instagram akan menilai akun anda sebagai aktivitas yang tidak wajar, jika terjadi demikian akun anda dapat dikunci ketika login pada perangkat yang tidak biasa. Misalnya anda login pada warnet, nah kita semua tahu warnet itu tempat umum, jadi jika anda login di perangkat umum pihak Instagram akan mengunci proses login dengan alasan melindungi akun anda karena akun anda dinilai telah digunakan oleh orang lain.

Bagaimana cara mengembalikannya? tentu saja login menggunakan perangkat yang sebelumnya pernah anda gunakan untuk login, misalnya perangkat anda sendiri. Akun Instagram anda akan dimintai untuk mengubah password yang baru dengan alasan keamanan.

2. Tidak membersihkan cache, cookie, password setelah Login di perangkat lain

Sebagai antisipasi saat anda selesai login menggunakan perangkat umum misalnya diwarnet, anda wajib membersihkan riwayat browser, cache, cookie yang tersimpan di browser warnet. Kerena itu bisa menjadi jejak orang lain untuk bisa mengambil akses ke akun anda, walaupn anda tidak memberi tahu password anda kepada orang lain.

Terutama password yang tersimpan pada browser, jadi pastikan anda mengabaikan peringatan Remember Me pada browser ketika anda login di perangkat umum, atau bisa memilih Jangan Simpan Sandi.

3. Sebelumnya anda menggunakan Auto Like atau Auto Followers Instagram

Instagram sangat tidak menyukai akun yang menggunakan bot auto like atau auto follower untuk memperbanyak jumlah follower maupun like post secara otomatis. Biasanya pengguna yang terlalu sering menggunakan fitur autolike dan auto follower dapat terkena pinalti dari Instagram berupa banned akun permanen, walaupun autolike dan auto followers itu tidak merugikan siapapun.

Namun sebenarnya autolike lebih merugikan pemilik akun itu sendiri, karena Instagram akan mendeteksi aktivitas akun Instagram anda yang tidak wajar, ditambah lagi belum tentu situs auto like dan auto followers yang anda gunakan tidak aman, apa yang akan terjadi pada akun Instagram anda selain dari mendapatkan banned permanen?

4. Akun anda dianggap spam oleh Instagram

Sama halnya seperti facebook, facebok sangat tidak suka dengan aktivitas spam yang terutama menyebarkan link kesana kemari secara bertubi-tubi. Dan yang paling parahnya lagi akun anda akan diblokir oleh Facebok walaupun anda hanya mengirim beberapa link aktif di sebuah kolom komentar fanspage.

Mengapa saya bilang ini? karena ini merupakan pengalaman pribadi saya, intinya jangan sering membagikan link aktif pada status maupun foto di Akun Instagram anda, berhubung kini facebook sudah bekerja sama dengan Instagram jadi kemungkinan kebijakan akan diperketat untuk mengurangi akun spam.

5. Anda tidak sempat memverifikasi nomor telepon ketika akun dikunci

Kelanjutan pada poin ketiga, sebetulnya tidak apa-apa sebuah akun Instagram tanpa diverifikasi nomor telepon, namun tanpa verifikasi nomor telepon, akun anda bisa kekurangan keamanan semisal anda telah menggunakan situs auto like kemudian akun anda dikunci, anda tidak akan bisa mendapatkan akun anda kembali jika sebelumnya tidak diverifikasi nomor telepon.

Kerena setelah memverifikasi nomor telepon, akun anda akan dikembalikan dan otomatis anda harus membuat kata sandi yang baru untuk akun. Namun masalah ini jarang sekali terjadi kecuali anda orang yang rajin menggunakan auto like untuk memperbanyak like postingan.

6. Anda pernah membuat Autentikasi Dua Faktor

Fitur ini berfungsi untuk melindungi akun instagram anda dari pembobol, meskipun mereka mengetahui username dan kata sandi akun Instagram anda, karena ia harus menyelesaikan langkah masuk tambahan dengan memasukkan angka kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar.

Meskipun fitur Autentikasi Dua Faktor ini ketat, namun fitur juga terdapat kode cadangan yang harus anda simpan, ada 6 kode cadangan yang diberikan untuk proses masuk ketika anda sedang tidak membawa ponsel/simcard yang terverifikasi. Pastikan anda juga menyimpan kode cadangan ini dengan baik, karena ini merupakan jalan pintas kedua selain verifikasi nomor telepon.

7. Anda tidak mengikuti Ketentuan Layanan Instagram

Dengan menggunakan akun Instagram berarti anda sudah setuju dengan semua ketentuan layanan Instagram, termasuk anda harus sudah berumur diatas 13 tahun, tidak boleh menggunakan Akun untuk tujuan yang ilegal misalnya membagi-bagikan konten berhak cipta milik orang lain tanpa persetujuannya.

Pihak Instagram dapat sewaktu mengunci akun anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika akun Instagram Anda ditemukan melanggar ketentuan layanan mereka. Jika anda ingin membaca semua Ketentuan Layanannya, silahkan buka Aplikasi Instagram, masuk ke menu Opsi, lalu pilih Ketentuan Layanan.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang tidak saya tulis disini, berhubung saya hanya menuliskan penyebab umumnya saja, jadi saya hanya menuliskan 7 penyebab umum. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

47 komentar untuk "7 Penyebab Umum Akun Instagram Anda Terkunci"

  1. cara membuka kucinya gimana ya bang,tapi nomornya sudah gak aktip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pake email aktif atau paling tidak bisa menggunakan fitur "login with facebook" tentunya harus sudah ada facebook yang terkait.

      Hapus
  2. gimana cara membukanya lagi,tapi nomor sudah tidaktif dan facebook di blokir

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih punya email aktif? kalau masih punya email aktif kemungkinan masih bisa selamat, atau kalau emailnya nggak aktif juga, berarti solusi terakhirnya harus pakai fitur "Bantuan Masuk" (melalui Aplikasi).

      Nanti tertera 3 pilihan untuk masuk, email, sms, atau Facebook, klik saja "perlu bantuan lain ?" trus ikuti langkah-langkah selanjutnya.

      Hapus
    2. kak email sama nmor hape udah gak ada.. tpi katanya dia kirim kode verifikasi di nmor dan email tersebut? cara lain gak ada? ini tba2 terkunci karena akun ku aku buka di hapeku dan hape pacarku. tbatba kata nya akun di kunci

      Hapus
  3. kalau ada email aktif tp nomor telp sdh terblokir gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake fitur forgot password, dihalaman login nanti ada pilihan "forgot password", trus nanti masukkan emailnya.

      Hapus
  4. Tolong dibantu gan, akun ig saya tidak bisa login karena meminta kode autentikasi, sedikit cerita awalnya akun saya diretas oleh pihak ketiga dgn mengubah email, tapi alhamdulillah sekarang email sudah bisa kembali dan saya langsung ganti santi tapi saat mau login minta kode autentikasi sedangkan saya blm pernah mengaktifkan kode autentikasi,kemungkinan besar saat akun saya diretas di aktifkan kode autentikasinya sedangkan saya tidak menerima kodenya, bisa bantu menemukan solusinya gan, terimakasih banyak

    BalasHapus
  5. Jika mengacu pada poin nomor 6, sepertinya nggak bisa gan.

    BalasHapus
  6. Menurut saya tidak ada cara lain lagi gan, karena selama saya menggunakan autentikasi dua faktor, tidak ada cara untuk memulihkannya kecuali harus menggunakan kode cadangan (mungkin ada cara lain lagi).

    Untuk masalah ini, kode cadangannya mungkin sudah dimiliki oleh orang yang sudah meret*as akun, karena mereka yang mengaktifkan fitur autentikasi dua faktornya.

    BalasHapus
  7. bang ig saaya terkunci, email dan nomer hp sdh tdk aktif lagi, tp facebook masih terkait, ketika log in pake facebook jg tetep terkunci bang:( mohon solusinya bang

    BalasHapus
  8. kalau facebooknya masih aktif, biasanya masih bisa diselamatkan dengan cara klik "login with facebook" asalkan tidak ada masalah pada akun facebooknya. Atau jika masih belum bisa, coba login dulu ke akun facebooknya untuk memastikan bahwa akun facebook tersebut masih aktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak saya sudah log in with faceFace tapi tetap minta kode verifikasi sedangkan email dan no sudah tidak aktif, jadi bagaimana solusinya kak?

      Hapus
  9. Mohon maaf tolong bantu ini maksdunya kenapa ya? Dan solusinya apa?

    Kami mendeteksi aktivitas mencurigakan di akun Instagram Anda dan sudah menguncinya untuk sementara waktu sebagai tindakan pengamanan.

    Akun Anda kemungkinan dibobol karena Anda memasukkan kata sandi di situs web yang dirancang agar terlihat seperti Instagram. Serangan ini dikenal sebagai phishing.

    Pada beberapa langkah selanjutnya, kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas guna membantu mengamankan akun Anda, dan mengizinkan Anda masuk kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trs ini gimana klanjutannya? Soalnya ig aku jga gti dan mau verifikasi email&nmr tlp udh ga aktif. Info

      Hapus
  10. Pernah pakai autolike/autofollowers ig ya? Kalau iya, kebanyakan resikonya memang begitu.

    Kalau memang sudah tidak ada cara lain selain verifikasi identitas, sebenarnya nggak ada masalah kalau memang akun tersebut sesuai dengan nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan ig saya jga bgitu.... sudah di clik buat kirim kode verifikasi via email(nb: krna no hp udh ga aktif) tp ga ada kode verifikasi yg dikirim ke email. Padahal email nya aktif

      Hapus
    2. Sama saya juga kyk gitu..itu kenapa ya kira2??udh berkali saya kirim kode verifikasi via email tapi gx masuk2 padahal email aktif

      Hapus
    3. Saya jga sma sprti itu, tp tdak prnh pake auto like/follow. Mau verifikasi email dan nmr tlp ga aktif itu gmna ya

      Hapus
    4. berarti akun belum tentu dihack ya kak? apakah akunnya masih dalam kondisi aman kak?

      Hapus
    5. berarti akun belum tentu dihack ya kak? apakah akunnya masih dalam kondisi aman kak?

      Hapus
    6. Ka, klo udh kekunci gitu kita cukup nunggu 3 hari atau harus berusaha ngembaliin akun kita lagi ya?

      Hapus
    7. solusinya bagaimana ya?

      Hapus
    8. trs cara pulihin akun nya gmn ya? email & no tlf uda ga aktif. apa nnt bisa kebuka sndri lock nya kl dr pihak ig uds membuka kunci sementaranya?

      Hapus
  11. Solusi saat lupa email dan nomer, facebook juga gak tercantum

    BalasHapus
  12. mau tanya dong, kalo akun instagram terkunci sementara itu bisa terbuka otomatis nantinya atau harus verifikasi lewat no hp? kira kira kalau akun terkunci berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus verifikasi no hape dulu, kalau ada no hape

      Hapus
  13. Mohon maaf tolong bantu ini maksdunya kenapa ya? Dan solusinya apa?

    Kami mendeteksi aktivitas mencurigakan di akun Instagram Anda dan sudah menguncinya untuk sementara waktu sebagai tindakan pengamanan.

    Akun Anda kemungkinan dibobol karena Anda memasukkan kata sandi di situs web yang dirancang agar terlihat seperti Instagram. Serangan ini dikenal sebagai phishing.

    Pada beberapa langkah selanjutnya, kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas guna membantu mengamankan akun Anda, dan mengizinkan Anda masuk kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ikuti instruksi dari pihak instagram, ada kemungkinan instagram menguncinya karena mendeteksi adanya aktivitas yang tidak wajar di akun tersebut.

      Hapus
    2. Saya sudah mengikuti semua intruksinya kak untuk mengganti sandi baru namun masih harus melakukan verifikasi kodenya kak😭

      Hapus
    3. jika sebelumnya sudah terkait dengan nomor telepon, biasanya pihak instagram akan terus meminta kode verifikasi dari nomor telepon untuk memastikan kepemilikan akun.

      Hapus
  14. Bang ini biasanya berapa lama dikuncinya?

    BalasHapus
  15. Aku juga ada notif seperti itu, kira2 akun nya bisa kembali lagi sama kita berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk berapa lamanya saya kurang tau, karena kebijakan instagram terus berubah.

      Hapus
  16. Assalamualaikum kak, maaf sya ingin menanyakan bagaimana cara mengembalikan ig yang terkunci sementara melalui facebook? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam, caranya sama kayak login biasa, klik login with facebook.

      Jika sudah masuk, nanti akan ada instruksi dari pihak instagram.

      Selanjutnya silahkan ikuti instruksinya, biasanya instruksinya berbeda-beda, tergantung dari kebijakan pihak instagram.

      Hapus
  17. Akun instagram saya yg bernama _akbarbogart terkunci sementara dan terkena phising..sedangkan email dan no tlpn yg terkait ke instagram sudah hilang dan tidak aktip tetapi instagram saya masih di kaitkan dengan facebook..mohon bantuannya untuk memfrivikasi kode 6 digit yg email nya hilang dan lupa sandi terimakasih

    BalasHapus
  18. Izin bertanya, beberapa hari kemarin tiba-tiba instagram saya dikunci oleh pihak instagram, dan ada pemberitahuan seperti ini:

    Kami mendeteksi aktivitas mencurigakan di akun Instagram Anda dan sudah menguncinya untuk sementara waktu sebagai tindakan pengamanan.

    Akun Anda kemungkinan dibobol karena Anda memasukkan kata sandi di situs web yang dirancang agar terlihat seperti Instagram. Serangan ini dikenal sebagai phishing.

    Pada beberapa langkah selanjutnya, kami akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas guna membantu mengamankan akun Anda, dan mengizinkan Anda masuk kembali.


    kemudian saya sudah mengikuti instruksinya yg meminta untuk mengirim kode verifikasi, yang saya pilih yaitu kirim ke email karena nomor sudah tidak aktif, tetapi sampai saat ini sudah berkali-kali klik kirim ulang tapi tidak ada email masuk dari instagram, dan akun sudah saya diamkan sekitar 4 hari tetapi waktu dicoba login lagi meminta verifikasi lagi dan masih sama email tidak menerima dr instagram
    apakah ada solusi lain selain kirim ke no.hp, email dan facebook? karena ig kebetulan tidak tersambung ke facebook :")

    Terimakasih dan maaf terlalu belibet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau boleh tau itu pake email apa? kalau pake gmail biasanya cepet. Atau kalau emang udh dicoba terus tapi email verifikasi tak kunjung diterima, biasanya emang ada gangguan di server emailnya.

      Hapus
  19. Saya ga tau akun saya terkunci atau ga,tapi....waktu itu saya emang sering login2 ke akun lain,dan setelah beberapa Minggu saya sering login2 ke akun lain.setiap kali saya buka Ig selalu muncul gini 'kami sedang kesulitan menyediakan Instagram di Indonesia,gunakan bahasa English' gitu2lah.terus saya klik gunakan bahasa English,tapi ntah kenapa setiap buka Ig selalu gitu padahal udah saya gunakan,selalu gitu yg muncul.dan saya pikir mungkin karena belum di-update,jadi saya update versi Ig nya.eh..setelah di-update malam lemoooot nya mintak ampun...saya kesel banget.saya hapus apknya terus saya install lagi.setelah diinstal kan disuruh buat akun baru tuh.karna saya dah punya akun saya login ke Kun yg sudah ada.tapi ko ga bisa2 ya.jaringannya 4G,kuota juga banyak,saya nungguin mungkin sejam ada kali ya.
    Mohon ka bantuannya 🙏
    Bisa dibilang,Ig tuh ladang pencarian saya🙏


    Kalo ada yg tahu knp bilang y.
    Mohon bantuannya ya kak 🙏

    BalasHapus
  20. Saya ga tau akun saya terkunci atau ga,tapi....waktu itu saya emang sering login2 ke akun lain,dan setelah beberapa Minggu saya sering login2 ke akun lain.setiap kali saya buka Ig selalu muncul gini 'kami sedang kesulitan menyediakan Instagram di Indonesia,gunakan bahasa English' gitu2lah.terus saya klik gunakan bahasa English,tapi ntah kenapa setiap buka Ig selalu gitu padahal udah saya gunakan,selalu gitu yg muncul.dan saya pikir mungkin karena belum di-update,jadi saya update versi Ig nya.eh..setelah di-update malam lemoooot nya mintak ampun...saya kesel banget.saya hapus apknya terus saya install lagi.setelah diinstal kan disuruh buat akun baru tuh.karna saya dah punya akun saya login ke Kun yg sudah ada.tapi ko ga bisa2 ya.jaringannya 4G,kuota juga banyak,saya nungguin mungkin sejam ada kali ya.
    Mohon ka bantuannya 🙏
    Bisa dibilang,Ig tuh ladang pencarian saya🙏


    Kalo ada yg tahu knp bilang y.
    Mohon bantuannya ya kak 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga masalah kalau emang disuruh pake bahasa inggris. Saya juga mengalami, tapi akun saya aman-aman aja.

      Hapus
  21. kak akun instagram saya terkunci terus menerus , akun instagram saya sensitif banget tiba2 di kunci kayak ditulisan dibawah ini Konfirmasi Info Anda di Aplikasi untuk Kembali ke Akun Anda Kami melihat aktivitas yang tidak biasa dari akun Anda. Konfirmasikan identitas Anda dari aplikasi Instagram untuk kembali ke akun Anda.

    BalasHapus
  22. Mohon pencerahan ko beranda Ig saya blank ga da posotingan apappun kosong bahkan postingan di beranda saya pun ga ada kosong dan ada keterangan tidak dapat memuat beranda....
    Kenapa ya mohon solusinya

    BalasHapus