17/07/17

7 Penyebab Umum Akun Instagram Anda Terkunci

Tidak disangka Instagram kini sudah menjadi tempat sosial media terbesar menyusul sosial media facebook, walaupun instagram hanya tempat untuk berbagi foto dan video saja. Namun justru sosial media ini terlihat lebih menarik daripada facebook dan Instagram sempat booming pada tahun-tahun sebelumnya, sampai sekarang kemungkinan penggunanya sudah menjadi pengguna sosial media terbanyak kedua setelah facebook.

penyebab umum instagram terkunci

Seperti yang kita ketahui pihak facebook saat ini bekerja sama dengan instagram dengan cara mengizinkan penautan akun antara instagram dengan facebook. Cara penautanya cukup mudah, jika anda pengguna facebook dan ingin membuat akun Instagram, anda cukup menekan tombol login dengan facebook yang terdapat pada aplikasi Instagram.

Secara otomatis anda sudah terdaftar ke Instagram tanpa membuat akun yang baru. Tapi, cara pendaftaran seperti ini tidak begitu aman karena jika anda kehilangan akun facebook anda akan kehilangan akun Instagram juga. Jadi, pastikan anda memberikan password baru setelah login menggunakan akun facebook.

Banyak sekali pengguna-pengguna Instagram yang kehilangan akunnya hanya karena masalah sepele seperti ini, sebenarnya bukan cuma masalah tidak memberikan password saja, selengkapnya silahkan anda simak berikut.

7 Penyebab Umum Akun Instagram Anda Terkunci

1. Anda sering login logout menggunakan perangkat yang berbeda

Jika anda login dan logout secara bertubi-tubi bergantian perangkat, kemungkinan pihak Instagram akan menilai akun anda sebagai aktivitas yang tidak wajar, jika terjadi demikian akun anda dapat dikunci ketika login pada perangkat yang tidak biasa. Misalnya anda login pada warnet, nah kita semua tahu warnet itu tempat umum, jadi jika anda login di perangkat umum pihak Instagram akan mengunci proses login dengan alasan melindungi akun anda karena akun anda dinilai telah digunakan oleh orang lain.

Bagaimana cara mengembalikannya? tentu saja login menggunakan perangkat yang sebelumnya pernah anda gunakan untuk login, misalnya perangkat anda sendiri. Akun Instagram anda akan dimintai untuk mengubah password yang baru dengan alasan keamanan.

2. Tidak membersihkan cache, cookie, password setelah Login di perangkat lain

Sebagai antisipasi saat anda selesai login menggunakan perangkat umum misalnya diwarnet, anda wajib membersihkan riwayat browser, cache, cookie yang tersimpan di browser warnet. Kerena itu bisa menjadi jejak orang lain untuk bisa mengambil akses ke akun anda, walaupn anda tidak memberi tahu password anda kepada orang lain.

Terutama password yang tersimpan pada browser, jadi pastikan anda mengabaikan peringatan Remember Me pada browser ketika anda login di perangkat umum, atau bisa memilih Jangan Simpan Sandi.

3. Sebelumnya anda menggunakan Auto Like atau Auto Followers Instagram

Instagram sangat tidak menyukai akun yang menggunakan bot auto like atau auto follower untuk memperbanyak jumlah follower maupun like post secara otomatis. Biasanya pengguna yang terlalu sering menggunakan fitur autolike dan auto follower dapat terkena pinalti dari Instagram berupa banned akun permanen, walaupun autolike dan auto followers itu tidak merugikan siapapun.

Namun sebenarnya autolike lebih merugikan pemilik akun itu sendiri, karena Instagram akan mendeteksi aktivitas akun Instagram anda yang tidak wajar, ditambah lagi belum tentu situs auto like dan auto followers yang anda gunakan tidak aman, apa yang akan terjadi pada akun Instagram anda selain dari mendapatkan banned permanen?

4. Akun anda dianggap spam oleh Instagram

Sama halnya seperti facebook, facebok sangat tidak suka dengan aktivitas spam yang terutama menyebarkan link kesana kemari secara bertubi-tubi. Dan yang paling parahnya lagi akun anda akan diblokir oleh Facebok walaupun anda hanya mengirim beberapa link aktif di sebuah kolom komentar fanspage.

Mengapa saya bilang ini? karena ini merupakan pengalaman pribadi saya, intinya jangan sering membagikan link aktif pada status maupun foto di Akun Instagram anda, berhubung kini facebook sudah bekerja sama dengan Instagram jadi kemungkinan kebijakan akan diperketat untuk mengurangi akun spam.

5. Anda tidak sempat memverifikasi nomor telepon ketika akun dikunci

Kelanjutan pada poin ketiga, sebetulnya tidak apa-apa sebuah akun Instagram tanpa diverifikasi nomor telepon, namun tanpa verifikasi nomor telepon, akun anda bisa kekurangan keamanan semisal anda telah menggunakan situs auto like kemudian akun anda dikunci, anda tidak akan bisa mendapatkan akun anda kembali jika sebelumnya tidak diverifikasi nomor telepon.

Kerena setelah memverifikasi nomor telepon, akun anda akan dikembalikan dan otomatis anda harus membuat kata sandi yang baru untuk akun. Namun masalah ini jarang sekali terjadi kecuali anda orang yang rajin menggunakan auto like untuk memperbanyak like postingan.

6. Anda pernah membuat Autentikasi Dua Faktor

Fitur ini berfungsi untuk melindungi akun instagram anda dari pembobol, meskipun mereka mengetahui username dan kata sandi akun Instagram anda, karena ia harus menyelesaikan langkah masuk tambahan dengan memasukkan angka kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar.

Meskipun fitur Autentikasi Dua Faktor ini ketat, namun fitur juga terdapat kode cadangan yang harus anda simpan, ada 6 kode cadangan yang diberikan untuk proses masuk ketika anda sedang tidak membawa ponsel/simcard yang terverifikasi. Pastikan anda juga menyimpan kode cadangan ini dengan baik, karena ini merupakan jalan pintas kedua selain verifikasi nomor telepon.

7. Anda tidak mengikuti Ketentuan Layanan Instagram

Dengan menggunakan akun Instagram berarti anda sudah setuju dengan semua ketentuan layanan Instagram, termasuk anda harus sudah berumur diatas 13 tahun, tidak boleh menggunakan Akun untuk tujuan yang ilegal misalnya membagi-bagikan konten berhak cipta milik orang lain tanpa persetujuannya.

Pihak Instagram dapat sewaktu mengunci akun anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika akun Instagram Anda ditemukan melanggar ketentuan layanan mereka. Jika anda ingin membaca semua Ketentuan Layanannya, silahkan buka Aplikasi Instagram, masuk ke menu Opsi, lalu pilih Ketentuan Layanan.

Sebenarnya masih banyak penyebab lain yang tidak saya tulis disini, berhubung saya hanya menuliskan penyebab umumnya saja, jadi saya hanya menuliskan 7 penyebab umum. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

6 komentar

cara membuka kucinya gimana ya bang,tapi nomornya sudah gak aktip

Biasanya pake email aktif atau paling tidak bisa menggunakan fitur "login with facebook" tentunya harus sudah ada facebook yang terkait.

gimana cara membukanya lagi,tapi nomor sudah tidaktif dan facebook di blokir

masih punya email aktif? kalau masih punya email aktif kemungkinan masih bisa selamat, atau kalau emailnya nggak aktif juga, berarti solusi terakhirnya harus pakai fitur "Bantuan Masuk" (melalui Aplikasi).

Nanti tertera 3 pilihan untuk masuk, email, sms, atau Facebook, klik saja "perlu bantuan lain ?" trus ikuti langkah-langkah selanjutnya.

kalau ada email aktif tp nomor telp sdh terblokir gimana bang?

pake fitur forgot password, dihalaman login nanti ada pilihan "forgot password", trus nanti masukkan emailnya.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon