11/08/17

5 Tips Aman Saat Menggunakan Facebook Login Sekali Ketukan

Bagi yang sering mengakses akun facebook, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan fitur facebook yang satu ini. Yaitu, fitur facebook login sekali ketukan, jadi anda cukup memasukkan kata sandi sekali saja, selanjutnya anda dapat login kembali tanpa memasukkan ulang kata sandi. Fungsi fitur ini yaitu tidak lain diperuntukkan bagi anda yang menggunakan banyak akun facebook dalam satu ponsel, atau satu perangkat seluler yang digunakan secara bergantian untuk login.


Sebenarnya anda lah yang dapat mengendalikan fitur ini ketika anda baru pertama kali login ke akun facebook, apakah anda ingin masuk ke facebook dengan sekali ketukan atau tidak, jika anda memilih OK, anda tidak perlu memasukkan kata sandi untuk login selanjutnya, namun jika anda memilih Lain Kali, anda cukup memasukkan ulang kata sandi anda.

Meskipun fitur ini memudahkan penggunanya untuk login bergantian akun, ternyata fitur ini juga mempunyai efek yang negatif bagi akun, salah satunya akun kita mudah dir3tas oleh orang lain bahkan tanpa kita ketahui, karena mereka dapat menggunakan perangkat yang terhubung untuk login tanpa memasukkan ulang password.

Jika itu perangkat pribadi anda, mungkin tidak masalah, namun yang menjadi masalah yaitu anda login pada perangkat umum seperti warnet, ponsel pinjaman, dan sebagainya. Dan ketika itu terjadi, kemungkinan akun anda dapat diakses oleh orang yang menggunakan perangkat tersebut.

Berikut ini beberapa tips agar akun facebook anda lebih aman ketika menggunakan fitur login sekali ketukan.

1. Jangan Sering-Sering Menggunakan Fitur Sekali Ketukan

Keseringan menggunakan fitur ini juga dapat berakibat buruk pada akun facebook, karena di rasa paling mudah dan menghemat waktu, padahal jika orang lain tahu anda menggunakan fitur ini, bisa saja mereka diam-diam membuka ponsel anda ketika ponsel anda dalam keadaan tidak terproteksi oleh layar kunci apapun hehe.

Untuk menghindari kejadian yang tidak anda inginkan pada akun, pastikan anda selalu memproteksi ponsel anda dengan layar kunci PIN, Pola, atau Sandi, atau paling tidak jangan keseringan menggunakan fitur facebook sekali login bahkan pada ponsel anda sendiri.

2. Aktifkan Authentikasi Dua Faktor Pada Akun Facebook

Bagi yang belum tahu, authentikasi dua faktor adalah fitur keamanan facebook yang mengharuskan anda untuk memasukkan kode verifikasi setiap kali anda melakukan login pada akun facebook. Mungkin anda berpikiran seperti ini, loh bukannya kalau kita menggunakan facebook sekali ketukan, proses masuknya jadi lebih mudah, kenapa harus pakai authentikasi dua faktor?

Karena akun anda tidak dijamin aman, walaupun fitur sekali ketukan merupakan fitur milik facebook, jadi untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada akun anda, sebaiknya gunakan fitur ini untuk membarengi fitur login sekali ketukan, itu semua demi keamanan akun facebook anda sendiri, jangan gunakan fitur ini tanpa dibarengi oleh keamanan lain, karena beresiko.

3. Bersihkan Cache, Cookie, Riwayat Sehabis Login Sekali Ketukan pada Perangkat Umum

Ketika anda baru saja login sekali ketukan pada perangkat lain, sebaiknya hilangkan jejak data-data browser yang terkait dengan akun facebook anda agar tidak ada kesempatan bagi para pembobol untuk membobol akun anda, karena jika anda tidak menghilangkan jejaknya, bisa saja ada pihak lain yang menggunakan komputer umum tersebut yang kemudian berhasil membuka akun facebook anda.

4. Gunakan Maksimal 3 Akun untuk Satu Browser

Pernah ada seorang master didunia maya yang bilang "jangan menaruh banyak telur dalam satu keranjang" maksudnya adalah jangan login banyak akun dalam satu perangkat, atau jangan login banyak akun dalam satu browser, setidaknya batasi maksimal per tiga akun saja.

Karena tidak lain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jika anda kehilangan satu akun dalam satu perangkat karena dideteksi sebagai spam akun, maka akun yang berada pada perangkat lain tidak akan tertular spam sehingga anda tidak kehilangan seluruh akun.

5. Non Aktifkan Facebook Login Sekali Ketukan

Yang terakhir adalah menonaktifkan fitur ini, jika anda masih pemula sebaiknya nonaktifkan saja fitut ini, setelah anda menonaktifkan fitur ini pada browser atau aplikasi facebook, akun anda tidak lagi menjadi incaran para h4cker, selain itu akun anda juga lebih aman ketika tidak menggunakan fitur ini.

Penutup

Saat ini, filter keamanan facebook sangat ketat, jadi disarankan anda tidak sering login logout pada akun yang berbeda, jika itu terjadi, kemungkinan akun anda akan dideteksi sebagai akun yang tidak wajar, akibatnya akun diblokir oleh pihak facebook, hal ini juga pernah terjadi pada saya.

Untuk cara amannya silahkan meminimalisir penggunaan facebook login sekali ketukan menambahkan nomor telepon, email ganda, beserta informasi akun facebook yang lengkap, karena jika suatu saat akun anda diamankan oleh pihak facebook, anda dapat mengembalikan akun anda dengan mengonfirmasikan nomor telepon atau email anda.

Demikian semoga tips ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon