10/08/17

3 Fitur Keren Xiaomi Redmi Note 4 untuk membangunkan Layar

Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 memang ponsel yang keren, selain dibekali fitur yang lengkap mulai dari kamera, usb otg, sampai dengan fitur sidik jari, ternyata ada satu fitur lagi yang membuat saya terkesan akan kecanggihannya, yaitu fitur membangunkan layar ponsel tanpa harus menekan tombol power.

Dengan menggunakan fitur membangunkan layar tanpa menggunakan tombol power, anda dapat meminimalisir penggunaan tombol power sehingga tombol power anda tetap awet. Kan jadi repot juga ketika tombol power kita rusak karena sering-sering dipencet, sehingga anda tidak dapat menyalakan layar ketika ponsel dalam keadaan mati shutdown.

Nah, bagi yang penasaran apa sajakah fitur keren Xiaomi Redmi Note 4 untuk membangunkan layar mati, berikut saya ulaskan beberapa fiturnya berdasarkan apa yang saya temukan.

1. Fitur Membangunkan Layar menggunakan tombol volume

Yang pertama adalah menggunakan tombol volume, mengapa harus menggunakan tombol volume? karena tombol volume hanya mempunyai satu fungsi yaitu tombol khusus mengatur volume. Tanpa tombol volume pun sebenarnya anda juga bisa mengatur volume dengan cara masuk ke setelan audio.


Karena fungsi tombol volume tidak sering digunakan, anda dapat memanfaatkan tombol volume untuk membangunkan layar pada Xiaomi Redmi Note 4, cara mengaktifkannya sebagai berikut.


  • Masuk Ke Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Layar kunci dan sidik jari.
  • Aktifkan Bangunkan Layar menggunakan Tombol Volume.


Tambahan, anda juga dapat langsung masuk ke menu kamera dengan cara mengaktifkan menu jalankan kamera dengan menekan tombol volume turun 2 kali.

2. Ketuk Dua Kali Layar untuk Membangunkan Perangkat

Selanjutnya, untuk membangunkan layar anda juga dapat mengetuk layar dua kali. Mungkin anda berpikir kok bisa ya membangunkan layar hanya dengan mengetuk dua kali layar yang padam, padahal layar ponsel yang padam seharusnya tidak dapat digunakan untuk melakukan apa-apa meskipun ponsel tersebut layar sentuh.


Namun itulah kenyataan dan kecanggihan ponsel zaman sekarang, berbeda dengan dulu yang menggunakan serba tombol, untuk membangunkan layar juga harus menggunakan tombol, kalau sekarang cukup serba sentuhan saja pada layar bahkan saat layar dalam keadaan padampun akan tetap mendeteksi gerakan sentuhan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, silahkan masuk ke Setelan, kemudian masuk ke menu tampilan lalu aktifkan fitur ketuk layar 2x untuk membangunkan.

3. Fitur Sidik Jari Untuk Membangunkan Layar

Fitur sidik jari adalah fitur yang paling menarik dari semua fitur yang saya sebutkan diatas, selain dapat membangunkan layar, anda juga dapat membuka layar kunci sekaligus. Jadi meskipun anda menggunakan Pola, PIN, atau Sandi pada ponsel, tetap tidak akan terpengaruh dengan itu, karena Ponsel Anda percaya bahwa sidik jari itu adalah anda, jadi ponsel anda dapat langsung membuka layar kuncinya untuk anda.

Sebelumnya saya sudah membahas fitur sidik jari pada postingan Cara Menggunakan Kunci Sidik Jari pada Ponsel Miui

Menariknya, selain untuk membuka layar kunci dan mengaktifkan layar, fitur sidik jari juga dapat digunakan untuk tombol kamera saat anda ingin selfie dari kamera belakang. Tidak percaya? silahkan dicoba sendiri pada Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 Anda dengan cara masuk kemenu kamera lalu sentuh lingkaran sidik jari dibelakang ponsel.

Kesimpulan

Memang ketiga fitur diatas dapat bermanfaat bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 4, karena dengan menggunakan fitur ini, anda dapat meninimalisir penggunaan tombol power untuk membangunkan layar. Jadi, anda cukup menggunakan tombol power disaat layar ponsel anda dalam keadaan shutdown, jika layar dalam keadaan standby, anda dapat menggunakan fitur diatas.

Untuk pengguna selain Xiaomi Redmi Note 4 silahkan sesuaikan jika terdapat perbedaan menu ada artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon