15/09/17

Cara Menggunakan Google Image Tanpa Upload Gambar

Bagi yang pernah menggunakan Google Image pada perangkat Desktop, mungkin anda pernah mengira fitur Google Image hanya dapat digunakan pada perangkat Desktop. Sebenarnya fitur ini dapat digunakan di semua perangkat, tak terkecuali android, namun khusus di perangkat seluler kebanyakan tidak dapat menggunakan fitur ini tanpa aplikasi tambahan.

Seperti pada perangkat Desktop, Ikon Google Image dapat kita temui pada kotak pencarian Google, berbeda dengan perangkat Android, Google Image bisa kita gunakan setelah menginstal Aplikasi tambahan pada perangkat android, tanpa aplikasi tambahan, kita hanya dapat sebatas menggunakan Google Search saja.

Ada Beberapa aplikasi android yang dapat mendukung Google Image seperti Image Search For Google, dan salah satu Browser yang mendukung Google Image pada Perangkat Android adalah Google Chrome.

Namun meskipun Google Chrome dapat digunakan untuk Google Image, anda tetap tidak akan menjumpai ikon pencarian menggunakan gambar.

Karena ikon pencarian menggunakan gambar hanya dapat anda temui pada perangkat Desktop.


Bagaimana Cara Kerja Google Image?

Sebelum anda menggunakan Google Image, ada baiknya ada tahu dulu apa itu Google Image, Google Image adalah pencarian google berdasarkan gambar. Karena pencariannya menggunakan gambar berarti anda diharuskan mengupload gambar setiap kali melakukan pencarian menggunakan Google Image.

Karena Google sendiri tidak akan menyimpan gambar yang anda upload setelah anda keluar dari hasil pencarian, dengan kata lain Google menghapus gambar anda secara permanen.

Setelah anda mengupload gambar pada Google Image, Google secara otomatis mencocokkan gambar anda dengan berbagai gambar yang ada pada website lain, sehingga jika ada website lain yang menggunakan gambar yang sama seperti anda, otomatis webite tersebut akan ditampikan dihasil pencarian.

Menggunakan Google Image untuk mencari Gambar Berhak Cipta Anda

Selain menggunakan Google Image untuk melakukan pencarian gambar, anda juga dapat melakukan pencarian gambar berhak cipta anda yang ada pada website lain dengan cara mengupload gambar berhak cipta anda pada Google Image.

Google secara otomatis akan mencocokan gambar anda dengan website-website lain yang cocok dengan gambar anda, jika anda tidak menemui hasil pencarian yang cocok dengan gambar anda, berarti gambar berhak cipta anda bebas dan tidak digunakan oleh orang lain.

Namun jika anda menemui gambar berhak cipta anda digunakan oleh orang lain, semisal itu adalah foto pribadi anda yang digunakan oleh orang lain, anda dapat melaporkan website tersebut pada Google DMCA, saya tidak akan membahasnya lebih jauh lagi.

Atau jika anda rela gambar anda digunakan oleh orang lain, sebaiknya hubungi pemilik webiste tersebut untuk mencantumkan sumber gambar ke website anda, dengan begitu anda juga mendapat keuntungan.

Apakah Google Image hanya dapat digunakan Pada Perangkat Desktop?

Sekali lagi, Google Image tidak hanya dapat digunakan di Perangkat Desktop seperti Komputer dan PC, tetapi anda juga dapat menggunakan ini pada perangkat Android anda dapat memanfaatkan fitur ini dari Aplikasi Browser Google Chrome.

Bagi Pengguna Google Chrome, Desktop maupun Android, anda dapat menggunakan Fitur Google Image Tanpa Upload Gambar.

Benar, tanpa upload gambar, jadi anda cukup mencari gambar yang akan digunakan di hasil penelusuran image tanpa harus mengunduh gambar terlebih dahulu.

Cara Menggunakan Google Image Tanpa Upload Gambar

Baik perangkat Android maupun perangkat Desktop, saya rekomendasikan menggunakan Google Chrome, karena fitur ini hanya dapat berjalan pada Google Chrome, sebenarnya masih bisa digunakan di Browser lain namun kadang dibrowser lain tidak ada fitur ini.

Berikut ini cara menelusuri Google Imaga tanpa mengunduh maupun mengupload Gambar.

1. Pastikan anda menggunakan versi Google Chrome yang terbaru, baik pada perangkat Android maupun Desktop

2. Selanjutnya, lakukan browsing seperti biasa, jika anda menemukan gambar yang entah tidak tahu namanya dan anda ingin melakukan pencarian menggunakan gambar tersebut, silahkan buka gambar tersebut.

3. Setelah masuk kedalam link gambar tersebut, tahan gambar tersebut pada perangkat android, sedangkan pada perangkat Desktop klik kanan gambar tersebut pada mouse, kemudian pilih Telusuri Google untuk Gambar ini.


4. Setelah itu anda akan diarahkan ke hasil pencarian Google Image dengan menyertakan gambar yang anda telusuri sebelumnya.

5. Setelah itu Copy kata kunci yang muncul pada kotak pencarian, kemudian pastekan di kotak pencarian Google Search.

Itulah kata kunci untuk gambar yang anda cari menggunakan Google Image tanpa harus mengupload Gambar terlebih dahulu.

Jika anda tidak mendapati fitur Google Search Image pada Browser Google Chrome anda, pastikan cek versi Google Chrome anda kemudian lakukan pembaruan versi Google Chrome pada Google Playstore.

Setelah anda melakukan pencarian dan ingin melakukan pencarian ulang pada gambar tersebut, anda harus mengunjungi link gambar itu lagi atau mengunjungi website yang menyertakan gambar tersebut.

Mudah bukan caranya? Demikian tutorial saya semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca tulisan ini.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon