20/08/17

Fitur Terbaru Facebook, Membuat Halaman Facebook berdasarkan Profil Pribadi

Halo sobat, sekarang saya akan berbagi cara membuat halaman facebook berdasarkan profil pribadi. Sebenarnya konsepnya sama seperti migrasi profil facebook ke halaman facebook, hanya saja kita tidak akan kehilangan profi utama kita, karena ini adalah fitur terbaru dari facebook.

Namun sebelum melangkah lebih jauh lagi kita kenali dulu apa itu halaman facebook, khususnya bagi para pemula yang tidak mengerti apa dan bagaimana cara kerja halaman facebook.

Menurut saya pribadi, halaman facebook adalah tempat dimana kita dapat mempromosikan sesuatu, semisal anda mempunyai perusahaan dan anda tidak tahu bagaimana cara memperkenalkannya dengan banyak orang.

Sebenarnya banyak cara untuk memperkenalkan halaman anda kepada publik.

Cara pertama adalah berpromosi secara offline, kalau yang ini anda pasti sudah mengerti bagaimana cara mempromosikannya, sehingga saya tidak perlu menjelaskan lebih jauh lagi karena artikel ini hanya membahas mengenai seputar online.

Cara kedua adalah berpromosi secara online, untuk yang satu ini terkadang orang-orang perusahaan kebingungan, bagaimana cara mempromosikan halaman secara online? Padahal promosi online sebenarnya lebih simpel dan lebih mudah daripada promosi secara offline.

Anda dapat mempromosikan perusahaan bisnis anda dengan cara membuatkannya sebuah website resmi, dimana anda bisa memposting apa yang anda jual, semisal jasa atau sebuah produk pada website anda.

Nah, karena promosi melalui website tentunya berbayar, karena memerlukan hosting dan domain, jadi kita pilih yang paling dasar terlebih dahulu yaitu membuat halaman facebook.

Kita lanjut lagi untuk cara membuat halaman facebook berdasarkan profil pribadi.

Berikut adalah syarat-syarat sebelum anda membuat halaman facebook berdasarkan profil pribadi anda.


  • Siapkan akun facebook yang mempunyai banyak teman.
  • Siapkan Komputer/Laptop untuk masuk situs facebook tampilan desktop, atau anda boleh menggunakan perangkat android.


Setelah semua syarat sudah terpenuhi, sekarang silahkan masuk ke akun facebook pada masing-masing, jika anda menggunakan perangkat android, anda harus masuk ke facebook pada tampilan desktop, caranya:

  • Buka pengaturan browser anda, saya sarankan gunakan Browser Bawaan atau anda juga boleh menggunakan Google Chrome.
  • Masuk ke menu, kemudian cari dan centang pilihan minta situs desktop.
  • Setelah itu buka facebook dengan mengetik www.facebook.com pada browser.

Jika semua sudah selesai sekarang lanjut lagi ke pembahasan yang utama.

Cara Menggunakan Fitur Facebook untuk Membuat Halaman berdasarkan Profil Pribadi

1. Pastikan anda sudah masuk ke akun facebook anda yang ingin dimigrasi ke halaman facebook.

2. Buka halaman Migrasi Profil Facebook kemudian pilih Memulai (Khusus tampilan facebook versi Desktop).


3. Secara otomatis profil facebook anda akan disalin ke halaman baru anda, sehingga terciptalah halaman baru berdasarkan profil pribadi anda tanpa kehilangan profil utama, lalu silahkan pilih Lanjutkan.


4. Isi informasi tentang halaman baru anda mulai dari kategori sampai dengan deskripsi singkat yang menjelaskan halaman anda, kemudian pilih Selanjutnya.


5. Pilih teman untuk menyukai halaman anda secara otomatis, anda dapat memilih semua teman facebook anda.

6. Tambahkan Album Foto ke halaman baru anda, disini anda dapat menambahkan album foto dari profil pribadi anda, setelah semuanya sudah beres, pilih Selesai.


7. Sekarang halaman baru anda sudah siap menerbitkan postingan/status baru, setelah itu silahkan cari penggemar sebanyak-banyaknya untuk menyukai halaman baru anda.

Mudah bukan caranya? silahkan langsung dipraktekkan, karena ini adalah fitur terbaru dari facebook sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan profil utama anda setelah melakukan migrasi.

Oh ya, sebenarnya fitur ini juga masih mempunyai kekurangan terutama pada teman yang kita pilih untuk menyukai halaman kita secara otomatis.

Facebook telah membatasi fitur ini sampai 3000 sekian teman yang kita pilih saja, sehingga anda tidak bisa memilih sampai 5000 teman anda, mungkin anda bisa memilih sampai 5000 teman untuk menyukai halaman anda, namun semua teman yang anda pilih nantinya tidak semua akan menjadi penggemar anda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bahas pada hari ini, semoga dilain waktu saya dapat membahas yang lebih menarik lagi mengenai fitur terbaru dari facebook. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon