12/08/17

Cara Menstabilkan Koneksi Internet Pada Android

Sebagai pengguna internet yang selalu aktif, pernahkah anda merasakan ketidakstabilan jaringan internet anda walaupun saat ini anda sedang berada pada area yang kuat sinyal, dan ketika anda mengecek paket internet anda ternyata masih ada sisa kuota.

Bukannya internet berjalan lancar, namun yang terjadi justru sebaliknya, hal ini juga pernah saya rasakan ketika saya masih menggunakan ponsel android pertama saya. Waktu itu saya masih belum mengenal istilah apa-apa saat pertama kali menggunakan android, jadi saya langsung saja menggunakannya dengan sedikit belajar.

Ketika saya tahu, ternyata jaringan internet di android juga perlu disetting agar berjalan lancar, jika dibiarkan secara default kemungkinan koneksi android jadi biasa saja atau malah menjadi tidak stabil padahal sudah berada pada jaringan 3G.

Setiap operator seluler mempunyai settingan yang berbeda, dalam hal ini yang perlu kita setting untuk meningkatkan kecepatan internet android adalah dengan mensetting pengaturan apn, anda dapat mencari apn sesuai dengan operator seluler anda melalui Google.

Jika berhasil, anda tidak perlu mensetting pengaturan apapun lagi pada ponsel anda, namun jika terjadi sebaliknya, anda perlu memancing jaringan internet anda agar muncul.

Langkah-langkah Menstabilkan Koneksi Internet Pada Ponsel Android

Ada banyak cara untuk menstabilkan koneksi internet pada android, disini saya akan mengulaskan semua yang saya tahu berdasarkan pengalaman saya pribadi sehingga dapat anda coba.

1. Memancing Koneksi Jaringan

Yang pertama adalah memancing koneksi jaringan, mungkin anda sedikit bingung apa maksudnya memancing koneksi jaringan? Memancing koneksi jaringan adalah metode memutus dan menyambungkan kembali data seluler anda secara berkali-kali, jika anda memancing jaringan kemudian mencobanya secara terus-terusan, kemungkinan ada hasil dari pancingan ini.

Jika anda mau silahkan dicoba pada ponsel yang memiliki koneksi internet yang lemot, ini berlaku untuk ponsel 3G saja, dibawah jaringan 3G kemungkinan hasilnya akan terlihat tetap sama walaupun sudah ada perubahan kecepatan sedikit.


Masuklah ke menu setelan android anda, atau buka toggle data seluler anda, matikan kemudian hidupkan kembali data seluler anda, silahkan coba lagi sampai berhasil.

2. Menutup Aplikasi Atau Merestart Aplikasi

Pada langkah ini dikhususkan untuk aplikasi tertentu yang tidak mendapatkan bagian koneksi internet, walaupun anda menggunakan internet pada aplikasi lain berjalan dengan lancar tetapi koneksi internet ini tidak berjalan pada aplikasi tertentu semisal koneksi internet tidak berjalan pada Browser namun berjalan pada Aplikasi Chatting.

Langkah terbaiknya adalah menutup aplikasi tersebut lalu membukanya kembali, anda cukup masuk ke recents app kemudian hapus recents app yang terkait dengan aplikasi tersebut, atau anda juga bisa memaksa berhenti aplikasi tersebut pada setelan ponsel.


Untuk masuk ke recents app, setiap ponsel mempunyai cara yang berbeda-beda, ada yang menahan tombol menu atau menahan tombol home atau cukup mengetuk satu kali tombol menu seperti pada Ponsel Xiaomi Redmi.

3. Meminimalisir Aplikasi Berjalan Yang Menggunakan Internet

Biasanya ini juga berpengaruh pada banyak aplikasi karena koneksi internet satu ponsel dibagi untuk beberapa aplikasi, semisal anda menggunakan beberapa Aplikasi Chatting ditambah lagi dengan Aplikasi Browser Tambahan, nah jika semua aplikasi berjalan pada latar belakang kemungkinan anda akan merasakan koneksi internet anda menjadi tidak stabil.

Padahal saat itu anda sedang berada pada area bagus, namun itu tidak menutup kemungkinan jika ponsel anda menjadi tidak stabil itu semua karena ponsel anda menjalankan berbagai aktivitas online pada latar belakang, jika anda tidak menghentikannya segera kemungkinan koneksi anda menjadi lemot atau malah mengganggu aktivitas anda saat sedang online.

Masuklah pada menu setela untuk menghentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang, semisal aplikasi game online, aplikasi musik online, dan sebagainya, karena itu tidak perlu dijalankan pada latar belakang kecuali aplikasi chatting, jangan sampai anda memberhentikan aplikasi chatting atau anda akan kehilangan notifikasi pesan dari pujaan hati anda hehe.

4. Mengganti Kartu Provider Anda Saat Ini

Jika anda tidak pernah merasakan kestabilan internet sejak pertama kali anda menggunakannya kemungkinan itu berawal dari penyedia provider anda, atau mungkin jaringan provider anda tidak mendukung sepenuhnya area tempat tinggal anda sehingga jaringan anda mentok pada jaringan Edge.

Padahal harusnya ada provider lain yang mendukung sepenuhnya jaringan internet pada area anda, jika pada daerah saya, jaringan yang mendukung sepenuhnya adalah Three, Simpati, dan Indosat, namun selain itu saya tidak dapat menggunakannya. Bukannya saya ingin curhat namun sekedar berbagi pengalaman hehe.

Provider Apa yang terbaik? tergantung pada daerah dan ponsel anda masing-masing, disini saya tidak menyarankan anda untuk mengganti provider, namun lebih tepatnya cobalah menggunakan internet pada ponsel anda yang menggunakan provider lain, jika ternyata koneksinya lancar, silahkan ambil keputusan yang bagus.

5. Mengganti APN Internet Default Provider

Untuk yang satu ini, saya sangat setuju, saya sendiri sudah pernah mencobanya pada provider three, hasilnya koneksi internet saya menjadi stabil jika dibandingkan sebelum saya mengganti apn. Kartu provider yang saya ujicoba pada saat itu adalah provider three dengan mengganti apn defaultnya menjadi apn 3data.

Setelah beberapa detik koneksi internet muncul kembali, saya langsung menggunakannya dan merasakan kestabilan koneksi internet pada ponsel saya. Jika anda ingin mengubah apn ponsel, silahkan googling apn yang tepat bagi kartu anda, ingat jangan sampai salah mensetting apn karena mungkin jaringan internet anda akan hilang atau tidak akan berpengaruh jika anda salah mensetting apn.

6. Pindahkan Ponsel ke Area Terbuka

Area terbuka yang saya maksud disini adalah area halaman rumah atau area yang terdapat antena dikampung anda, jika area anda tidak ada menara antena kemungkinan juga bisa menjadi penyebab ponsel anda menjadi lemot.

Solusinya silahkan pindahkan ponsel anda ke area yang terbuka semisal ruangan yang terdapat jendela udara, atau jika anda mempunyai dua ponsel silahkan aktifkan hotspot pada salah satu ponsel kemudian ponsel yang aktif hotspotnya dapat anda pindahkan didekat jendela hehe, namun ini pernah saya coba dan berhasil, silahkan jika ingin anda praktekkan.

7. Lakukan Tes PING Pada Telepon

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menjalankan tes ping pada ponsel anda. Tes Ping adalah langkah yang dapat membangunkan sinyal ponsel yang hilang atau tidak stabil melalui telepon. Semua ponse dapat melakukan tes ping, tak terkecuali ponsel jadul sekalipun.

Namun pada langkah ini, saya hanya menunjukkan langkah tes ping khusus pada perangkat android saja, selain android silahkan cari tutorial yang tepat sesuai dengan perangkat yang anda gunakan saat ini.

Langkah Tes Ping yang pertama silahkan masuk ke dialpad android anda.

Kemudian Hubungi *#*#4636#*#* dan tunggu sebentar, anda akan masuk ke menu telepon.

Pada menu telepon, silahkan anda pilih Informasi telepon 1, kemudian pilih Jalankan Tes Ping.


Lakukan hal yang sama pada Informasi telepon 2 dan jalankan langkah yang sama seperti diatas.

Jika anda sudah melakukan tes ping, silahkan coba uji kecepatan jaringan anda melalui browser, ketikkan apa saja pada Google Search. Jika langkah tes ping berhasil dan berpengaruh, kecepatan internet anda mungkin akan bertambah, namun jika tidak berpengaruh apapun silahkan restart ulang ponsel anda.

Setelah restart berhasil, silahkan coba ulang koneksi internet anda. semoga sampai pada langkah terakhir ini, internet pada ponsel anda dapat bekerja dengan baik seperti pada semestinya.

Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk pemula, khususnya bagi yang baru belajar tentang internet.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon