06/08/17

Panduan Belajar dan Membuat Akun Bitcoin di Indonesia

Sebelum memulai topik saya akan menjelaskan dulu apa itu bitcoin, terutama bagi yang masih baru belajar mengenai bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital, dan mata uang bitcoin hanya dapat digunakan di dunia digital juga, ia tidak mempunyai fisik yang jelas namun mempunyai kegunaan. Bitcoin sama halnya seperti kita mempunyai rupiah, namun bedanya bitcoin hanya dapat disimpan dan digunakan didunia digital ataupun di komputer pribadi anda.


Jika anda ingin menyimpan bitcoin dikomputer anda, anda harus mempunyai aplikasi wallet untuk menyimpan bitcoin yang telah anda dapatkan, atau anda bisa juga menyimpan bitcoin di Internet, namun untuk menyimpan bitcoin di Internet anda harus super hati-hati dalam memilih situs terpercaya untuk menyimpan bitcoin.

Salah satu situs terpercaya untuk menyimpan bitcoin di Indonesia adalah www.bitcoin.co.id, melalui situs ini, anda juga dapat mengetahui harga bitcoin untuk tahun saat ini karena harga bitcoin dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Untuk anda yang ingin belajar bermain bitcoin, langkah pertama sebelum memulai saya sarankan silahkan mendaftar akun bitcoin di bitcoin.co.id terlebih dahulu, atau anda dapat menginstal aplikasi wallet penyimpan bitcoin dikomputer anda.

Tujuannya apa?

Agar anda tidak kerepotan saat anda mendapatkan bitcoin namun anda belum mempunyai tempat untuk menyimpan bitcoin, intinya sama seperti memiliki uang namun tidak mempunyai tempat penyimpanan, semisal lemari, laci, dan sebagainya.

Jika anda tidak ingin menyimpan saldo bitcoin di Komputer anda dapat menyimpannya di Internet, silahkan daftar di situs bitcoin.co.id.

Langkah Memulai dan Mendaftar Akun Bitcoin Indonesia

Untuk langkah pertama kalinya, kali ini saya akan membagikan cara mendaftar akun bitcoin indonesia. Agar memudahkan pemahaman, anggap saja anda akan mendaftar sebuah rekening digital untuk menyimpan uang digital, karena biasanya orang yang baru mengenal bitcoin tidak tahu harus darimana ia memulai sama seperti saya pribadi.

1. Masuk ke situs Bitcoin Indonesia kemudian lakukan pendaftararan.

2. Silahkan register, lengkapi data-data anda terutama email dan nomor hp yang anda gunakan harus aktif, setelah itu centang tulisan saya bukan robot dan tap Lanjutkan Pendaftaran.


3. Anda akan menerima email untuk aktivasi, masuk ke email lalu klik link aktivasi akun bitcoin anda.

4. Masukkan PIN verifikasi yang dikirim melalui nomor hp anda, setelah selesai klik submit.


5. Selanjutnya anda akan ditawari system keamanan login untuk akun bitcoin anda, yaitu menggunakan Google Authenticator. Anda dapat melewati langkah ini (tidak disarankan).

Mengapa anda harus menggunakan system keamanan login dari Google Authenticator?

Karena ketika anda login, anda akan dimintai kode verifikasi yang dikirim melalui sms, tujuannya adalah untuk melindungi akun anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama jika saldo bitcoin anda sudah terkumpul banyak dan verifikasi dari Google Authenticator juga dapat memastikan bahwa anda sendirilah yang login ke akun anda.

Cara kerja Google Authenticator

Setelah anda login dengan email dan kata sandi, anda akan menerima sms masuk berupa kode verifikasi dua langkah, silahkan masukkan kode yang terkirim pada nomor anda. Dengan menggunakan Google Authenticator, memasukkan email dan kata sandi saja belum cukup untuk proses login ke akun bitcoin, jadi akun anda dipastikan aman walaupun banyak pihak lain yang mengetahui kata sandi dan email anda, karena anda sendirilah yang memegang kendali atas akun.

6. Instal Google Authenticator pada perangkat android anda, cari aplikasinya melalui Google Playstore kemudian instal pada ponsel.

7. Buka Google Authenticator, kemudian scan Barcode yang ada di Situs Bitcoin.

8. Masukkan kode verifikasi Google Authenticator yang anda terima pada Situs Bitcoin.

9. Sekarang anda sudah terdaftar dan mempunyai rekening bitcoin di Internet.

Selanjutnya silahkan cari situs yang bersedia memberikan bitcoin gratis untuk mengisi rekening bitcoin anda, dalam hal ini anda juga harus hati-hati, karena kemungkinan ada situs scam yang tidak membayar anda, akibatnya anda tidak dibayar setelah anda melakukan misi-misi yang diberikan, memang anda tidak akan rugi materi, tetapi anda akan rugi waktu dan tenaga untuk situs tersebut.

Jika anda ingin mengisi saldo bitcoin dengan instan, silahkan lakukan deposit rupiah ke bitcoin, namun jika anda pemula, anda tidak disarankan melakukan ini, kecuali jika anda memang membutuhkan bitcoin untuk urusan transaksi.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, jika diperlukan nanti saya dapat mengupdate artikel ini, sekian dari Panduan Belajar dan Membuat Akun Bitcoin di Indonesia, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon