03/08/17

Langkah Mudah Menghilangkan Notifikasi Text To Speech pada Miui

Halo pengunjung setia, semoga semuanya sehat selalu, kali ini saya akan membuat tutorial cara menghilangkan notifikasi google text to speech pada ponsel xiaomi redmi, atau ponsel miui. Apa itu google text to speech? bagi yang masih awam, google text to speech merupakan layanan deteksi suara yang berfungsi untuk menuliskan semua kata-kata yang kita ucapkan dalam bentuk teks, jadi bagi yang sedang malas mengetik atau tidak lancar menulis bisa menggunakan layanan google text to speech.

Misalnya anda ingin menulis pesan chatting namun tidak mempunyai waktu luang karena sedang buru-buru, cukup aktifkan mikrofon dan google voice kemudian ucapkan pesan anda, otomatis semua kata-kata yang anda terucap oleh anda akan dituliskan ulang dalam bentuk teks, kemudian anda tinggal mengirim pesan itu, menarik bukan?

Layanan Google Text To Speech dapat digunakan di berbagai versi android, mulai android Jellybean sampai versi android yang terbaru, namun jika anda menggunakan layanan ini, minimal RAM ponsel anda harus 512 MB, karena layanan ini cukup memakan banyak RAM, untuk ponsel berkapasitas RAM dibawah 512 MB tidak disarankan menggunakan layanan ini.

Setelah anda mengetahui apa itu google text to speech sekarang lanjut ke topik diatas yaitu menghilangkan notifikasi google text to speech pada ponsel xiaomi redmi atau miui, notifikasi yang muncul dapat berupa pesan Wanita dalam Bahasa Indonesia, Wanita dalam Bahasa Inggris, Pria dalam Bahasa Indonesia, Pria dalam Bahasa Inggris, dan sebagainya. Pesan ini muncul beberapa kali setiap anda mengaktifkan atau menonaktifkan koneksi data internet pada ponsel xiaomi, bagi yang menemui pesan ini pasti rasanya jengkel bukan.


Kalau pemberitahuan semacam ini muncul sekali atau dua kali mungkin tidak masalah, namun untuk pemberitahuan seperti ini muncul beberapa kali bahkan anda sudah mencoba mengotak atik pengaturan pada ponsel xiaomi, tapi tetap saja pemberitahuan ini muncul terus-terusan.

Pesan yang muncul menyatakan bahwa anda harus memperbarui Bahasa Google Text To Speech melalui jaringan wifi dan anda tidak dapat memperbarui melalui koneksi data meskipun anda sudah mensetting berbagai pengaturannya.

Bahkan saya sendiri pun pernah kesusahan, karena pada saat itu area daerah saya tidak ada jaringa wifi, jadi saya mencoba menghilangkan notifikasi tersebut dengan berbagai cara, meskipun saya harus mendownload semua bahasa yang ada, yang penting pemberitahuan text to speech dapat dihilangkan.

Namun, setelah saya memperbarui berbagai Bahasa yang ada di Google Text To Speech, tetap saja notif Wanita Dalam Bahasa Inggris pada Ponsel saya tetap muncul.

Kenyataannya, Notifikasi Google Text To Speech memang tidak dapat dihilangkan

Sebenarnya ini adalah kelemahan atau bug pada ponsel miui/xiaomi redmi, pasalnya Bahasa Indonesia pada ponsel ini tergolong masih baru jadi wajar saja jika anda menemukan satu bug pada rom miui, salah satunya mengharuskan anda memperbarui bahasa google text to speech, jika tidak mungkin notif ini terus-terusan muncul seakan memaksa anda untuk memperbarui bahasa google text to speech.

Untuk jalan keluarnya, anda harus menghubungkan ponsel anda ke jaringan wifi, kemudian perbarui bahasa yang muncul pada notif ponsel anda. Notifikasi Google Text To Speech pada Ponsel Miui/Xiaomi Redmi akan segera hilang setelah anda memperbarui bahasa yang diperlukan.

Alternatif Menghilangkan Notifikasi Google Text To Speech tanpa memperbarui Bahasa

Langkah ini adalah alternatif yang saya gunakan untuk menghilangkan notifikasi Google Text To Speech, namun tetap saja anda harus terhubung ke jaringan wifi, untuk prakteknya anda bisa pinjam wifi tetangga, ponsel saudara atau ponsel teman anda.

Pada tutorial ini saya menggunakan Miui Versi 8.2.5.0, selain Miui versi ini anda dapat menyesuaikan letak menu jika ada perbedaan dalam tutorial ini.

Langkah Pertama Yang Harus Anda Lakukan

1. Masuklah pada menu Setelan, lalu cari menu Sistem dan Perangkat, kemudian pilih menu Setelah Tambahan.


2. Pilih Bahasa dan Masukan.

3. Scroll kebawah, pada menu Ucapan, pilih Keluaran-text-to-speech.

4. Tap Ikon Roda Gigi Mesin Google Text To Speech, terletak pada sebelah kanan menu.


5. Masuk ke Setelan untuk Mesin Text-to-speech.

6. Nonaktifkan Pembaruan suara otomatis, dan Nonaktifkan juga Pembaruan menggunakan Wifi saja.

7. Kembali ke Menu Mesin Google-text-to-speech, kemudian Pasang data suara dan pilih Bahasa Indonesia.

Sekarang coba hidupkan dan matikan koneksi data internet anda, apakah pesan sejenis Wanita dalam Bahasa Indonesia sudah hilang, jika sudah hilang, selamat anda tidak perlu lanjut ke langkah selanjutnya, namun jika belum, anda jangan berkecil hati, karena langkah selanjutnya tidak terlalu sulit dan 100% berhasil.

Langkah Kedua Yang Harus Anda Lakukan

Pada langkah ini, alternatif lainnya yaitu menghilangkan centang pada notifikasi pengaturan Mesin Text To Speech dan Menghapus Data Aplikasi. Selain menghapus data Aplikasi Mesin Text To Speech anda juga harus menghapus data Aplikasi Pengelola Unduhan punya sistem.

Berikut langkahnya:

1. Masuk Ke Setelan, pada Menu Setelan Aplikasi, pilih Aplikasi Terinstal.

2. Masuk Ke Tab Semua Aplikasi, cari Aplikasi Mesin Text To Speech.

3. Setelah ketemu, lakukan paksa berhenti kemudian hapus data aplikasi Mesin Text To Speech.


4. Cari juga Aplikasi Pengelola Unduhan, lakukan hal yang sama seperti aplikasi Mesin Text To Speech.

Aktifkan kemudian Nonaktifkan Koneksi data, jika notifikasi seperti Wanita dalam Bahasa Indonesia masih muncul juga, silahkan tahan Notifikasi Tersebut kemudian hilangkan centang pemberitahuan Aplikasi tersebut.

Jika centang pemberitahuan tidak dapat dihilangkan terpaksa anda harus punya modal untuk mengikuti panduan pada langkah yang terakhir.

Langkah Ketiga Yang Harus Anda Lakukan

Setelah anda mengikuti langkah pertama dan kedua namun belum juga berhasil, anda dapat mengikuti langkah terakhir ini namun harus ada modal hotspot dari perangkat lain.

1. Pertama, aktifkan koneksi wifi anda, hubungkan ke jaringan hotspot manapun yang aktif.

2. Jika anda sudah terhubung ke jaringan wifi, dan mendapati pesan Wanita dalam Bahasa Indonesia sedang mengunduh, silahkan langsung nonaktifkan wifi anda setelah unduhan berjalan beberapa detik.

3. Masuk kembali ke Menu Setelan Aplikasi Terinstal.

4. Cari Aplikasi Pengelola Unduhan dan Aplikasi Mesin Text To Speech.

5. Hapus data Kedua Aplikasi Tersebut.

Pada Langkah yang terakhir, saya jamin berhasil 100% karena sudah saya coba berdasarkan pengalam pribadi saya, dan tutorial ini sebenarnya adalah dokumentasi saya yang telah saya bagikan kepada publik.

Meskipun pada langkah ketiga ini saya jamin berhasil dan Notifikasi Wanita dalam Bahasa Indonesia tidak lagi muncul, namun anda tetap harus mengikuti langkah pertama yang saya tulis, gunanya adalah untuk menonaktifkan pembaruan bahasa Google Text To Speech secara otomatis.

Demikian semoga tutorial ini dapat membantu anda, terutama bagi pengguna baru xiaomi redmi/miui.

Artikel Terkait

4 komentar

Aplikasi pengelola ini yg Mana ya kak ?

Aplikasi Pengelola Unduhan yang tugasnya menampung semua unduhan.

Oke cara di atas bener banget, makasih broo

Maksih sekali bro.. hampir semua stress saya liat notifikasinya nggk hilang hilang di miui saya.. thank's

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon