19/08/17

Cara Menambahkan Pertanyaan Keamanan pada Grup Facebook

Perasaan baru pertama kali ini saya bergabung dengan suatu grup facebook kemudian saya dimintai pertanyaan keamanan sebelum bergabung, sebenarnya saya sempat berfikir fitur apakah ini? Maklum saya hanya seorang pemula didunia maya, jadi saya tidak tahu banyak tentang hal ini hehe.

Setelah saya mencari kesana kemari, ternyata fitur pertanyaan kemanan pada grup facebook memang sudah ada sejak lama, hanya saja saya kurang aktif bergabung dengan grup-grup baru difacebook, dan sering nongkrong di grup facebook tetap, seperti Grup Xiaomi Redmi, Lenovo, dan Evercoss.

Karena saya mempunyai ponsel itu dan ingin tahu bagaimana perkembangan ponsel yang saya pakai, apakah ada fitur terbaru seperti pembaruan aplikasi sistem, update os versi terbaru, atau yang lain. Jadi saya pantau terus perkembangan grup setiap saat, dan sebenarnya ada satu grup lagi yang setiap harinya saya aktif didalamnya, yaitu grup tentang belajar bisnis.

Meskipun saya aktif didalam grup saya lebih suka menjadi silent reader atau lebih suka menyimak daripada banyak bertanya, karena memang itulah jati diri saya hehe.

Oke, lanjut pada pembahasan, mungkin anda juga pengen mempunyai grup seperti itu, dimana anda bisa mengajukan pertanyaan kepada member baru yang ingin bergabung. Cara ini juga dapat memfilter siapa yang pantas masuk dan siapa yang tidak pantas masuk ke grup, andalah yang menentukannya nanti.

Kalau anda perhatikan mungkin postingan ini basi, karena ini sudah lama dibahas dan beberapa orang sudah membahasnya dan dapat kita temukan di pencarian google pada tahun-tahun lalu, tapi tidak ada salahnya saya berbagi kembali dengan gaya bahasa saya sendiri, siapa tahu bermanfaat.

Anda harus menjadi Admin di Grup Facebook

Tidak semua orang dapat mensetting grup dengan sesuka hati, mulai dari mengganti nama, mengubah deskripsi grup, mengelola file grup, dan mengubah fitur kemanan grup, kecuali pada admin grup itu sendiri, jadi kalau anda bukan admin suatu grup berarti anda tidak bisa mensetting grup tersebut.

Admin grup adalah orang yang biasa membuat grup atau orang yang diundang kedalam pengurusan grup, jika anda mempunyai suatu komunitas tertentu dan anda adalah kepala dari komunitas tersebut semisal anda adalah kunci masternya, anda bisa mengajukan kepada admin grup untuk menjadi pengurus baru, tapi khusus bagi yang kenal admin itu ya.

Kalau anda tidak kenal dengan adminnya kemungkinan anda dikira ingin berbuat sesuatu, semisal ingin hack grupnya, padahal anda tidak mempunyai niatan seperti itu bukan.

Fungsi pertanyaan keamanan dalam Grup Facebook

Tentunya anda sudah tahu sendiri apa fungsi pertanyaan keamanan seperti ini, kalau saya pikir-pikir pertanyaan yang dilontarkan pasti mempunyai misi dan visi yang jelas, yaitu menciptakan sesuatu yang relevansi terhadap postingan dan suasana didalam grup tersebut.

Semisal pertanyaan keamanan yang dilontarkan grup adalah "apakah anda memiliki xiaomi?" berarti tujuan pertanyaan itu adalah untuk menciptakan postingan yang relevan dengan judul grup. Admin grup berhak menerima atau menolak member baru yang ingin bergabung jika pertanyaannya dijawab dengan "tidak punya".

Jadi, kesimpulan dari fungsi pertanyaan kemanan grup ini adalah untuk meminimalisir adanya member baru yang bertanya diluar topik, biasanya hal ini sering dijumpai semisal ada grup yang membahas tentang Xiaomi malah ada member baru yang bertanya diluar ponsel xiaomi, jadi salah masuk kamar bukan?

Mengaktifkan Pertanyaan Keamanan didalam Grup Facebook

Agar suasana grup menjadi ramah dan relevan dengan topik yang dibahas, berikut saya bagikan tutorial cara mengaktifkan pertanyaan keamanan didalam grup facebook, bagi yang sudah tahu silahkan disimak saja ya.

1. Buka Facebook Versi Desktop menggunakan PC/Laptop, jika anda menggunakan perangkat seluler, silahkan ubah ke tampilan facebook versi desktop, untuk cara mengubahnya saya tidak membahasnya pada artikel ini.

2. Buka Grup yang ingin diberikan pertanyaan keamanan, atau anda dapat membuat grup baru untuk menguji pertanyaan yang ingin anda ajukan.

3. Buka setelan pada grup anda atau pilih sunting grup.

sunting grup facebook pada desktop

4. Kemudian scrool kebawah sampai anda menemukan fitur permintaan keanggotaan, dibawahnya silahkan pilih ajukan pertanyaan.

memilih menu ajukan pertanyaan bergabung

5. Isi pertanyaan anda 1 sampai maksimal 3 pertanyaan berbeda, setelah selesai pilih simpan.

ajukan pertanyaan bergabung dengan grup fb

Pertanyaan anda nantinya akan diajukan untuk para member baru yang ingin bergabung dengan grup anda, jika anda ingin mengujinya silahkan buka akun facebook anda yang lain kemudian pilih bergabung dengan grup.

Bagi yang sudah tahu silahkan disimak saja ya, karena saya hanya ingin berbagi kepada yang belum tahu, karena saya sendiri pun juga baru pertama kalinya melihat ini, padahal sudah bertahun-tahun bermain facebook, hehe.

Mungkin cukup sekian dari artikel saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca, khususnya untuk para pemula yang sedang belajar menggunakan internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon