07/08/17

Cara Menggunakan Kunci Sidik Jari pada Ponsel Miui

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara menggunakan layar kunci sidik jari pada ponsel Xiaomi Redmi Note 4, terutama ditujukan bagi pemula yang baru menggunakan Ponsel Xiaomi Redmi Note 4. Karena ini merupakan fitur terbaru dari Miui, kemungkinan masih banyak yang belum tahu cara menggunakan layar penguncian seperti ini.

Salah satu dari pembaca mungkin berpikir seperti ini, jika suatu saat jari kita terkena noda yang sulit dihilangkan, bagaimana kita bisa membuka layar kunci ponsel anda, sedangkan jari kita tidak dapat terdeteksi oleh layar penguncian sidik jari?

Sebenarnya saat kita mengaktifkan layar kunci sidik jari, kita sudah diberikan 2 fitur untuk membuka layar kunci, pertama layar kunci yang sudah kita atur dari awal semisal PIN atau Pola, deteksi membuka dengan sidik jari, jika kita ingin mengaktifkan ponsel, kita cukup pilih salah satu saja fitur untuk membuka layar kunci.

Jadi semisal jari kita terkena noda, kita cukup membuka ponsel kita dengan cara alternatif, yaitu menggunakan Pola atau PIN yang sudah kita atur dari awal. Namun jika anda bisa membuka layar dengan sidik jari, anda tidak perlu membuka kunci ponsel anda lagi dengan pola, menarik bukan?

Fitur ini sudah saya temukan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 4 dengan versi Miui 8, selain Xiaomi Redmi Note 4 silahkan disesuaikan jika ada tata letak menu yang berbeda dengan tutorial ini.

Berikut, perhatikan hal ini sebelum anda mengikuti tutorial jika ponsel anda selain dari Xiaomi Redmi 4 versi Miui 8 atau diatasnya.

Mengecek Ponsel, Apakah Sudah Mendukung Sidik Jari

Silahkan cek bagian belakang ponsel anda, apakah ada lingkaran kecil khusus untuk tempat sidik jari, tepatnya berada dibawah kamera, jika tidak ada apapun berarti ponsel anda belum mendukung penguncian sidik jari.


Jika terdapat lingkaran kecil dibelakang kamera, berarti ponsel anda sudah support sidik jari, silahkan aktifkan sidik jari melalui Setelan Ponsel Anda.

Untuk Panduan Menggunakan Sidik Jari ini, saya hanya memfokuskan untuk Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 saja, untuk ponsel lainnya yang sudah mendukung sidik jari silahkan sesuaikan tata letak menunya jika terdapat perbedaan pada Xiaomi Redmi Note 4.

Cara Menggunakan Sidik Jari Pada Ponsel Xiaomi Redmi Note 4

Penguncian sidik jari dapat berfungsi sebagai pengucian layar utama, penguncian aplikasi, dan penguncian privasi.

# Menggunakan Sidik Jari untuk Penguncian Layar Utama

1. Pastikan anda sudah menambahkan layar penguncian utama, semisal PIN, Password, dan Pola, jika belum silahkan atur pada Setelan.

2. Masuk ke Setelan, lalu masuk lagi ke Menu Kunci Layar dan Sidik jari, kemudian pilih Tambah Sidik Jari.


3. Jika anda belum menambahkan layar kunci utama, anda akan dialihkan ke 3 pilihan untuk membuat layar kunci utama, yaitu Pola, Sandi, dan PIN.


4. Jika sudah, silahkan arahkan jari anda ke lingkaran tempat sidik jari anda, angkat tangan anda setelah anda merasakan getaran, ulangi dan angkat jari anda berkali-kali hingga muncul Pesan Sidik Jari Berhasil Ditambahkan.

5. Ubah Nama Sidik Jari dengan Nama anda, semisal nama saya adalah Indra Novian, atau ubah sesuai dengan keinginan anda, lalu ketuk Selesai.

6. Jika ingin menambahkan sidik jari yang lain, silahkan ketuk Tambah Sidik Jari, lalu ulangi langkah keempat hingga muncul pesan sidik jari berhasil ditambahkan, anda dapat menambahkan maksimal 5 sidik jari yang berbeda.

Jika sudah selesai mengatur penguncian dengan sidik jari, silahkan matikan ponsel anda, lalu arahkan jari anda ke lingkaran belakang layar untuk mengetes penguncian sidik jari anda.

Jika sudah berfungsi dengan baik, berarti anda tidak perlu lagi menghidupkan layar atau membuka penguncian layar menggunakan tombol power, karena jika menggunakan sidik jari, ponsel anda akan menyala dan membuka layar kunci secara otomatis.

# Menggunakan Sidik Jari untuk Penguncian Aplikasi Tertentu

Khusus bagi anda yang sering meminjamkan ponsel ke teman, apalagi yang sering dijaili oleh teman sebaya, semisal teman anda secara diam-diam membuka akun sosmed di ponsel anda kemudian ia memperbarui status atas nama anda. Padahal jika anda tahu ini pasti rasanya malu bukan, hehe.

Pasalnya ini merupakan pengalaman saya sendiri sewaktu saya belum menggunakan fitur penguncian aplikasi dengan sidik jari. Jadi setelah saya membuka penguncian utama pada ponsel, teman saya dapat bebas menjelajahi ponsel saya dengan sesuka hatinya.

Mungkin ia bisa saja ia menghilangkan jejak dengan cara menghapus recent app, sehingga anda tidak tahu sepenuhnya mengenai aktivitas teman anda. Jika anda tidak ingin itu terjadi, silahkan atur penguncian aplikasi dengan sidik jari.

Penguncian ini akan bekerja walaupun setelah anda membuka layar kunci ponsel yang utama, hanya aplikasi tertentu yang akan terkunci dengan sidik jari, kecuali yang tidak anda proteksi.

1. Untuk Menggunakan Penguncian Aplikasi Menggunakan Sidik Jari, silahkan masuk ke Setelan Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 Anda.

2. Masuk ke Menu Kunci Layar dan Sidik Jari.

3. Pilih Kelola Sidik Jari, kemudian konfirmasi pola anda.

4. Terapkan Sidik Jari untuk Kunci Aplikasi.

5. Selanjutnya kembali ke menu Setelan, kemudian masuk ke Menu Kunci Aplikasi.

6. Jika ada peringatan "anda dapat mengunakan sidik jari dengan aplikasi" dan sebagainya, pilih saja kemudian pindai sidik jari anda dengan mengarahkan jari anda ke lingkaran sidik jari belakang layar.


7. Jika sudah ada pesan, sidik jari sudah diverifikasi berarti anda sudah berhasil, silahkan pilih aplikasi yang ingin anda kunci dengan sidik jari.

Jadi meskipun anda membukakan penguncian layar untuk teman anda, ia tidak akan bisa membuka aplikasi yang telah anda proteksi tanpa seizin anda, karena sudah anda sudah menguncinya dengan sidik jari.

# Menggunakan Sidik Jari untuk Perlindungan Privasi

Perlindungan privasi yang saya dimaksud disini dapat menyangkut aplikasi perpesanan, kontak, berkas, dan sebagainya, perlindungan ini akan secara otomatis diaktifkan setelah anda memilih penguncian sandi perlindungan privasi.

Anda tidak perlu memilih aplikasi mana yang akan anda proteksi, tidak sama seperti Kunci Aplikasi, karena setting ini sudah ada dari bawaannya.

1. Untuk mengaktifkan Sandi Perlindungan Privasi, silahkan masuk ke Setelan

2. Kemudian Masuk lagi ke Menu Kunci Layar dan Sidik Jari, dan pilih kelola sidik jari.

3. Terapkan sidik jari untuk sandi privasi.

4. Kembali lagi ke menu sebelumnya yaitu menu Kunci Layar dan Sidik Jari, kemudian pilih Sandi Perlindungan Privasi.

5. Pindai Sidik Jari anda pada lingkaran kecil belakang ponsel anda.

6. Jika sudah selesai, akan muncul pesan bahwa sidik jari telah diverifikasi.

Pada tutorial diatas, saya sarankan anda menambahkan minimal dua sampai lima sidik jari kedalam penguncian anda, karena jika satu sidik jari tidak berfungsi, anda dapat menggunakan sidik jari lainnya.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir, karena anda masih mempunyai satu sidik jari lagi, atau anda juga dapat menggunakan Pola, PIN, dan Sandi.

Mungkin cukup sekian dari artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon