18/08/17

Cara Mengubah URL Khusus untuk Channel Youtube

Mungkin sebuah kebanggan tersendiri ketika anda berhasil mengklaim url khusus untuk channel anda saat ini, karena dengan mengubah url khusus, anda dapat membuktikan bahwa anda memang serius mengelola channel youtube anda sampai memiliki banyak penggemar.

Kalau kita lihat-lihat channel yang sudah besar dan populer, pasti mereka sudah mengatur url khusus untuk channelnya untuk memudahkan penggemarnya dalam menemukan channelnya. Jika tidak mengatur url khusus, tentunya akan menyulitkan penggemarnya dalam menemukan channel favoritnya.

Karena sebelum mengubah url khusus, url yang terlihat pada address bar berupa url yang ribet dan tidak bisa diingat oleh pengguna contohnya seperti ini:

www.youtube.com/c/abcdefghijklmn

Berbeda setelah channel mengklaim url khusus, ia akan terlihat lebih profesional dan lebih mudah ditemukan bahkan tanpa harus mengetik nama channel pada hasil pencarian, cukup dengan mengetik pada address bar:

www.youtube.com/c/namachannel

Otomatis langsung masuk ke channel tujuan, jadi url ini sifatnya membantu penggemar dalam mengingat channel url channel anda.

Mendapatkan Url Khusus Untuk Channel Youtube

Sebenarnya pihak youtube akan memilih secara manual, channel mana yang berhak mendapatkan url khusus, jadi tidak sembarangan channel bisa mendapatkan klaim url khusus kecuali dengan mengikuti syarat-syarat yang tertera pada Bantuan Youtube.

Berikut syarat-syaratnya:

  • Memiliki 100 subscriber atau lebih.
  • Berusia setidaknya 30 hari.
  • Telah mengupload foto untuk ikon channel.
  • Telah mengupload header channel.


Diatas merupakan syarat-syarat yang saya baca langsung dari sumbernya, jika anda ingin membaca sumbernya langsung, silahkan kunjungi Bantuan Youtube.

Channel yang tidak memenuhi syarat diatas tidak bisa dipastikan mendapatkan url khusus, kecuali sudah ada kesepakatan dari Tim Youtube itu sendiri.

Dan menurut yang saya baca Url Khusus hanya tersedia untuk satu akun dan satu produk google, maksudnya adalah jika anda telah mengklaim url khusus pada Channel Youtube maka anda tidak bisa mengklaim url khusus pada profil Google Plus begitupun sebaliknya.

Tapi, alangkah baiknya jika anda mengklaim untuk Channel Youtube anda saja, karena untuk mempromosikan bisnis anda lewat channel youtube, anda harus merelakan url untuk profil google plus pribadi anda untuk channel brand anda.

Mengecek dan Mengatur Apakah Channel Sudah Bisa Mengklaim Url Khusus

Tim Youtube tidak akan memberitahu anda apakah channel anda sudah berhak mendapatkan url khusus atau belum, karena url khusus sifatnya sangat terbatas jadi anda harus mengeceknya secara manual dan memperebutkannya secara langsung agar url khusus bagian anda tidak digunakan oleh channel milik orang lain.

Karena anda akan rugi jika url khusus anda digunakan oleh orang lain, sehingga anda tidak mempunyai kesempatan mempromosikan brand anda dengan url channel yang pendek dan mudah diingat pengguna.

Berikut silahkan cek kedalam akun youtube anda untuk mengklaim Url Khusus pada channel.

1. Langkah yang harus anda lakukan, silahkan masuk kedalam tampilan Youtube versi desktop, jika anda menggunakan Youtube versi seluler pada perangkat android, silahkan buka menu titik disebelah kanan atas kemudian pilih Desktop, otomatis tampilan Youtube anda akan dialihkan ke tampilan desktop.

mengubah tampilan desktop

Seperti ini kira-kira tampilannya jika anda masuk ke Youtube versi desktop pada perangkat seluler.

tampilan youtube saat masuk ke tampilan desktop

2. Selanjutnya silahkan buka menu drawer Youtube, kemudian pilih menu Channel Saya untuk masuk kedalam channel anda.


3. Setelah anda masuk kedalam channel anda, pilih menu pengelola video yang berada pada atas header channel anda.

4. Buka Menu Channel, kemudian masuk ke status dan fitur, disini silahkan cari kotak fitur url khusus. Anda dapat menemukan kotak url khusus sebelah kotak fitur superchat.

5. Jika channel anda memenuhi syarat, anda akan melihat pesan bahwa channel anda layak mendapatkan url khusus, namun jika channel anda belum memenuhi syarat, anda tidak dapat mengklaim url dan anda mendapatkan pesan tidak layak.

6. Untuk mengubah url khusus untuk channel anda, silahkan masuk ke menu klaim url pada kotak fitur url khusus.

7. Ubah Url Khusus anda sesuai dengan nama channel anda, agar url channel anda dapat dengan mudah diingat pengguna, setelah selesai silahkan centang untuk menyetujui persyaratan url khusus kemudian pilih Ubah Url.


Selamat, url kustom untuk channel anda sudah berubah, kini anda dapat memberikan url yang singkat untuk mempromosikan channel anda.

Namun perlu diingat kembali, karena anda sudah menyetujui syarat penggunaan url khusus jadi anda harus mematuhi pedoman komunitas seperti yang sudah tercantum, agar nantinya tidak mengotori reputasi channel anda.

Mudah bukan caranya? jadi segera cek channel anda apakah sudah menenuhi syarat url khusus sebelum url anda diklaim oleh orang lain, karena kedepannya anda dapat menggunakan url ini untuk mempromosikan bisnis anda sendiri di Channel Youtube.

Demikian semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semua pembaca, salam sukses.

Artikel Terkait

2 komentar

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon