13/08/17

Cara Menggunakan Kabel USB OTG pada Android

Halo sobat semua, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu, kali ini saya ingin berbagi Cara Menggunakan USB OTG pada Android, sebenarnya apa sih USB OTG itu? USB OTG adalah sebuah alat penghubung antara perangkat USB dengan Perangkat Android, jadi jika semisal anda ingin menghubungkan Perangkat USB seperti Mouse, Keyboard, dan Flashdisk dapat menggunakan bantuan dari kabel USB OTG.


Sayangnya tidak semua perangkat android support dengan kabel usb otg, jadi hanya perangkat tertentu saja yang dapat menggunakan kabel ini, kebanyakannya adalah ponsel-ponsel berkelas yang harganya diatas dua jutaan, kalau kita pikir-pikir mungkin lebih baik membeli Laptop/PC daripada membeli ponsel mahal-mahal untuk kabel OTG.

Kalau anda sudah mempunyai Ponsel yang sudah support OTG, anda tinggal membeli kabel OTG untuk penghubungnya, sebagai contoh pada tutorial ini saya ingin mengubungkan USB OTG dengan Flashdisk, untuk menghubungkan keyboard dan mouse tidak perlu dibuat tutorial karena bisa langsung connect tanpa ribet.

Menghubungkan Kabel USB OTG dengan Flashdisk

Colokkan terlebih dahulu kabel usb otg dengan flashdisk anda sampai ada peringatan bahwa driver usb general telah terhubung ke perangkat anda seperti ini.


Pastikan ada notifkasi seperti ini, jika tidak ada kemungkinan anda kurang menancapkan usb otg atau memang ada yang salah dengan kabel usb otg anda.

Sekarang, kita coba baca file-file yang terdapat pada flashdisk, caranya buka file manager bawaan anda, akan ada pesan usb telah terhubung, kemudian buka menu USB seperti ini.


Setelah anda masuk ke penyimpanan USB, kini anda dapat mengelola keseluruhan file didalam penyimpanan USB.

Tapi jika anda menemui masalah seperti tidak dapat membaca isi file didalam usb atau mengelola isi file didalam usb, sebagai gantinya anda dapat menggunaan file manager lain yang support usb, seperti explorer atau file manager asus.

Peringatan, setelah anda selesai menggunakan usb flashdisk dan ingin mencabutnya, sebaiknya jangan dicabut terlebih dahulu sebelum anda memilih menu keluarkan usb yang terdapat pada notifikasi. Mengapa demikian? karena untuk mengantisipasi kerusakan usb dan kehilangan seluruh data pada flashdisk jika anda langsung mencabut flashdisk secara langsung.

Menghubungkan Kabel USB OTG dengan Keyboard USB

Untuk menghubungkan keyboard dengan perangkat android, silahkan langsung sambungkan kabel otg pada usb keyboard, setelah anda mencolokkan usb otg dengan keyboard, otomatis ponsel anda langsung terhubung dengan keyboard. Jadi anda dapat langsung mengetik menggunakan keyboard usb meskipun ada keyboard yang muncul pada layar.

Ini pernah saya coba dan ternyata berhasil saya lakukan pada ponsel android Xiaomi Redmi Note 4 saya, alhasil saya dapat mengetik lancar tanpa harus melihat layar ponsel saya hehe.

Menghubungkan Kabel USB OTG dengan Mouse USB

Ini juga pernah saya coba dan ternyata berhasil, alhasil muncul sebuah pointer mouse pada layar android saya seperti pada Desktop. Namun saya menggunakan Mouse pada Android hanyalah untuk sekedar uji coba dan penasaran apakah bisa mouse usb dihubungkan dengan ponsel android melalui USB OTG.

Untuk menggunakan mouse pada android anda dapat menggunakan klik kiri untuk memilih dan klik kanan ketika ingin kembali ke menu.

Bagaimana cara kembali ke homescreen menggunakan usb mouse?

Karena mouse hanya menyediakan dua tombol saja, jadi tidak ada cara untuk kembali langsung ke homescreen menggunakan mouse, cara alternatif sesuai uji coba saya adalah dengan menekan klik kanan pada mouse sampai kita kembali ke homescreen.

Ingin berekperimen menggunakan USB OTG?

Kalau anda perhatikan, mungkin anda pernah perpikir, anda hanya dapat menggunakan satu perangkat usb untuk dihubungkan ke OTG dalam satu android. Padahal sebenarnya anda bisa menghubungkan beberapa perangkat usb dalam satu android.

Caranya adalah dengan membeli kabel USB Cabang beserta Kabel OTGnya saat anda mampir ke tempat service komputer.

USB Cabang adalah kabel USB yang mempunyai beberapa cabang yang nantinya anda dapat mengubungkan cabangnya untuk beberapa perangkat usb, jadi anda dapat menghubungkan flashdisk, mouse, dan keyboard dalam satu perangkat android hehe.

Experimen menggunakan USB OTG untuk selanjutnya adalah menggunakan Launcher Windows beserta File Explorer Windows, namun ini hanya saya sarankan untuk perangkat tablet android yang support otg saja.

Jika ponsel tablet anda diexperimenkan seperti ini, beserta mouse dan keyboard usb, kemungkinan ponsel anda terlihat seperti laptop sungguhan padahal sebenarnya tidak, silahkan jika anda mencobanya.

Satu lagi, anda tidak dapat menghubungkan Harddisk External dengan Perangkat Android Melalui OTG

Karena ini juga pernah ditanyakan maka saya jawab tidak bisa, seperti yang kita ketahui, harddisk external adalah perangkat keras yang mempunyai kabel penghubung tertentu yang hanya dapat digunakan langsung pada colokkan USB Komputer/Laptop.

Jadi anda tidak dapat menghubungkan Harddisk pada perangkat android, selain itu, anda juga tidak dapat menghubungkan harddisk external pada USB Cabang, karena kabel penghubung USB Cabang mempunyai perbedaan dengan colokan USB langsung pada Komputer/PC.

Mungkin cukup sekian dari tutorial saya kali ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon