05/09/17

Cara Mendaftar dan Membeli Barang melalui Situs Bukalapak

Setelah sekian lama saya tidak posting, kali ini saya akan membagikan postingan cara mendaftar dan berbelanja melalui bukalapak, anda sudah tahu bukalapak? bagi yang belum tahu atau masih pemula, bukalapak adalah salah satu situs terpercaya di indonesia dalam melayani jual beli online menggunakan sistem transaksi rekening bersama.

Menggunakan sistem ini, tentunya semua pengguna bukalapak bebas dari penipuan, karena sistem transaksi ini melibatkan pihak bukalapak secara langsung, sehingga semua pengguna bukalapak merasa aman dari penipuan.

Untuk yang belum tahu apa itu rekening bersama, disini saya akan menjelaskannya, bagi yang sudah tahu silahkan disimak saja ya. Sistem Transaksi Rekening bersama adalah sistem yang melibatkan pihak ketiga untuk bertransaksi dimana anda sebagai pembeli harus mentransfer sejumlah uang pembayaran kepada pihak ketiga sebelum uang itu sampai ke tangan penjual.

Setelah pihak ketiga menerima uang dari pembeli, pihak ketiga akan mengonfirmasikan kepada pihak penjual bahwa pembeli sudah mentransfer sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan pembeli dan penjual. Setelah itu barang akan dikirimkan kepada penjual melalui jasa kurir Pos Indonesia, JNE, Tiki, atau jasa kurir lainnya.

Kemudian pihak penjual akan mengirimkan bukti pengiriman kepada pihak ketiga dan pihak ketiga akan mengonfirmasikan kepada pembeli bahwa barang sudah dikirimkan, setelah pembeli menerima barang sesuai yang dipesan maka pihak ketiga akan mentransfer sejumlah uang milik pembeli kepada pihak penjual.

Sistem seperti itulah yang digunakan oleh berbagai toko online di Indonesia untuk menghindari penipuan online.

Lantas bukalapak menerima keuntungan dari mana?

Disamping membantu transaksi antara penjual dan pembeli, bukalapak juga menyediakan fitur promosi dan fitur premium untuk akun pelapak, fitur ini sangat bermanfaat bagi pelapak untuk meningkatkan penjualan dan mempromosikan penjualan milik pelapak. Namun karena fitur ini lisensinya premium, tentunya fitur ini berbayar, dan anda akan dikenakan biaya berlangganan fitur ini.

Fitur premium sebenarnya tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat oleh pelapak, karena akun milik pelapak akan dipromosikan oleh pihak bukalapak, sehingga penjualannya meningkat hingga 3 kali lipat, dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat oleh pihak bukalapak.

Untuk anda yang ingin berbelanja melalui bukalapak silahkan anda mendaftar akun bukalapak terlebih dahulu.

Cara Mendaftar Akun Baru di Bukalapak

Tulisan ini hanya dikhususkan untuk pengguna android, bagi anda yang menggunakan perangkat desktop/pc silahkan sesuaikan sendiri.

1. Buka Situs Bukalapak dan silahkan unduh juga Aplikasi Bukalapak melalui Google Playstore.

2. Setelah anda menginstal bukalapak, silahkan anda pilih Daftar Akun.


3. Masukkan data-data untuk pendaftaran antara lain, email, jenis kelamin, username, dan password, kemudian klik Daftar.


4. Konfirmasikan Email pendaftaran kamu, caranya masuk ke profil kemudian klik verifikasi pada menu verifikasi email.


5. Buka email kamu, cari email dari Bukalapak kemudian pilih konfirmasi email.


6. Selanjutnya tambahkan nomor telepon kamu di menu profil, penting silahkan tambahkan nomor telepon anda yang aktif atau yang anda gunakan saat ini, karena akan digunakan untuk konfirmasi saat anda membeli barang dan menerima transaksi dari Bukalapak.

7. Masukkan kode verifikasi yang kamu terima, kemudian konfirmasikan nomor telepon kamu.

8. Sekarang anda sudah resmi terdaftar menjadi member bukalapak dan dapat menjual barang atau membeli barang dari pelapak lain.

Cara Berbelanja di Bukapalak

Setelah anda terdaftar sebagai member bukalapak, sekarang anda bisa berbelanja melalui bukalapak.

1. Masuk ke Tab Home, kemudian pilih Cari barang yang ingin anda beli, gunakan fitur filter pencarian di Aplikasi bukalapak untuk mencari barang dengan harga yang sesuai dengan selera anda.


2. Kemudian pilih barang yang ditampilkan dari hasil pencarian anda.

3. Pilih Menu Beli untuk membeli barang pilihan anda.

4. Pilih metode pembayaran anda, anda bisa menggunakan metode BukaDompet, Transfer Bank, Indomaret, Alfamaft dan metode lain yang anda inginkan untuk mentransfer pembayaran.

5. Kemudian bayarkan pesanan anda sesuai dengan metode pembayaran yang anda pilih.

6. Setelah anda mengirimkan pembayaran status pembayaran akan berubah menjadi dibayar dan silahkan tunggu hingga pelapak mengirimkan barang pesanan anda, pantau terus menu transaksi anda.


7. Setelah barang dikirim, anda akan mendapatkan notifikasi dari Bukalapak berupa nomor resi pengiriman.

8. Setelah anda menerima barang silahkan tekan konfirmasi penerimaan melalui email (tekan hanya ketika barang sudah sampai di tangan anda).

Lamanya Proses Pengiriman Barang dari Bukalapak

Untuk proses pengiriman barang pesanan anda, tergantung dari kota pelapak dan paket pengiriman kurir yang anda pilih, serta juga bergantung dari layanan pihak pelapak, jika pelapak tidak segera mengirimkan barang anda, saldo anda akan dikembalikan 100% oleh Pihak Bukalapak ke BukaDompet kamu, dan silahkan cari barang lainnya di pelapak lain.

Selain berbelanja barang di Bukalapak, anda juga bisa berbelanja seperti Tiket Kereta, Pulsa Listrik, Pulsa Telepon, dan Paket data.

Untuk memudahkan transaksi anda ketika berbelanja dari Bukalapak, terutama bagi yang sering berbelanja, silahkan isi saldo buka dompet anda sebagai metode pembayaran kedepannya.

Sehingga anda hanya perlu membayar menggunakan saldo BukaDompet ketika membeli barang lain di Bukalapak.

Penutup

Karena pengguna internet selalu meningkat tajam dari tahun ke tahun, hal ini ternyata membawa banyak manfaat, salah satunya dalam hal jual beli online, karena banyak sekali situs bertebaran di Internet situs jual beli online terpercaya.

Namun meskipun banyak situs terpercaya, pastikan anda selalu waspada dalam hal jual beli online, agar anda tidak mengalami kerugian karena pihak lain.

Demikian semoga postingan saya kali ini bermanfaat, semoga dapat memudahkan anda dalam bertransakasi online, terutama untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon