23/09/17

Cara Mengatur Privasi Status Whatsapp untuk Kontak Tertentu

Sosial media seperti Whatsapp bagi saya merupakan sosial media yang paling membantu dan paling mudah digunakan, karena tampilannya simpel dan tidak banyak neko-neko, ditambah lagi whatsapp tidak menaruh satu iklan pun didalam layanannya, hal ini lah yang sangat saya sukai dari whatsapp.

Saya sangat tidak suka dengan sosial media yang menaruh berbagai macam iklan yang mengganggu, apalagi iklannya sampai mengganggu penggunanya, kecuali jika iklannya biasa saja dan tidak terlalu mengganggu mungkin saya bisa memaklumi, dan saya merasa senang karena sebagai pengguna kita merasa diutamakan oleh pihak penyedia layanan.

Selain layanannya yang sangat mudah digunakan, whatsapp telah menambahkan satu fitur lagi didalamnya yaitu fitur Status seperti status BBM, Line, maupun Facebook, tetapi berbeda dengan status sosial media pada umumnya, Status yang dishare melalui whatsapp akan hilang dalam waktu 24 jam kedepan untuk satu kali status.

Dan yang paling menarik adalah jika anda membuat lebih dari 1 status dalam waktu 24 jam, status anda akan digabungkan menjadi satu status bersamaan dengan status anda sebelumnya yang masih ada. Tidak seperti sosial media lainnya, status yang berada di Whatsapp akan terhapus permanen setelah 24 jam sehingga anda tidak perlu khawatir lagi menyangkut privasi anda di Whatsapp.


Siapa yang dapat Membaca Status Whatsapp Anda?

Semua orang yang menyimpan nomor telepon anda didalam buku telepon akan dapat membaca status whatsapp anda, karena orang yang menyimpan nomor telepon anda di Whatsapp sama saja seperti follower tersembunyi bagi anda. Berbeda dengan follower instagram, facebook, twitter, line, dan berbagai sosial media lainnya, anda akan diberitahu ketika ada pengguna lain yang memfollow akun anda.

Karena follower whatsapp sifatnya tersembunyi, mungkin hal inilah yang membuat kebanyakan pengguna whatsapp merasa risih jika statusnya dilihat oleh orang yang tidak dikenalnya.

Walaupun mereka hanya sekedar menyimpan nomor telepon anda dan kontaknya sinkron dengan akun Whatsapp maka secara otomatis mereka akan menerima pembaruan dari anda setiap kali anda membuat status terbaru.

Tetapi tergantung juga dengan privasi default akun whatsapp, jika anda tidak menyimpan nomor telepon mereka, maka mereka tidak diperbolehkan melihat status dari anda.

Cara Mengatur Privasi Pembaruan Status Anda di Whatsapp

Umumnya pihak penyedia layanan mungkin bisa menyembunyikan privasi anda, tetapi tetap saja anda yang harus mengontrol sepenuhnya siapa saja yang dapat melihat pembaruan anda.

Untuk mengatur privasi status anda di whatsapp silahkan:

  1. Buka Whatsapp anda
  2. Kemudian masuk ke Tab Status
  3. Kemudian buka menu disebelah kanan atas aplikasi (ikon tiga titik).
  4. Kemudian pilih menu Privasi Status.
  5. Sekarang silahkan atur siapa saja yang dapat melihat status terbaru anda di Whatsapp.

Ada 3 pilihan privasi yang dapat anda pilih antara lain:

Kontak saya (pengaturan default) - Status anda hanya dapat dilihat oleh kontak telepon anda, mereka juga harus menyimpan nomor telepon anda agar mereka juga dapat melihat pembaruan status anda.

Kontak saya kecuali ... -  Kontak yang anda pilih berarti kontak yang tidak akan dapat melihat pembaruan status dari anda.

Hanya dibagikan dengan ... - Kontak yang anda pilih adalah mereka yang akan melihat pembaruan status dari anda.

Perubahan yang anda terapkan saat ini hanya berlaku untuk status terbaru anda, untuk status lama yang sudah terlanjur anda kirimkan sebelumnya tidak akan terpengaruh dengan perubahan privasi ini.

Tetapi jika anda ingin melakukan perubahan privasi ke pengaturan sebelumnya silahkan ubah seperti cara diatas.

Ada banyak alasan mengapa anda perlu menyembunyikan pembaruan status whatsapp anda.

Anda tidak kenal dengan kontak itu

Siapa yang ingin privasinya diketahui oleh publik, pasti tidak ada bukan, nah disini pihak whatsapp juga tahu kebutuhan penggunanya oleh karena itu pengaturan default whatsapp adalah menyembunyikan semua status anda untuk orang yang tidak berada didalam buku telepon anda.

Anda tidak ingin kontak lain melihatnya

Ada sebagian pengguna yang pernah membuat status yang hanya ditujukan oleh orang-orang tertentu saja semisal pada pasangannya, sehingga mereka merasa malu jika statusnya dilihat oleh orang lain selain pasangannya sendiri.

Dan masih banyak lagi yang tidak saya sebutkan disini.

Intinya, privasi itu sangat penting dan harus dijaga, jangan sampai privasi yang anda sembunyikan dapat diketahui dengan mudahnya, kecuali dengan orang-orang tertentu yang memang layak melihat privasi kita.

Demikian semoga tulisan ini membantu bagi mereka yang membutuhkan.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon