09/10/17

Panduan Berbisnis Online untuk Pemula

Panduan berbisnis online - mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata 'bisnis online' bagi seorang internet marketer, namun bagi seorang pemula yang baru menggeluti dunia internet kata 'bisnis online' terdengar sangat asing.

Sebagian besar mereka bertanya-tanya

" Bisakah kita mendapatkan uang dari internet? "
" Siapa yang membayar kita jika berbisnis di internet? "

Jawabannya sebenarnya sangat simpel dan tergantung bagaimana cara kita berbisnis online, serta bisnis online apa yang kita jalankan.

Misalnya kita adalah seorang blogger, nah blogger itu bisa mempunyai berbagai macam bisnis di internet.

Bisnis online yang paling sering dijlankan oleh seorang blogger adalah bisnis pemasangan iklan di blognya, ada yang menyediakan ruang pemasangan iklan, ada juga yang bergabung dengan program periklanan, dan ada pula yang menjual jasanya sendiri.

Saat ini program periklanan di internet jumlahnya bisa mencapai ratusan atau ribuan bahkan lebih dari itu, salah satu program periklanan yang paling terkenal adalah Google Adsense.

Google Adsense merupakan Program Periklanan yang didirikan oleh Google, program periklanan ini merupakan program yang paling diminati oleh para blogger karena sudah terbukti membayar tinggi ke banyak publishernya.

Namun meskipun paling tinggi membayar, tetapi untuk bergabung menjadi Publisher Google memang bukanlah hal yang mudah, karena calon publishernya akan diseleksi terlebih dahulu oleh Tim Google, apakah mematuhi kebijakan Google atau tidak.

Biasanya pendaftaran Google Adsense membutuhkan waktu paling cepat 3 hari dan yang paling lama adalah dua bulan, itupun belum tentu diterima atau tidaknya. Ngenes bukan, sudah lama menunggu namun ternyata ditolak? Karena saya sudah pernah mengalami penolakan hingga berkali kali.

Sebenarnya masih banyak program periklanan yang lain selain Google Adsense, karena Adsense hanyalah salah satu dari ratusan program periklanan yang ada di Internet, kita bisa memilih program periklanan yang cocok untuk blog kita.


Bisnis Online itu Sangat Luas

Jangan fokus dengan satu bisnis online saja, karena make money online itu sangat luas.

Anda bisa berjualan produk sendiri melalui internet, baik produk fisik maupun produk digital. Penjualan bisa dilakukan melalui akun sosial media atau di website anda.

Nah, jika anda bingung bagaimana cara memulai bisnis online, berikut akan saya ajarkan:

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Langkah yang harus anda lakukan, carilah bisnis online yang menurut anda mudah dan tanpa modal, hanya untuk sekedar percobaan, karena ini merupakan bisnis online yang paling mudah dijalankan, bahkan untuk seorang gaptek sekalipun.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi android yang menawarkan Pulsa Gratis untuk semua operator, aplikasi ini bisa anda cari di Google Playstore. Silahkan download, dan jalankan sesuai dengan instruksi.

Salah satu Aplikasi Pulsa Gratis yang masih aktif adalah Money Locker,

Baca : Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Money Locker.

Dan berikut ini adalah beberapa aplikasi lainnya yang bisa anda manfaatkan:

  • Whaff Reward
  • Cashtree
  • Casheasy
  • Coinmonster
  • Cashpop
  • Popslide


Cukup modal koneksi internet saja anda sudah mempunyai peluang untuk menghasilkan uang atau pulsa gratis melalui aplikasi android.

Bagaimana cara mendapatkan pulsa gratis?

Silahkan jalankan misi-misi yang ada di aplikasi tersebut, mulai dari download aplikasi, baca berita, sampai mencari refferal (mengundang teman). Bagi saya yang paling menarik adalah mencari refferal, karena selama ini penghasilan terbesar saya dalam mengikuti program aplikasi pulsa gratis ini adalah dengan mengundang teman untuk dijadikan refferal.

Total yang saya dapatkan pun lumayan, mungkin jika diuangkan bisa buat beli satu ponsel baru hehe.

Jika anda sudah bisa menjalankan bisnis online tanpa modal seperti diatas maka anda bisa lanjut:

Menjalankan Bisnis Online Menggunakan Modal

Buatlah sebuah blog baru melalui layanan blog gratisan, saran saya blogger.com, karena blogger.com merupakan layanan blog milik Google.

Cara Membuat Blog

  1. Pergi ke blogger.com kemudian daftar menggunakan alamat gmail kalian.
  2. Jika anda baru pertama kali menggunakan blogger, maka akan ada pilihan dua profil yang muncul, Profil Blogger dan Profil Google+, silahkan pilih Profil Google+.
  3. Tentukan Topik Blog yang ingin anda buat, kemudian pilih Buat Blog Baru.
  4. Buatlah Nama Blog, Alamat blog, dan pilih Template untuk blog kamu.
  5. Setelah itu klik Buat Blog.


Setelah membuat blog, sekarang mulailah menulis sesuai dengan topik blog anda.

Disini anda jangan memikirkan uang dulu, tetapi pikirkan apa yang akan anda tulis, mengapa?

Karena jika anda berpikir bagaimana cara mendapatkan uang terlebih dahulu, pasti anda akan berhenti dalam kurun waktu satu minggu.

Fokuslah untuk menulis di blog sampai mendapatkan banyak pengunjung.

Jika sudah banyak postingan maka pengunjung akan datang dengan sendirinya, Jika sudah datang banyak pengunjung, disinilah langkah awal anda untuk mendapatkan penghasilan dari Blog.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog, berikut akan saya jelaskan sesuai dengan pengetahuan saya.

# Menyediakan Ruang Pemasangan Iklan

Sediakan slot untuk pemasangan iklan jika anda rasa pengunjung blog anda sudah banyak dan cocok untuk dipasangi iklan. Harga iklan tentunya bergantung dari Blog anda dan seberapa banyak pengunjung blog anda dalam sehari.

# Bergabung dengan Program Periklanan

Hampir sama seperti diatas, namun bedanya iklan ini akan disediakan langsung oleh penyedia layanan periklanannya langsung, disini anda hanya perlu memasang script iklan. Jadi anda tidak perlu sibuk mencari calon pemasang iklan, karena tugas anda hanya satu, menulis.

Namun program ini tentunya juga mempunyai kekurangan, dimana anda harus berbagi pendapatan dengan penyedia layanan iklan yang ada.

Berikut adalah daftar program periklanan yang membayar membernya:

  1. Google Adsense - Program PPC milik Google
  2. Yahoo Bing Network
  3. BidVertiser
  4. AdEngage
  5. PopCash
  6. PopAds
  7. Clicksor
  8. Chitika
  9. Media.net


Dan masih banyak lagi, silahkan pilih sesuai dengan minat anda.

# Menjual Produk Sendiri

Menjual produk sendiri merupakan peluang yang sangat bagus selain dari memasang iklan di blog, bayangkan jika produk anda seharga Rp100.000 per buahnya, dan setiap harinya rata-rata ada 4-5 orang pembeli maka berapa hasil yang anda dapatkan dalam sebulan? tentu banyak kan.

# Bergabung dengan Program Affiliasi

Pernah mendengar program affiliasi? program affiliasi adalah program dimana anda menuliskan sebuah artikel review mengenai website atau produk mereka lalu anda akan dibayar untuk artikel review yang anda terbitkan.

Artikel seperti ini biasanya menghasilkan 100rb-200rb per artikelnya, tergantung juga dari penawaran perusahaan yang bekerja sama dengan anda.

# Menjual Jasa Sendiri

Anda mempunyai ketrampilan menulis, desain, maupun coding? silahkan tawarkan jasa anda di blog anda sendiri, apalagi jika blog anda mempunyai ribuan pengunjung perharinya.

# Membuka Program Membership

Program Membership merupakan sebuah komunitas premium yang hanya diperuntukkan untuk member yang bersedia untuk membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan. Biasanya karena komunitas itu berisi sebuah materi penting, dan hanya diberikan kepada mereka yang mau membayar.

Anggaplah seperti sebuah kelas online, siapapun yang ingin masuk kelas untuk belajar harus membayar sejumlah uang tertentu.

# Menjual Blog Anda

Alternatif terakhir, jika anda tidak kunjung mendapatkan penghasilan maka anda bisa menjual blog anda kepada yang lebih membutuhkan.

Memang ada yang mau membeli blog saya?

Pasti ada kok, karena rata-rata pemula disana pasti menginginkan cara yang instan untuk mendapatkan uang dari blog, salah satunya yaitu dengan cara mengeluarkan modal untuk membeli blog yang sudah jadi, sehingga blog tersebut akan diteruskan oleh si pembelinya untuk digunakan sebagai bisnis.

Satu lagi, bagaimana jika saya tidak mampu membuat blog dan tidak pandai menulis? lalu bisnis apa lagi yang cocok untuk saya?

Jadilah Dropshipper

apa itu Dropship? Dropship adalah penjual barang online yang ditawarkan secara offline, dropship biasanya menawarkan barang-barang yang ada di Internet kemudian ditawarkan secara offline kepada orang terdekat.

Salah satu dropship yang bisa anda jalankan adalah menjadi Agen Buka Lapak, anda bisa menjual barang yang ada di bukalapak dengan cara mempromosikan kepada publik bahwa anda adalah Agen Buka Lapak.

Mereka dapat:

  1. Membeli Token Listrik
  2. Membeli Pulsa
  3. Membeli Peralatan Rumah Tangga
  4. Membeli Peralatan Elektronik
  5. Membeli Tiket Kereta


Melalui anda, anda dapat memesankan barang yang diinginkan pelanggan anda melalui Bukalapak kemudian anda menentukan sendiri berapa harga yang akan mereka bayar.

Misalnya,

Di Bukalapak, ada tiket seharga 100rb, anda bisa menjualnya menjadi 120rb, maka keuntungan anda adalah 20rb untuk satu orang pelanggan.

Bagaimana mudah bukan?

Bisnis Dropship ini sudah terbukti dan berhasil dijalankan oleh beberapa teman yang ada di forum online, penghasilannya pun lumayan, tidak kalah dari Gaji Kerja Utamanya.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat dan sedikit memotivasi anda untuk lebih giat dalam mencari receh di Internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon