17/10/17

Cara Mudah Mengunduh Data e-Statement BCA melalui Seluler

Bagi anda yang sering mengakses Internet Banking pada tampilan desktop mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu menu yang disembunyikan oleh Klik BCA pada tampilan seluler. Yaitu Akses ke e-Statement, Informasi Kartu Kredit, Status Transaksi, Histori Transaksi dan sebagainya, akses menu ini dihidden khusus tampilan seluler dan hanya bisa diakses pada tampilan desktop, akses menu ini ternyata lebih dibutuhkan oleh berbagai Nasabah untuk keperluan tertentu.

Salah satunya yaitu untuk keperluan KPR Rumah Bank, biasanya wajib menyerahkan data e-Statement atau data mutasi rekening kita sebagai tanda bukti bahwa kita memang mempunyai gaji perbulan yang cukup untuk membayar semua cicilan kita.

Tanpa menyerahkan Data e-Statement, pengajuan kita untuk KPR Rumah akan ditolak oleh Bank, karena kita tidak mempunyai bukti yang cukup tentang gaji kita selama bekerja.

Namun ada juga sebagian Nasabah yang ingin mengunduh data e-Statement ini untuk simpanan pribadinya, bukan sebagai keperluan.

Sedikit penjelasan mengenai kegunaan Data e-Statement pada KPR Rumah

Saya mengenal saudara saya yang pernah melakukan KPR Rumah, nah pada saat itu saya mulai tahu bahwa KPR Rumah itu memerlukan sebuah bukti slip gaji atau data rekening terkait gaji kita, jika tidak menyerahkan data terkait gaji kita, dikhawatirkan kedepannya kita tidak bisa membayar cicilan untuk KPR Rumah, walau sebenarnya gaji kita memang mampu untuk membayar cicilan perbulannya.

Karena biayanya untuk KPR Rumah ini tergolong sangat besar, karena itu kita diminta untuk memberikan data slip gaji beserta data e-statement rekening kita.

Apakah data ini cukup penting?

Sebenarnya tergantung dari kita sendiri, apakah kita ingin menggunakan data ini atau tidak, bagi saya data ini cukup penting, karena saya bisa menggunakan data ini untuk melakukan perbandingan antara pengeluaran saya selama bulan lalu dan bulan sebelumnya.

Sehingga saya bisa mengetahui tanggal dan bulan pengeluaran yang paling boros menurut saya hehe.

Setelah anda sudah tahu sekarang kita lanjut:

Bagaimana cara mengunduh data e-Statement?

Sebagai pengguna PC/Desktop, anda tidak perlu ribet, karena anda bisa langsung masuk ke Klik BCA, dan mengunduh data ini pada menu e-Statement.

Bagi pengguna Seluler silahkan ikuti panduan ini untuk masuk ke situs Desktop.

1. Buka Situs Internet Banking klikbca.com, ketikkan pada addressbar di browser anda.

2. Silahkan pilih Jenis Rekening anda pada menu Internet Banking, ada dua pilihan yaitu Individual atau Bisnis.

3. Setelah masuk Ke menu Login Klik BCA, silahkan pilih menu Full Site disebelah kanan bawah tampilan layar ponsel anda.

tampilan klik bca pada ponsel seluler

4. Sekarang anda sudah masuk ke tampilan Desktop, isi data login Internet Banking anda kemudian pilih Login.

tampilan klik bca pada situs desktop

5. Cari Menu e-Statement, kemudian  pilih Tabungan dan Giro.


6. Pilih Bulan dan Tahun Transaksi yang ingin anda unduh, kemudian pilih Download.


7. Sekarang Data e-Statement Anda sudah tersimpan di Memory Anda.

Nah, begitulah cara saya untuk mengunduh data e-Statement saya melalui perangkat seluler.

Bagi anda yang mengalami kendala ketika mengikuti panduan ini, terutama ketika ingin masuk ke tampilan desktop Klik BCA, silahkan ubah tampilan desktop perangkat anda secara manual dengan cara masuk ke menu browser anda kemudian pilih "minta situs desktop".

Pengaturan ini hanya saya tujukan bagi pengguna Browser Bawaan Android dan Google Chrome, untuk pengguna browser instalan lainnya silahkan sesuaikan dengan pengaturan browser masing-masing.

Mungkin itu saja postingan yang bisa saya tulis pada kali ini, mudah-mudahan tulisan singkat ini membawa manfaat bagi yang membutuhkan, khususnya untuk pengguna seluler.

Artikel Terkait

4 komentar

Di menu utama tidak ada e-statement

Koq tidak ada keteragan jam brp transaksi dilakukan spt di mbanking BNI? Mohon penjelasan

Mengenai keterangan jam berapa transaksinya sebenarnya saya kurang tau gan, soalnya saya tidak pakai BNI.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon