18/10/17

3 Penyebab Key BCA Anda Tidak Lagi Berfungsi

Sebagai nasabah yang menggunakan internet banking, anda wajib memiliki Key BCA untuk keperluan transaksi anda, tanpa Key BCA, anda tidak bisa melakukan salah satu langkah transaksi seperti transfer dana.

key bca background putih

Penggunaan Key BCA ini sebenarnya sangat mudah, sebenarnya sudah saya bahas pada postingan saya yang berjudul Cara Menggunakan Key BCA untuk Melakukan Transfer Dana.

Namun meskipun penggunaannya sangat mudah, anda juga tetap harus hati-hati dalam penggunaannya, terutama dalam memasukkan PIN dan Respon yang ditampilkan oleh Key BCA. Jika anda salah sampai tiga kali, kemungkinan terburuknya adalah pemblokiran ke Rekening BCA anda beserta seluruh akses Interney Banking anda.

Nah, jika sudah terjadi demikian, anda perlu datang ke Kantor Cabang, namun jika anda tidak mengalami pemblokiran ATM, anda sangat beruntung, karena rekening anda tetap bisa diakses tetapi anda tidak bisa menggunakan Key BCA anda.

Sebagai gantinya, anda perlu datang ke Mesin ATM terdekat didaerah anda ketika ingin melakukan transaksi dana.

Mengapa kita perlu menggunakan Key BCA sebagai langkah transaksi kita?

Bayangkan jika kita bisa melakukan transaksi secara langsung tanpa harus menggunakan bantuan Key BCA.

Anda hanya perlu mengetahui User dan PIN Internet banking anda saja. Nah, kebetulan waktu itu anda sedang mengakses Internet Banking anda melalui komputer umum, kemudian anda lupa me-logoutnya, apa yang akan terjadi? kita sendiri tidak tahu dan semoga saja hal ini tidak terjadi pada kita semua.

Karena Key BCA merupakan bentuk fitur keamanan transaksi yang diberikan oleh BCA, agar siapapun yang berhasil masuk ke akun internet banking kita tidak semena-mena melakukan hal yang tidak kita inginkan.

Yup, semua transaksi yang nasabah lakukan sepenuhnya dipegang oleh nasabah itu sendiri, bukan orang lain, alangkah baiknya kita membedakan antara PIN Key BCA kita dengan PIN ATM kita agar menambah keamanan kita dalam bertransaksi.

Nah, selama penggunaan Key BCA, mungkin anda yang terlalu sering menggunakan Key BCA akan mengalami yang namanya error, entah Error karena batre Key BCA itu habis atau kode respon yang diberikan oleh Key BCA itu salah, padahal kita sudah memasukkan kode respon Key BCA itu dengan benar.

Berikut ini adalah kemungkinan besarnya penyebab anda tidak bisa menggunakan Key BCA anda untuk bertransaksi.

1. Key BCA anda sudah diblokir.

Jika sudah terjadi demikian, anda tidak dapat lagi menggunakan Key BCA anda sebagai alat untuk bertransaksi Dana. Tanda-tandanya mungkin sudah kelihatan dengan jelas jadi tidak perlu saya bahas ya.

2. Kode Respon yang diberikan oleh Key BCA anda tidak akurat/tidak cocok lagi.

Salah satu tandanya adalah anda mungkin bisa memasukkan respon apply 2, tetapi anda tidak bisa memasukkan respon apply 1, alias respon apply 1 anda salah, padahal semua respon apply anda sudah benar tetapi tetap saja dinilai salah oleh system.

Dalam hal ini saya pernah bertanya kepada Teller Bank di Kantor Cabang BCA terdekat, berdasarkan Nasehat Teller Bank yang saya dapat, mungkin kita jarang melakukan transfer dana kemanapun tujuannya menggunakan Key BCA, karena Key BCA yang jarang dipakai secara perlahan akan mengalami kehilangan fungsi yang tidak semestinya.

Untuk mengatasi ini anda harus menggunakan KeyBCA anda untuk transfer kemanapun minimum 1 bulan sekali, jika dalam waktu sebulan anda tidak menggunakan Key BCA kemungkinan yang terjadi adalah anda dapat kehilangan fungsi Key BCA anda lagi dan harus menukarkan Key BCA anda di Kantor Cabang Terdekat.

3. Daya Key BCA anda telah habis.

Jika Key BCA anda mengalami mati total maka dapat dipastikan bahwa Key BCA anda telah kehabisan daya, solusinya anda harus menukarkan Key BCA yang baru.

Langkah untuk mengatasi masalah ini sebenarnya anda perlu mendatangi Kantor Cabang BCA terdekat di kota anda.

Menurut pengalaman teman saya saat melakukan pergantian Key BCA, anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000. Biaya ini sebenarnya tidak sebanding dengan fitur yang diberikan oleh Key BCA.

Berikut keperluan yang bisa anda bawa saat mendatangi Kantor Cabang BCA:

1. KTP Anda.
2. Buku Tabungan Anda.
3. ATM.

Walaupun sebenarnya anda tidak harus membawa semuanya, setidaknya hal ini untuk berjaga-jaga saat mendatangi kantor cabang, siapa tahu mereka membutuhkan apa yang saya sebutkan diatas.

Demikian semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi semua pembaca khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon