27/11/17

Cara Mendapatkan Fitur Matched Content dari Google Adsense

Sebagai publisher Google Adsense yang baru, terutama bagi publisher yang baru diterima Google Adsense, mungkin anda pernah mendegar kata-kata Matched Content diberbagai forum Adsense Indonesia, entah itu forum Facebook, forum Google+, atau forum di Whatsapp.

Tidak terdengar asing bagi semua kalangan Publisher Adsense, apalagi bagi yang sudah lama bermain di dunia Adsense, pasti anda sendiri sudah tahu apa itu Matched Content bahkan anda sudah mendapatkan fitur Matched Conent ini dari Google Adsense.

Fitur Matched Content memungkinkan anda untuk menampilkan iklan postingan anda di blog anda sendiri, manfaat dari Matched Content yaitu fitur ini dapat lebih meningkatkan tampilan halaman dan membuat pembaca blog anda berlama-lama membaca isi artikel blog anda karena ia akan mengklik referensi artikel anda yang lain.


Fitur ini mirip sekali seperti fitur Related Post pada Blogger, ada yang beranggapan fitur ini memang sama seperti Related Post dan ada juga yang beranggapan fitur ini memang berbeda dengan fitur Related Post di Blogger.

Namun setelah saya pelajari lebih lanjut, akhirnya saya menemukan jawaban bahwa fitur Matched Content ini memang berbeda dengan fitur Related Post di Blogger.

Perbedaan Matched Content dan Related Post pada Blogger

Apa perbedaannya?
Mari kita lihat penjelasan berikut.

Related Post: Menampilkan daftar artikel pada blog anda berdasarkan label postingan yang tercantum pada artikel yang dibaca saat itu.

Matched Content: Menampilkan daftar artikel pada blog anda berdasarkan minat pengunjung atau hasil personalisasi pada setiap pengunjung yang datang.

Artinya, setiap pengunjung yang mengunjungi blog anda mungkin melihat Matched Content yang berbeda-beda, karena daftar konten yang ditampilkan merupakan konten yang sesuai dengan minat pengunjung blog anda saat itu.

Jika pengunjung blog anda memilih salah satu daftar artikel di Matched Content anda, maka pageview blog anda akan bertambah, dan mungkin akan membuat pengunjung blog anda betah untuk berlama-lama membaca artikel di blog anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Fitur Matched Content dari Google Adsense?

Sebenarnya Google sendirilah yang akan memberikan fitur ini pada blog kita jika blog kita terpilih untuk menampilkan Matched Content. Namun sayangnya tidak semua blog bisa terpilih untuk mendapatkan fitur yang istimewa ini walaupun ia sudah lama bermain adsense.

Berdasarkan Experiment yang saya buat, blog ini akhirnya mendapatkan fitur Matched Content.

Berikut ini merupakan spesifikasi blog saya sebelum mendapatkan fitur Matched Content:

  1. Blog ini pernah update satu artikel perhari secara rutin selama satu bulan berturut-turut.
  2. Blog ini memiliki artikel antara 50-100 artikel.
  3. Blog ini membahas pada satu topik, yaitu tutorial internet.
  4. Pengunjung blog ini rata-rata berasal dari Search Engine (Google).
  5. Pengunjung blog ini juga tidak begitu banyak menurut saya.


Dengan spesifikasi diatas, alhamdulillah blog saya akhirnya mendapatkan fitur Matched Content dari Google Adsense, walaupun saya tidak mendapatkan pemberitahuan email dari Google.

Jika blog anda menyamai seperti spesifikasi blog saya namun tidak kunjung mendapatkan fitur Matched Content, silahkan tunggu hingga beberapa minggu kedepan. Karena blog yang mendapatkan fitur Matched Content merupakan blog yang dipilih Google Adsense, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dan yang paling penting menurut saya, untuk mendapatkan fitur Matched Content dari Google Adsense, anda bisa fokus untuk update artikel setiap hari secara rutin selama satu bulan, seperti yang pernah saya lakukan.

Cara Cek Blog Apakah Mendapatkan Fitur Matched Content dari Google Adsense

Silahkan Masuk ke menu Setting kemudian pilih My Site, lalu pilih Matched Content.

Jika beberapa blog anda tercantum dalam daftar tersebut, berarti blog itulah yang mendapatkan fitur dan dibolehkan menggunakan fitur Matched Content dari Google Adsense.

Keuntungan Memasang Fitur Matched Content dari Google Adsense

Dari experiment yang saya dapatkan selama memasang widget Matched Content di Blog saya, alhamdulillah blog saya mendapatkan tambahan pageview dari Matched Content.

Dan lebih menariknya lagi, daftar artikel yang ditampilkan di Matched Content tidak begitu membosankan, karena artikel yang ditampilkan merupakan artikel hasil personalisasi, sehingga menyesuaikan minat pengunjung blog kita.

Berbeda dengan Related Post, daftar artikel yang ditampilkan di related post merupakan artikel yang terdapat label yang sama dengan artikel yang kita baca. Misalnya kita membaca artikel pada label Internet, maka di related post akan menampilkan postingan yang memiliki label yang sama juga.

Kekurangan Memasang Fitur Matched Content dari Google Adsense

Meskipun fitur ini begitu menarik, dan bisa menambah pageview pada sebuah blog, ternyata fitur Matched Content bukanlah fitur untuk menambah penghasilan pada blog kita, sebagai contoh jika ada yang mengklik salah satu Daftar Artikel yang berada di Matched Content Blog kita, maka kita tidak mendapatkan penghasilan apapun.

Karena artikel yang ditampilkan di Matched Content merupakan artikel dari Blog kita sendiri, bukan artikel konten di blog orang lain.

Kecuali jika Google memberikan fitur Matched Content beserta menyisipkan beberapa iklan di Matched Content kita, maka kita bisa mendapatkan penghasilan dari Matched Content.

Iklan yang disisipkan di Matched Content akan mempunyai label iklan sendiri, sehingga pengguna dapat membedakan mana artikel kita dan mana iklan dari kita.

Mungkin cukup sekian dari Postingan saya, jika anda belum mendapatkan fitur ini dari Google Adsense, semoga kedepannya anda bisa mendapatkan fitur yang istimewa ini, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon