25/11/17

5 Dampak Negatif Akibat Kecanduan Sosial Media

Bagi anak-anak muda zaman sekarang, sosial media saat ini sudah bisa menjadi tempat curahannya dikala ia sedang bosan, sedih, ataupun senang. Berbagai status sedih, senang, maupun status curhat didunia maya sudah bisa kita temukan dimana-mana, entah itu facebook, instagram, bbm, maupun sosial media yang lain.

Tanpa sosial media hidup kita terasa hampa, ibarat seperti memiliki ponsel yang paling canggih namun tidak memiliki kuota sama sekali, hal ini pernah saya rasakan sendiri ketika saya memutuskan untuk berhenti mengakses sosial media selama beberapa hari karena saya mempunyai kebiasaan yang sangat buruk, yaitu begadang hingga larut malam.

Kebiasaan buruk inilah yang harus kita hindari, karena dari waktu kewaktu kita pasti akan menemukan dampak negatifnya dari akses sosial media ini, walaupun kita tidak pernah merasakannya.


Dampak Negatif yang saya rasakan ketika saya terlalu sering mengakses sosial media yaitu:

1. Terlalu sering tidur hingga larut malam dan sering mengantuk di siang hari

Sebenarnya kita boleh-boleh saja begadang hingga larut malam sesekali atau disaat-saat penting, seperti malam pernikahan, ataupun malam-malam tahun baru dan sebagainya, asalkan kita tidak terlalu sering begadang setiap malam.

Akibatnya, saya jadi sering mengantuk saat-saat saya sedang bekerja, hingga teman-teman kerja saya sampai pernah menegur saya bahwa saya menguap di tempat kerja.

Yang paling membuat saya malu dan ingin merubahnya adalah saya tidak satu atau dua kali mengantuk di tempat kerja, tetapi hampir setiap hari, akibat saya terlalu sering begadang membuka sosial media.

2. Malas mengerjakan aktivitas yang lainnya

Pernah menatap layar ponsel hingga berjam-jam? jika pernah bagaimana rasanya ketika kita berhenti sejenak menatap layar ponsel untuk mengerjakan sesuatu yang lebih penting? Pasti rasanya sangat malas bukan, begitulah pengalaman yang pernah saya alami.

Walaupun aktivitas yang kita lakukan di sosial media hanyalah sekedar melihat status, like, dan mengomentari status teman kita yang lain. Namun, ternyata jika kita terlalu lama membuka sosial media dapat berakibat fatal seperti malas melakukan aktivitas lain selain membuka sosial media.

Padahal ada sesuatu yang lebih penting yang harus kita kerjakan, misalnya tugas kuliah dan sebagainya.

3. Beresiko mata minus karena terlalu sering menatap layar ponsel

Jika waktu yang kita habiskan begitu lama untuk menatap layar ponsel, tentunya dapat beresiko mata minus, panas, dan lelah.

Nah, sebagai pengguna yang sudah kecanduan sosial media seperti saya ini, mungkin kita pernah merasakan hal yang sama, dan jika sudah merasakan hal ini maka solusi terbaiknya adalah berhenti menatap layar ponsel saat itu juga.

Karena jika terus menerus menatap layar ponsel, dikhawatirkan terjadi hal yang tidak kita inginkan pada mata kita, dan mata kita merupakan jendela dunia.

4. Sering Boros Kuota atau Paket Internet

Kebiasaan buruk ini tentunya harus kita hindari mulai dari sekarang, pasalnya harga kuota internet sekarang ini tidaklah murah, apalagi jika kita bandingkan dengan sebungkus nasi ternyata lebih mahal harga kuota dibandingkan dengan harga untuk isi perut kita.

Untuk menghindari kebiasaan buruk ini, anda mengurangi atau berhenti sejenak mengakses berbagai sosial media di ponsel android anda. Atau dengan cara lainnya, anda juga bisa mematikan data seluler anda disaat anda tidak menggunakannya, sehingga dapat meminimalisir penggunaan kuota anda.

5. Banyak masalah yang sering terjadi akibat sosial media

Pernah mendengar ada orang yang tercyduk gara-gara akun sosial media? Jika anda pernah mendengarnya, ada baiknya hal ini perlu kita waspadai dan gunakan sosial media dengan sewajarnya, serta jalin hubungan yang hangat dengan seorang teman didunia maya. Jangan sampai kita menulis kata-kata yang membuat pengguna sosial media menjadi sakit hati maupun kata-kata yang memicu masalah lainnya.

Karena kita sendirilah yang akan rugi menanggung akibatnya, belum lagi dosa yang akan kita dapatkan akibat membuat masalah didunia maya, dan meskipun itu hanya tulisan kita didunia maya, tetapi sakitnya itu sangat nyata.

Tips Mengurangi Kebiasaan Buruk Akibat Kecanduan Sosial Media

Agar terhindar dari hal-hal negatif akibat kecanduan sosial media, berikut ini merupakan beberapa caranya:

1. Gunakan Sosial Media dengan Sewajarnya

Artinya, gunakan akun sosmed anda disaat-saat anda benar-benar membutuhkannya.

2. Batasi waktu penggunaan sosial media anda

Semisal anda bisa melakukan hobi anda yang lain selain mengakses sosial media, dan memberi batas maksimal 2 jam sehari untuk membuka sosial media.

3. Jangan sering-sering aktif di sosial media

Karena orang yang sering aktif di sosial media kebanyakan adalah orang-orang yang sudah kecanduan dengan sosial media.

4. Jangan sering-sering update status yang tidak penting

Yup, ini juga sering kita lihat di beranda sosial media kita.

5. Jangan share status pribadi anda

Status kita merupakan privasi kita, sehingga jangan pernah sebarkan status pribadi kita di dunia maya.

Nah? Sekarang kita sudah tahu kan apa saja dampak negatif dari keseringan aktif di sosial media Semoga kita semua bisa meminimalisir hal-hal negatif akibat kecanduan sosial media.

Demikian semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon