04/11/17

Cara Menggunakan Fitur pada Whatsapp Business

Untuk pengguna bisnis, akan ada kabar gembira nih untuk kalian semua, khususnya untuk para pengguna Whatsapp, karena Whatsapp akan merilis aplikasi terbarunya yang bernama Whatsapp Business. Aplikasi ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi Whatsapp Biasa, hanya saja aplikasi ini hanya dikhususkan untuk pengguna Bisnis dan masih dalam tahap pengembangan.


Dan karena masih dalam tahap pengembangan, tentu saja mungkin kita bisa menemukan kekurangan dalam aplikasi ini, misalnya error fitur akses atau apalah namanya. Tapi kita tidak perlu khawatir, karena setelah saya coba ternyata aplikasinya tidak ada error sama sekali, alias stabil sama seperti whatsapp pada umumnya.

Di Aplikasi Whatsapp Business ini akan ada fitur balas pesan chat secara otomatis kepada pelanggan, untuk menggunakan fiturnya sangat simpel, kita atur pesannya, kita atur jamnya, lalu biarlah mesin whatsapp yang akan mengerjakannya.

Sehingga setiap pesan masuk yang ada untuk kedepannya akan dibalas secara otomatis oleh sistem sesuai dengan pesan yang kita atur sebelumnya. Misalnya sapaan selamat datang untuk pelanggan yang sudah lama tidak menghubungi anda selama 14 hari terakhir atau balas pesan secara otomatis ketika anda berada diluar jam kerja.

Selain itu ada juga fitur Balas Pesan Cepat, seperti fitur sms frasa umumnya, yaitu cukup mengetik kode /1 atau /2 kedalam percakapan, pesan yang kita inginkan akan dimunculkan secara otomatis sehingga kita bisa langsung menekan tombol kirim tanpa mengetik pesan.

Kekurangan Whatsapp Business

Setiap ada kekurangan, disitu pasti ada kelebihan dan begitupun sebaliknya, setiap ada kelebihan disitu pasti ada kekurangan, seperti pada Aplikasi Whatsapp Business ini. Salah satu kekurangan yang menurut saya paling menonjol adalah kekurangan tidak bisa mengganti Nama Profil Bisnis kita.

Jadi, kita hanya bisa mengubah nama sebanyak satu kali, setelah itu anda tidak bisa mengubah nama lagi, kecuali anda menginstal ulang Aplikasi Whatsapp Business ini, atau menginput nomor bisnis anda kedalam Aplikasi Whatsapp biasa.

Dan setelah itu tidak ada lagi kekurangan lain yang saya temukan.

Kelebihan Whatsapp Business

Untuk kelebihannya tidak perlu dipertanyakan lagi, fitur balas pesan yang dihadirkannya mungkin sudah lebih dari cukup dibandingkan dengan fitur pada Whatsapp Biasa. Dan itu sudah sangat cukup untuk menutupi satu kekurangan yang terdapat pada Whatsapp Business ini.

Dimana saya dapat mendownload Aplikasi Whatsapp Business?

Anda bisa mendapatkan Aplikasi Whatsapp Business ini di Google Playstore secara langsung. Namun jika anda menemukan pesan yang bertulisan aplikasi dalam tahap pengembangan, aplikasi mungkin tidak stabil anda bisa mengabaikannya.


Setelah anda memasang Whatsapp Business ini, silahkan buka aplikasinya kemudian pilih Setuju dan Lanjutkan.


Disini anda diwajibkan untuk memasukkan nomor telepon lain selain dari nomor whatsapp yang anda gunakan sekarang (jika anda sudah menginstal whatsapp biasa). Atau jika ponsel anda terdapat dua SIMCard, anda bisa menggunakan salah satu SIMCard yang belum terdaftar di Whatsapp ponsel manapun.

Setelah masuk di Info Bisnis, silahkan isi nama bisnis anda yang benar-benar ingin anda gunakan, karena anda tidak dapat mengubahnya lagi setelah anda menyetel nama bisnis anda di Whatsapp. Kemudian Konfirmasi Nama yang anda gunakan apakah anda benar-benar ingin menggunakan nama tersebut.

Tunggu proses inisialisasi, kemudian anda bisa masuk ke aplikasi Whatsapp Business.

Menggunakan Fitur Bisnis pada Aplikasi Whatsapp Business

Buka menu Setelan, lalu masuk ke Setelan Bisnis, lalu pilih fitur pesan yang ingin anda gunakan pada Whatsapp.

Ada 3 Fitur yang sangat menarik di aplikasi ini, yaitu:

Pesan diluar jam kerja

Cara Menggunakannya sangat simpel, pertama nyalakan fitur ini, kedua edit pesan yang ingin anda tetapkan, lalu jadwalkan pesan yang ingin anda atur, yaitu selalu kirim atau jadwal khusus.

Pesan Salam

Fitur pesan ini hanya dapat bekerja jika ada pelanggan lama yang sudah lama tidak menghubungi anda selama 14 hari sejak pengiriman pesan terakhirnya. Fitur ini semacam menyapa pelanggan ketika ia kembali menghubungi anda, misalnya ucapan selamat datang.

Balas Cepat

Saya sangat suka dengan fitur yang satu ini, walaupun fitur ini bukan fitur balas pesan secara otomatis seperti pada kedua fitur diatas, tetapi fitur ini cukup membantu bagi saya. Karena dengan menggunakan fitur ini, kita bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah umum dipertanyakan oleh pelanggan lain tanpa harus mengetik ulang jawaban anda.

Misalnya anda menyiapkan sebuah pesan jawaban yang berisi

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, kami selalu memberikan produk asli yang dimpor dari luar negeri, sehingga kualitas produk kami terjamin.

untuk pertanyaan pelanggan yang seperti ini:

Apa ini produk asli sist?

Cara menggunakan Fitur Balas Cepat ini juga sangat simpel, anda cukup mengetik pesan tujuan anda kemudian setel pintasan yang akan dibuatnya. Contohnya "/2", tanpa tanda petik. Anda bisa menuliskan banyak pesan sekaligus kedalam fitur ini.

Jadi cara kerjanya seperti ini, jika anda menyetel pesan yang berisi:

harganya dua ratus ribuan sist.

dengan kode pintasan seperti ini:

/2

Maka setiap pesan masuk yang anda balas mengunakan kode pintasan /2 akan menyetel jawaban secara otomatis sesuai dengan pesan yang anda tulis sebelumnya.

Mudah bukan cara menggunakannya, dan anda tidak perlu ribet lagi. Karena dengan menggunakan Whatsapp Business ini anda bisa menghubungi pelanggan anda dengan menggunakan fitur sederhana ini.

Oh ya, Aplikasi Whatsapp Business ini bisa anda coba di semua android baik Android Jellybean, Kitkat, Lollipop sampai Android Nougat. Jika anda ingin mengunakan Aplikasi ini silahkan download langsung.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat.

Artikel Terkait

2 komentar

Jika saya mengganti no wa yg biasa ke wa bisnis apakah semua chat.nya ttp berada di wa bisnis atau kah tergapus semua

Kemungkinan chatnya akan kehapus, soalnya WA dan WA Business itu Beda Aplikasi, dan tempat penyimpanannya pun juga beda.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon