31/12/17

Cara Memonetisasi Matched Content dengan Iklan Google Adsense

Bagi Publisher Adsense mungkin anda sudah mengetahui, terutama bagi yang sudah mendapatkan matched content dari google adsense, apa itu matched content? bagi yang masih belum tahu, matched content adalah sebuah widget gratis yang disediakan oleh google adsense untuk menampilkan daftar konten kita sendiri di blog kita.

Mirip seperti widget Related Pos pada blogger, namun bedanya matched content adalah pemberian Google Adsense, sedangkan Related Post adalah widget bawaan dari blogger. Kedua widget tersebut sebenarnya mempunyai fitur yang sama, namun perbedaannya, matched content lebih mengutamakan menampilkan artikel berdasarkan minat pengunjung blog kita.

Semisal pengunjung blog kita adalah orang-orang yang suka melakukan searching di Google seputar artikel Google Adsense, jika topik blog kita kebetulan membahas Blogging dan Adsense, maka widget matched content kita akan menampilkan artikel-artikel seputar Google Adsense untuk pengunjung yang tertarget.

Sehingga setiap pengunjung blog anda akan melihat daftar artikel-artikel matched content yang berbeda dari pengunjung blog anda yang lain, intinya matched content itu tertarget, dan akan fokus menampilkan daftar artikel sesuai dengan minat pengunjung itu sendiri.

Jika terjadi interaksi antara pengunjung blog dengan widget matched content, anda akan mendapatkan satu tampilan unik pada blog anda, biasanya disebut sebagai tampilan halaman atau pageviews.


Apakah Iklan Matched Content dapat menambah Penghasilan Anda?

Jika anda bertanya, mengapa anda tidak mendapatkan penghasilan apapun dari unit iklan matched content, padahal setiap harinya anda selalu mendapatkan interaksi pengunjung dengan widget matched content anda.

Jawabanya, karena iklan matched content sebenarnya bukanlah iklan milik advertiser adwords, melainkan iklan milik anda sendiri, Google Adsense sendiri memberikan hadiah matched content untuk blog anda karena blog anda adalah blog yang dipilih oleh mereka, tetapi bukan berarti jika anda diberi hadiah semacam ini, penghasilan anda akan semakin bertambah.

Sejujurnya tidak, karena matched content itu milik anda, bukan milik advertiser dari Google Adwords, artinya unit iklan tersebut hanya sebatas menampilkan daftar artikel-artikel dari blog anda.

Ada satu pertanyaan lagi, bisakah kita memonetisasi Matched Content agar kita mendapatkan penghasilan tambahan?

Jawabannya bisa, namun ini juga untuk pengguna terpilih juga, kemungkinan anda mendapatkan hadiah matched content dari Google Adsense, namun bukan berarti semua pengguna yang mendapatkan matched content dapat memonetisasi unit iklan matched contentnya.

Mungkin kita hanya mendapatkan unit iklan matched content saja, kemudian kita memasangnya di blog kita, jika unit iklan matched content anda mendapatkan interaksi dari pengunjung, kemungkinan besar kedepannya iklan matched content anda dapat dimonetisasi dengan iklan.

Karena berdasarkan pengalaman saya sendiri, iklan matched content secara default hanya menampilkan konten dari blog kita sendiri, bukan menampikan iklan dari orang lain, jika kita ingin memonetisasi unit matched content kita dengan iklan, silahkan tunggu hingga satu sampai dua bulan hingga anda menemukan pilihan untuk memonetisasi matched content anda dengan iklan.

Yang dapat anda temui nanti pada pengaturan unit iklan matched content anda pada Google Adsense. Jika anda belum tahu cara memasang iklan pada matched content anda, silahkan ikuti panduan simpel ini, namun jika anda sudah tahu caranya silahkan disimak saja, hitung-hitung menghargai saya yang sudah capek-capek menulis hehe.

Cara Memonetisasi Matched Content Anda dengan Iklan Google Adsense

1. Silahkan login ke akun Google Adsense anda terlebih dahulu, kemudian buka Menu Iklan Saya.
2. Selanjutnya Buka Menu Unit Iklan.
3. Jika sebelumnya anda sudah membuat Unit Iklan Matched Content, silahkan pilih Unit Iklan Matched Content Anda untuk diedit.
4. Pada bagian Edit Matched Content Anda, silahkan masuk ke menu Ad Options.
5. Aktifkan pilihan Monetize with Ads untuk menampilkan iklan pada Matched Content Anda, kemudian pilih Save and Get Code.
6. Timpa kode Iklan Matched Content anda dengan kode Iklan Matched Content baru pada template blog anda.

Catatan: Jika anda tidak menemukan setelan Monetize with Ads pada Ad Options, berarti blog anda belum mendapatkan fitur menampilkan iklan pada Matched Content dari Google Adsense.

Silahkan tunggu satu atau beberapa bulan kemudian cek kembali setelan Ad Options pada Unit Iklan Matched Content Anda.

Ingat, tidak semua blog bisa mendapatkan fitur ini kecuali pengguna terpilih saja, untuk masalah ini kita serahkan saja pada team Google Adsense, dan berharap semoga kita mendapatkan fitur menampilkan iklan di Matched Content dari Google Adsense bagi yang belum mendapatkannya.

Sekarang blog anda sudah bisa menghasilkan uang dari Unit Iklan Matched Content dari Google Adsense, karena di Unit Iklan Matched Content anda sudah terdapat Iklan.

Berapa penghasilan yang didapat dari Matched Content?

Untuk jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya relatif, tergantung juga dari interaksi pengunjung anda pada unit iklan matched content anda, semakin banyak interaksi semakin banyak kesempatan anda mendapatkan dollar dari Google Adsense.

Bagi anda yang belum mendapatkan fitur Matched Content silahkan dipelajari Cara Mendapatkan Fitur Matched Content dari Google Adsense, karena fitur Matched Content tidak hanya memberikan tambahan pageviews pada blog kita melainkan memberikan tambahan penghasilan jika kita sudah mendapatkan fitur Monetize pada Matched Content kita.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis pada panduan simpel ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi publisher pemula Google Adsense.

Artikel Terkait

2 komentar

Biar iklan matched contents nya cepet tersedia gimana ya gan? Soalnya punya ane belum aktif...

berarti harus nunggu satu atau beberapa bulan lagi, soalnya fitur iklan di matched content hanya untuk blog terpilih saja.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon