25/12/17

Cara Mendapatkan Musik dan Sound Effect Gratis Bebas Hak Cipta dari Youtube

Musik merupakan kesatuan dari multimedia, bagi anda yang membuat video tanpa menyertakan musik didalam video, mungkin akan mempunyai kesan yang berbeda ketika anda menambahkan musik/beat musik yang cocok kedalam video anda, karena menarik atau tidaknya sebuah video juga bergantung dari musik yang anda gunakan.

Musik itu sendiri mempunyai beberapa jenis, banyak orang yang menganggap semua musik itu sama dan bisa digunakan untuk apa saja, namun kenyataannya tidak semua musik dapat kita gunakan sesuai dengan kemauan kita, misalnya menggabungkan musik kedalam video kita sendiri kemudian mengupload musik plus video tersebut kedalam situs youtube, akibatnya anda mendapat pemberitahuan hak cipta dari youtube.

Apa yang akan terjadi selanjutnya pada video kita nantinya? tentu saja si pemilik musik yang asli akan tahu akan hal ini, karena konten anda dideteksi oleh sistem youtube menggunakan Content ID si pemilik musik yang asli. Akibatnya, video anda akan dikontrol oleh pemilik asilnya, mulai dari membisukan audio, mencekal video, sampai menghapus video anda.

Dan menurut pengalaman saya pribadi, ada pemilik yang mengizinkan musiknya digunakan kembali di Youtube, namun mereka akan memonetisasi video kita, yang artinya video kita akan menampilkan iklan dan penghasilannya akan masuk ke pemilik musik yang asli.

no copyright sound for youtube

Ada 3 Jenis Musik yang harus Anda ketahui

Sesuai dengan pengalaman yang saya dapatkan selama berselancar didunia online, saya mendapatkan informasi yang sangat penting terutama bagi para Creator Youtube.

Musik Yang Mempunyai Hak Cipta

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa musik yang mempunyai hak cipta memang tidak boleh kita gunakan kembali, kecuali untuk keperluan pribadi. Jika anda menggabungkan musik berhak cipta kedalam video anda dan kemudian menguploadnya kembali kedalam youtube, kemungkinan video anda akan segera dideteksi oleh Youtube lalu pemilik aslinya akan mendapatkan pemberitahuan mengenai kontennya.

Musik Bebas Hak Cipta, Namun Beratribusi

Yang artinya anda boleh menggunakan musik tersebut kedalam video anda, namun dengan syarat anda harus mencantumkan link atribusi ke pemilik aslinya sebagai bentuk rasa terimakasih anda kepada pemilik aslinya karena mereka mengizinkan anda menggunakan konten mereka. Link atribusi biasanya dicantumkan di deskripsi musik tempat dimana kita mendownload musik tersebut.

Musik Bebas Hak Cipta, Tanpa Atribusi

Artinya, anda boleh menggunakan musik ini tanpa mencantumkan link atribusi dari pemilik asli, musik jenis seperti ini adalah musik bebas hak cipta yang sesungguhnya, karena mereka mengizinkan musik tersebut digunakan tanpa syarat apapun. Bahkan anda bisa menggabungkan musik ini kedalam video anda, kemudian diupload kembali ke situs youtube tanpa terkena claim hak cipta.

Cara Mendapatkan Musik Bebas Hak Cipta Dari Youtube

Ada banyak situs penyedia musik gratis dan bebas hak cipta untuk kita gunakan kembali, bahkan di Youtube sendiri ada salah seorang pengguna yang mendirikan sebuah channel yang bernama NCS (No Copyright Sound), dan didalam channel tersebut berisi musik-musik bebas hak cipta yang dapat kita gunakan kembali, atau Channel Audio Library, dimana kita juga diperbolehkan menggunakan musik mereka.

Jika anda ingin mendapatkan banyak musik bebas hak cipta untuk dipakai ulang, silahkan kunjungi Youtube Versi Desktop, dimana ada salah satu menu Youtube yang menampilkan berbagai musik bebas hak cipta yang dapat kita gunakan kembali.

Ingat, khusus Pengguna Youtube Versi Desktop

Bagi anda yang menggunakan android, silahkan rubah tampilan youtube anda menjadi versi desktop, caranya silahkan buka youtube melalui browser android bawaan anda, kemudian buka menu pilihan youtube kemudian pilih Desktop.

Jika anda sudah masuk ke tampilan Youtube Versi Desktop, silahkan ikiti langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan Musik Gratis dan Bebas Hak Cipta.

1. Pada tampilan Youtube versi Desktop, silahkan buka menu drawer Youtube, tepat dipojok kiri atas, kemudian pilih Channel Saya.

2. Setelah Anda masuk ke Channel anda sendiri, silahkan pilih menu pengelola video tepat diatas header channel anda.


3. Scroll kebawah, dibawah menu Terjemahan & Transkripsi, pilih menu Buat, kemudian pilih Koleksi Audio.


4. Sekarang anda siap menjelajahi musik bebas hak cipta untuk digunakan di video anda.

5. Untuk mendapatkan Efek Suara Gratis untuk video anda, silahkan beralih ke Tab Efek Suara.

Kebijakan Penggunaan Musik Di Youtube

Jika anda menemukan catatan didalam pilihan musik tersebut berupa anda harus menyertakan hal berikut kedalam video berarti musik tersebut memiliki atribusi, artinya anda harus mencantumkan link tersebut kedalam deskripsi video anda jika anda ingin menggunakan musik tersebut.

Begitupun juga sebaliknya, jika tidak ada catatan seperti yang saya sebutkan diatas, berarti anda bebas menggunakan lagu tersebut kedalam video anda.

Untuk mencari musik beratribusi dan tidak beratribusi secara terpisah, silahkan filter daftar musik tersebut menggunakan menu filter yang disediakan oleh Youtube, anda juga bisa memfilter durasi, genre, suasana hati, serta alat musik.

Semua musik yang dicantumkan didalam daftar tersebut juga dapat kita monetisasi, karena musik gratis tidak diklaim melalui Content ID. Demikian semoga informasi ini bermanfaat dan dapat berguna untuk para Creator Youtube pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon