24/12/17

Memantau Status Pengiriman Barang pada JNE dan J&T Via Online

JNE dan J&T, mungkin sebutannya hampir sama, dan tidak menutup kemungkinan banyak orang yang salah menyebutnya dan mengira bahwa JNE adalah J&T begitupun sebaliknya J&T adalah JNE, namun sebenarnya mereka adalah dua perusahaan yang berbeda namun bergerak di bidang yang sama.

Saya sendiri juga pernah menyangka bahwa J&T adalah JNE, sewaktu saya menerima paket kiriman yang dipesan oleh teman saya, saya bertanya kepada kurir yang mengantarkan paket teman saya, lalu dia menjawab kalau dia adalah seorang kurir J&T, saya pun salah tangkap dan mengira bahwa di adalah kurir JNE, sungguh berbeda ternyata.


Jika salah waktu menerima kiriman dan menganggap kurir JNE adalah kurir J&T mungkin rasanya biasa aja dan tidak ada masalah apa-apa, karena fitrah manusia memang tidak selalu luput dari kesalahan. Namun, bagaimana jika kita salah masuk kantor JNE ketika kita ingin bertanya soal nomor resi dari J&T?

Mungkin ada pemikiran tersendiri diantara semua orang-orang kantor JNE, dan jika sudah terjadi demikian mungkin yang ada kita malu sendiri bukan hehe. Apalagi jika kita datang pada saat kita hanya ingin mengecek status pengiriman barang, tidak untuk mengirim barang.

Sebenarnya ada cara praktis untuk mengecek status pengiriman barang tanpa harus mendatangi kantor JNE maupun J&T, alias hanya modal Ponsel maupun perangkat PC yang terhubung koneksi internet, asalkan kita masih ingat atau menyimpan nomor resi barang kita sewaktu mengirim barang.

Apa itu nomor resi? nomor resi adalah nomor pelacakan yang biasa digunakan untuk melacak keberadaan barang kiriman kita, biasanya kita akan diberi nomor resi sewaktu mengirim barang melalui jasa kurir manapun, baik itu POS, JNE, J&T, TIKI, dan sebagainya.

Jika anda tidak mempunyai nomor resi atau nomor resi anda hilang, maka anda tidak bisa melacak status keberadaan barang kiriman anda, solusinya anda harus menghubungi si penerima untuk memastikan barang anda sampai ke tujuan.

Memantau Status Pengiriman Barang Anda via Online

Nomor resi yang kita dapatkan sewaktu mengirim barang, tidak hanya dapat digunakan untuk melacak keberadaan barang kiriman kita melalui kantor cabang terdekat saja melainkan juga bisa kita pakai sendiri untuk melacak keberadaan barang kiriman kita via online, bahkan kita tidak harus mengunjungi kantor cabangnya, artinya kita bisa cek kapanpun dan dimanapun.

Untuk memantau status pengiriman barang anda baik pada JNE maupun J&T, anda bisa mencari situs penyedia layanan cek nomor resi apa saja, namun saya lebih merekomendasikan untuk langsung ke situs resminya saja, agar anda yakin bahwa informasi yang anda terima benar-benar akurat, dan pengiriman barang anda berjalan dengan lancar.

Cek Resi dari JNE melalui Situs Resminya

Untuk mengecek resi dari JNE silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Kunjungi situs resminya di www.jne.co.id
2. Temukan Widget Lacak Kiriman pada situs tersebut, jika dilihat dari desktop, widget lacak kiriman berada pada sebelah kiri situs tersebut.
3. Masukkan nomor resi anda pada kotak Lacak Kiriman, kemudian pilih Tracking.
4. Masukkan Captcha yang muncul (jika ada) kemudian pilih Tracking lagi.
5. Anda akan dialihkankan ke halaman Tracking, dan status pengiriman barang anda akan ditampilkan disini.


Cek Resi dari J&T melalui Situs Resminya

Hampir sama seperti pada langkah diatas, namun bedanya kita akan cek nomor resi J&T melalui situs resminya juga.

1. Silahkan kunjungi situs resmi J&T Express pada www.jet.co.id
2. Masukkan nomor resi pelacakan anda pada kotak yang sudah disediakan.
3. Jika sudah diisikan, silahkan pilih Track untuk melacak status pengiriman barang anda.
4. Status pengiriman barang anda akan ditampilkan disini.


Mengecek Lebih dari satu Nomor Resi pada layanan kurir yang sama

Jika anda mengirimkan beberapa barang melalui JNE maupun J&T, anda bisa langsung mengecek beberapa nomor resi anda secara bersamaan dengan cara menambahkan koma lalu menuliskan nomor resi anda yang lain.

Setelah anda masukkan beberapa nomor resi dalam satu kotak, maka selanjutnya sistem JNE maupun J&T akan menampilkan beberapa data status pengiriman barang anda sesuai dengan nomor resi yang sudah anda masukkan, daripada harus satu persatu memasukkan nomor resi dan mengulanginya lagi saat ingin mengecek nomor resi anda yang lain.

Selain mengecek nomor resi barang kiriman pada situs JNE dan J&T, sebenarnya kita bisa juga mengecek tarif kiriman/estimasi biaya yang akan kita bayarkan jika kita mengirimkan suatu barang berdasarkan tempat tujuan, berat kiriman, dan dimensi kiriman kita.

Untuk mengeceknya silahkan kunjungi situs masing-masing tempat anda ingin mengirimkan barang, sehingga anda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya sebenarnya saat anda mengunjungi JNE maupun J&T untuk mengirim barang.

Penutup

Melakukan kirim barang ke kota tujuan menggunakan jasa kurir memang sangat menarik, karena selain murah, barang yang kita kirimkan dijamin aman dan sampai ke kota tujuan, namun tergantung juga pada barang yang dikirimkannya.

Setiap Layanan Kurir pasti mempunyai aturan juga, barang seperti apa yang boleh dikirim dan barang apa saja yang tidak boleh dikirim.

Demikian semoga informasi yang saya sampaikan disini bermanfaat, mudah-mudahan berguna untuk kita semua.

Artikel Terkait

2 komentar

Mbak tolong di cek paket sy katanya dah di krm via JNT tp no resi nya kog 150960035956918 seperti no resi JNE ..sy bingung mbak..tlg cek kan ya
mbak..

itu nomor resi JNE, barusan saya cek.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon