07/12/17

Cara Memindahkan Channel Youtube dari Satu Email ke Email lainnya

Bagi yang mempunyai beberapa channel youtube, pasti anda ingin dipermudah aksesnya bukan? maksudnya anda bisa mengakses beberapa atau seluruh channel youtube anda dalam satu email saja. Bisa kah seperti itu? tentu bisa.

Dan jangan sampai anda kehilangan akses ke email anda sendiri, apalagi email tersebut berisi satu channel youtube anda, seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu, dulu saya pernah mempunyai email dari layanan gmail, namun sampai sekarang saya tidak ingat lagi apa password dari email tersebut.

Yang lebih menyedihkan lagi, saya tidak bisa memulihkan email lama saya menggunakan fitur opsi pemulihan yang disediakan oleh gmail, karena saya sama sekali tidak ingat opsi pemulihan beserta kata sandi yang pernah saya daftarkan sebelumnya.

Jika sudah seperti ini, kita akan kehilangan akses masuk ke akun kita sendiri, dan yang paling menyedihkan lagi adalah saya suka dengan username gmail tersebut karena username tersebut tercantum nama saya sendiri, dan saya tidak bisa mendaftar lagi dengan username yang sama karena sebelumnya saya sudah pernah mendaftarkan username tersebut.


Memindahkan Channel Youtube kita kedalam satu email

Mungkin ada yang berpikir seperti ini, jika kita mempunyai beberapa channel youtube, maka sebaiknya kita memisahkannya kedalam beberapa email. Karena untuk alasan keamanan, jika suatu saat kita kehilangan satu email maka kita tidak kehilangan seluruh channel youtube yang kita miliki, dan kita masih mempunyai channel youtube lain pada email lainnya.

Memang itu benar, dan kita harus memisahkan beberapa channel kita kedalam email yang berbeda, karena saya sendiri pun melakukan hal yang sama hingga sekarang, namun dengan minimal ada dua channel pada setiap Akun Google saya, tidak termasuk channel utama youtube saya.

Tidak disarankan bagi anda yang mempunyai banyak channel, namun anda menyimpannya kedalam email yang berbeda untuk tiap-tiap channel. Karena suatu saat mungkin kita bisa saja melupakan email masuk ke channel tersebut kecuali kita sudah mencatat email kita kedalam catatan pribadi kita.

Cara Memindahkan Channel Youtube kita dari Email Satu Ke Email Lainnya

Dalam panduan ini anda harus sudah menyiapkan email utama anda untuk diisikan beberapa channel youtube yang menurut anda penting, saya anggap anda sudah mempunyai email utamanya. Dan ada satu hal lagi, channel youtube yang dapat kita pindahkan ke email lainnya haruslah channel anakan atau lebih tepatnya channel merek.

Jika anda tidak mempunyai channel merek atau channel youtube anakan maka anda tidak bisa mengikuti panduan ini, karena secara default, channel utama youtube tidak bisa kita pindahkan kemana-mana, dan channel utama youtube kita sudah terhubung ke semua produk google.

Yang artinya, nama channel youtube kita beserta foto profil channel kita sudah terkait ke seluruh akses  produk google. Jika kita mengubah nama atau foto profil kita pada channel youtube utama kita, maka seluruh nama dan foto profil kita di produk google lainnya akan terpengaruh, termasuk di Google+ dan Gmail.

Sekarang kita masuk ke tutorial utamanya

1. Buka Akun Youtube anda, harus melalui tampilan Desktop, jika anda menggunakan Android, anda harus masuk ke tampilan desktop terlebih dahulu, anda bisa mengakses menu Browser lalu pilih Minta Situs Desktop atau jika tidak ada, anda dapat masuk ke menu Youtube lalu pilih Desktop.

2. Setelah masuk ke tampilan Youtube Desktop, silahkan klik Foto Profil Channel Anda sendiri kemudian masuk ke ikon roda gigi pada channel anda.


3. Anda akan diarahkan ke Setelan Akun, selanjutnya pada menu Ringkasan, silahkan pilih Tambah atau Hapus Pengelola.

4. Pada Detail Akun Merek, Cari Menu Pengguna kemudian pilih Kelola Izin.

5. Untuk Menambahkan Email lainnya agar dapat mengakses Channel Anda, silahkan pilih ikon Friend+ pada sebelah kanan atas pop up menu, sedangkan jika anda ingin menghapus pengguna, silahkan pilih ikon silang di sebelah kanan peran pengguna.


6. Masukkan alamat email yang ingin anda tambahkan untuk mengakses channel youtube anda, kemudian pilih Undang.

7. Selanjutnya buka email yang baru saja anda undang, akan ada pesan dari google-my-business-noreply, buka email tersebut kemudian pilih Terima Undangan.


8.  Setelah anda menerima undangan, anda akan menerima email lagi dari google-my-business-noreply bahwa email anda sudah menjadi bagian dari pengelola channel youtube anda sendiri.

Ada 4 pilihan pemeran didalam channel youtube merek yang dapat anda pilih, yaitu:

  • Pemilik Utama: Tambah atau hapus pemilik dan juga pengelola.
  • Pemilik: Dapat mengambil sebagian besar tindakan dan mengontrol orang yang mengelola akun tersebut.
  • Pengelola: Dapat mengelola channel seperti posting video di Channel Youtube tersebut.
  • Manajer Komunikasi: Dapat melakukan hal yang sama seperti pengelola, namun ia tidak dapat menggunakan Youtube.


Untuk memperkuat penjelasan diatas, anda juga bisa membacanya dari Support Google.

Namun ada satu hal lagi, jika anda ingin merubah peran pengguna sebagai pemilik utama channel, anda harus menunggunya hingga satu hari sejak perubahan terakhir anda pada email yang baru saja anda tambahkan.

Untuk peran Pemilik Utama Channel, anda hanya dapat memiliki satu peran Pemilik Utama, jadi jika anda ingin merubah Pemilik Utama Channel anda harus mentransfer Pemilik Utama dari pengguna lain ke pengguna tujuan. Setelah anda melakukan transfer peran Pemilik Utama, maka pengguna yang sebelumnya berperan sebagai Pemilik Utama akan berubah perannya menjadi Pemilik.

Mungkin cukup sekian dari panduan sederhana saya ini, semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Artikel Terkait

2 komentar

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon