27/01/18

Kebijakan Youtube, Harus 4000 Jam dan 1000 Subscriber untuk Mengaktifkan Monetisasi

Sebelumnya kebijakan youtube mungkin tergolong masih ringan, yaitu mengharuskan setiap channel untuk memiliki 10000 views untuk mengaktifkan monetisasi, namun sayangnya kebijakan itu telah dirubah dan sudah tidak berlaku lagi untuk kedepannya.


Karena Youtube sudah mengubah kebijakannya menjadi minimal setiap channel harus sudah memiliki setidaknya 4000 jam tontonan dan 1000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir, kebijakan ini nantinya akan diterapkan pada tanggal 20 Februari 2018 mendatang, jika setiap channel yang tidak memenuhi persyaratan ini maka fitur monetisasinya akan dinonaktifkan.

Sehingga ia tidak bisa lagi menampilkan Iklan dari Program Partner Youtube, ataupun memonetisasi setiap videonya. Saya perhatikan dengan seksama, sistem Youtube mulai tahun 2018 akan semakin ketat, hal ini dibuktikan dengan sulitnya mendapatkan approve untuk monetisasi yang dialami oleh banyak calon mitra baru yang ingin bergabung.

Padahal ia sudah memenuhi syarat terbaru dari Youtube, yaitu minimal 4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir, bahkan ada juga pengguna yang sudah mengajukan permintaan monetisasi sejak november 2017 setelah memenuhi persyaratan 10000 views yang sampai bulan januari 2018 ini belum ada kabar di emailnya.

Mungkin prediksi saya untuk kedepannya Youtube bakal mengubah kebijakannya lagi, karena semakin banyaknya pengguna yang ingin mendaftar menjadi mitra youtube mengalahkan banyaknya pengiklan dari google adword, hal ini dibuktikan dari iklan adsense youtube yang jarang tampil serta pendapatan dari iklan yang sangat sedikit.

Jika anda sebelumnya mengajukan monetisasi setelah mencapai 10000 viewer, hal ini sudah tidak berlaku lagi kecuali anda memenuhi syarat terbaru dari Program Partner Youtube.

Dampak Dari Perubahan Kebijakan Youtube Terbaru

Jika perubahan ini diterapkan untuk masa mendatang, maka secara otomatis channel yang memiliki kurang dari 4000 jam tontonan dan 1000 subscriber dalam waktu 12 bulan terakhir tidak akan bisa bergabung kedalam Program Partner Youtube. Baik itu channel baru maupun channel lama, semuanya harus sudah mengikuti persyaratan terbaru dari Youtube.

Mungkin dengan adanya perubahan persyaratan Program Partner Youtube terbaru ini juga dapat mempengaruhi pendapatan dari channel-channel besar, karena channel-channel kecil sudah tidak mendapatkan bagiannya, atau harus melewati tahap perjuangannya terlebih dahulu.

Ujian Mental Terhadap Calon Youtuber Pemula

Secara tidak langsung, perubahan kebijakan ini akan menguji mental para calon youtuber baru, pasalnya banyak sekali para youtuber-youtuber baru yang suka mengupload video asal-asalan dan yang paling parah adalah mengupload video orang lain tanpa seizin pemiliknya dan juga tidak mencantumkan link credit dibagian deskripsi.

Hal ini merupakan pelanggaran hak cipta, walaupun Youtube tidak memberikan peringatan hak cipta, namun secara tidak langsung kita sudah mengambil hak orang lain. Perubahan kebijakan ini juga akan memperlihatkan mental orang yang cari uang di youtube maupun orang yang bermain youtube karena hobi.

Sebenarnya cari uang di youtube maupun hobi bermain youtube tidak menjadi masalah, asalkan kita tetap konsisten mengupload video yang bermanfaat bagi orang lain, jadi selain dapat uang, orang lain juga mendapatkan manfaat dari video kita.

Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat bagi anda

Saya tidak akan memberikan tips untuk memperbanyak waktu tonton maupun memperbanyak subscriber channel anda, karena saya sendiri pribadi juga masih kesusahan untuk memenuhi syarat youtube terbaru, sehingga saya tidak akan berbagi tips yang saat ini tidak saya capai.

1. Buatlah Channel Baru, saya sarankan pilihlah nama dan topik channel sesuai dengan keahlian anda saat ini, semisal jika anda suka sharing maka buatlah channel yang berisi tutorial.

2. Buatlah video dengan cara shoot video langsung atau video tutorial dengan cara merekam layar ponsel anda sendiri.

3. Upload video anda ke Youtube, kemudian tambahkan tag yang relevan, jika anda ingin lebih SEO silahkan ubah nama file video and menjadi Keyword yang ingin anda targetkan.

4. Buatlah Thumbnail custom semenarik mungkin untuk video anda, thumbnail tidak boleh berbeda topik dengan video anda, karena itu akan menimbulkan clickbait dan orang-orang akan lebih menutup video anda sebelum video anda ditonton habis.

5. Promosikan video anda di Sosial media anda, baik di Facebook, Twitter, maupun Instagram, buatlah kata-kata menarik agar orang-orang melihat video anda di Youtube.

Walaupun tips diatas sangat sederhana, setidaknya saya bisa menjaring pengunjung walaupun tidak banyak hasilnya. Namun yang lebih penting lagi adalah Video Berkualitas, selain orang-orang suka dengan video anda, mungkin dengan suka rela mereka akan mensubscribe channel anda tanpa anda minta sekalipun.

Oh ya, bagi yang ingin tahu apakah channel anda sudah memenuhi syarat atau belum, silahkan cek menggunakan aplikasi Youtube Studio, atau cek manual melalui webiste youtube desktop.

Cek Waktu Tonton pada Channel Youtube Selama 12 Bulan Terakhir

Jika anda menggunakan Android silahkan cek menggunakan Aplikasi Youtube Studio, caranya:

Buka Aplikasi Youtube Studio.
Kemudian buka Menu Analytics.
Pada Tab Ringkasan, pilih Waktu Tonton.
Ubah menjadi 365 hari terakhir.

Jika anda menggunakan Youtube Desktop silahkan cek dengan cara:

Buka Tab Analytic Youtube.
Pada Menu Ringkasan, pilih Waktu Tonton.
Ubah menjadi 365 hari terakhir.

Bagi anda yang sudah berhasil tembus sampai 4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, maka selamat anda tinggal mengajukan permohonan monetisasi ke Youtube, dengan begitu channel anda akan segera ditinjau oleh Pihak Youtube.

Demikian semoga tulisan ini bemanfaat khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon