28/02/18

Cara Menggunakan Mobile Banking BCA untuk Pemula

Mobile Banking merupakan salah satu fitur kemudahan yang diberikan oleh Bank BCA selain dari menggunakan Internet Banking, karena dengan menggunakan fitur ini nasabah tidak perlu keluar rumah ketika ingin melakukan transaksi, seperti transfer dana, cek saldo, cek mutasi dan sebagainya.

Sebenarnya ada salah satu fitur yang sama seperti mobile banking, yaitu internet banking, namun mobile banking mempunyai kemananan yang sangat ketat, tidak seperti fitur dari internet banking. Mobile Banking hanya dapat beroperasi pada satu perangkat dan satu nomor seluler yang terdaftar, sedangkan internet banking dapat beroperasi disemua perangkat.

Keunggulan dari menggunakan mobile banking adalah nasabah tidak perlu khawatir ketika ada nasabah lain yang mengetahui pin mobile banking anda, karena sistem mobile banking berbeda dengan internet banking, sehingga anda dapat mengganti langsung pin mobile banking anda melalui fitur yang sudah disediakan.


Metode Untuk Mendaftar Mobile Banking BCA

Pendaftaran Mobile Banking BCA dapat dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama yaitu melalui Mesin ATM, sedangkan cara yang kedua adalah melalui Kantor Cabang BCA Terdekat, anda dapat memilih salah satunya.

Mungkin anda lebih memilih untuk datang ke ATM langsung, karena dengan datang ke ATM, anda tidak perlu repot-repot pergi ke kantor Cabang BCA dan menunggu antrian panjang.

Namun meskipun ada cara yang mudah, admin lebih memilih untuk datang ke kantor Cabangnya langsung, karena selain mendapatkan pengalaman, admin juga bisa bertanya-tanya ke teller banknya tentang bagaimana cara menggunakan mobile banking hingga sistem kerja mobile banking.

Sehingga admin tidak merasa kaget, ketika admin melakukan kesalahan semacam login di perangkat berbeda dengan nomor seluler yang tidak terdaftar, padahal aturannya hanya dapat login menggunakan data seluler dari nomor seluler yang sudah terdaftar.

Jika login dari nomor seluler yang tidak terdaftar otomatis aplikasi mobile banking bca anda akan menolaknya.

Saya anggap anda disini sudah mendaftarkan nomor seluler anda pada mobile banking bca melalui kantor cabang/mesin atm terdekat.

Sekarang anda dapat mengaktifkan Mobile Banking BCA anda menggunakan Aplikasi Mobile BCA, anda dapat mengunduhnya gratis di Google Playstore.

Berikut ini adalah beberapa panduan sederhana dalam menggunakan Aplikasi Mobile Banking BCA yang dapat anda pelajari.

Jika anda menemukan kendala saat menggunakan Aplikasi Mobile Banking setelah mendaftar sendiri melalui mesin ATM, silahkan datang ke kantor Cabang BCA terdekat dikota anda untuk mendapatkan instruksinya.

Panduan Menggunakan Mobile Banking BCA untuk Pemula

Agar mudah dipahami, berikut ini saya pisahkan beberapa panduannya.

Masuk ke Mobile Banking BCA

1. Silahkan masuk ke Aplikasi Mobile Banking BCA anda, kemudian pilih m-BCA.


2. Masukkan kode akses BCA Mobile anda.
3. Sekarang anda sudah masuk ke menu aplikasi mobile banking BCA.

Cek Saldo Rekening BCA Anda

1. Untuk mengecek Saldo Rekening anda silahkan pilih m-Info.
2. Kemudian pilih Info Saldo.


3. Masukkan PIN m-BCA anda, kemudian pilih OK.
4. Saldo rekening anda akan ditampilkan dilayar.

Cek Mutasi Rekening BCA Anda

1. Untuk mengecek mutasi rekening anda, silahkan pilih menu Mutasi Rekening.
2. Pilih periode tanggal mutasi rekening anda, maksimum 31 hari yang lalu.
3. Setelah selesai, pilih Send.
4. Masukkan PIN m-BCA anda, kemudian pilih OK.
5. Mutasi rekening anda akan ditampilkan dilayar.

Langkah Melakukan Transaksi Mengunakan Mobile Banking BCA (Transfer Dana)

Setelah anda memahami penggunaan dasar dari Mobile Banking seperti diatas, sekarang saatnya menggunakan Mobile Banking anda untuk melakukan transaksi.

Dalam hal ini saya akan transfer ke sesama Rekening BCA.

1. Pada menu Aplikasi Mobile Banking BCA, silahkan pilih menu m-Transfer.


2. Pada menu Daftar Transfer, silahkan pilih Antar Rekening untuk mendaftarkan rekening tujuan sesama BCA.
3. Masukkan nomor rekening tujuan anda, anda dapat mendaftarkan 3 nomor rekening sekaligus, kemudian pilih Send.
4. Akan muncul atas nama dari pemilik rekening tersebut, setelah selesai silahkan pilih Send.
5. Setelah selesai mendaftarkan Nomor rekening tujuan, silahkan kembali ke menu m-Transfer.
6. Pada menu tersebut, pilih Antar Rekening.


7. Masukkan data-data yang diperlukan yaitu rekening tujuan, jumlah uang, dan berita transfer (boleh dikosongkan), setelah selesai pilih Send.
8. Masukkan PIN m-BCA anda untuk konfirmasi kemudian pilih OK.
9. Tunggu hingga proses transfer selesai.

Setelah proses transfer berhasil, akan ada popup bahwa transfer anda sudah berhasil, untuk memastikannya kembali, silahkan cek mutasi Rekening BCA anda pada Mobile Banking.

Keuntungan Menggunakan Mobile Banking BCA

Mudah dipraktekkan, untuk pemula sekalipun seperti saya, penggunaan Mobile Banking tentunya sangat mudah, tidak perlu repot-repot membuka browser ataupun yang lainnya, cukup menggunakan aplikasi mobile banking.

Keamanan terjamin, karena hanya nomor yang terdaftar pada rekening anda yang dapat mengakses aplikasi mobile banking anda, nomor yang tidak terdaftar akan ditolak dan keluar dari aplikasi mobile banking.

Tidak harus keluar rumah, karena semua bisa dilakukan melalui mobile banking anda mulai dari cek saldo, cek mutasi, hingga melakukan transfer dana ke rekening lain.

Kekurangan Menggunakan Mobile Banking

Pendaftarannya cukup rumit khususnya untuk pemula, kecuali anda mendatangi kantor Cabang BCA terdekat di kota anda.

Anda dikenakan biaya sms ketika melakukan transaksi, tidak seperti Internet Banking, anda akan dikenakan biaya sms setiap melakukan transaksi menggunakan mobile banking bca.

Penutup

Penggunaan mobile banking bca dengan internet banking sebenarnya sama saja, mungkin ada yang beranggapan internet bankinglah yang lebih mudah digunakan ataupun sebaliknya.

Namun yang lebih pasti, fitur ini tentunya sangat memudahkan nasabahnya dalam melakukan akses ke rekeningnya tanpa harus repot datang ke ATM atau Kantor Cabang BCA terdekat.

Demikan semoga panduan ini dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon