25/02/18

Panduan Menggunakan Iklan Otomatis (Auto Ads) untuk Blogger

Google Adsense telah merilis sistem iklan baru yang bernama iklan otomatis (auto ads) sistem iklan yang dimana publisher cukup menempatkan sepotong kode iklan adsense sekali saja disetiap halaman yang ingin ditampilkan iklan, selanjutnya google akan mengatur posisi dan kinerja iklan tersebut dalam waktu yang optimal.

Sehingga posisi iklan yang ditampilkannya dapat menyesuaikan isi situs anda, dan dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung situs anda, selain itu iklan yang ditampilkan di situs anda juga akan meningkatkan pendapatan anda karena iklan tersebut akan selalu menyesuaikan penempatan dari isi situs anda.

Publisher Adsense yang menggunakan Iklan Otomatis cukup fokus pada pembuatan konten, artinya anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang banyak untuk melakukan experimen pada posisi penempatan iklan yang memiliki performa yang baik.



Apakah Iklan Otomatis Sangat Direkomendasikan?

Tentu saja, karena dengan memasang iklan otomatis pada situs anda, anda tidak perlu mengatur lagi dimana posisi penempatan iklan anda, karena iklan-iklan yang anda pilih nantinya akan menyesuaikan isi dari struktur halaman anda.

Semisal anda memilih iklan in article, maka iklan tersebut akan tampil di dalam artikel anda, begitupun dengan iklan-iklan lain yang anda pilih.

Bagaimana jika sebelumnya saya telah memasang kode iklan adsense?

Jika sebelumya anda telah memasang kode iklan adsense, anda boleh melepas kode iklan yang ada di situs anda dan menggantinya dengan kode iklan otomatis, namun jika anda yakin bahwa penempatan iklan anda yang sebelumnya mempunyai performa yang baik, anda tidak perlu melepas kode iklan tersebut, namun anda juga dapat memasang kode iklan yang ada bersamaan dengan kode iklan otomatis

Google akan mendeteksi kode iklan yang ada untuk menyesuaikan dengan kode iklan otomatis, hal ini seperti yang disebutkan oleh google pada halaman Tentang Iklan Otomatis.

Apakah Sistem Iklan Otomatis dapat berpotensi menambah pendapatan adsense?

Tentu saja, karena sepotong kode iklan yang anda pasang nantinya akan bekerja dengan optimal sehingga meningkatkan pendapatan anda.

Bagi anda yang sudah mendapatkan penghasilan yang maksimal untuk experimen penempatan iklan, anda tidak perlu menambahkan kode iklan otomatis pada situs anda, namun lebih tepatnya anda bisa menambahkan kode iklan ini kapan saja saat anda mempunyai situs baru yang siap dimonetisasi namun anda tidak mempunyai waktu untuk berexperimen penempatan iklan.

Cara Memasang Iklan Otomatis pada Blogger

1. Silahkan Masuk ke Akun Adsense anda terlebih dahulu.
2. Kemudian buka menu drawer adsense tepatnya disebelah kiri.
3. Pada menu Iklan Saya, silahkan pilih Iklan Otomatis.
4. Jika anda baru pertama kali membuat iklan otomatis, anda akan diarahkan ke halaman untuk memulai iklan otomatis, pilih Get Started.


5. Setelah Masuk ke menu Get Started With Auto Ads, aktifkan format iklan yang anda inginkan.


6. Jika anda ingin mendapatkan format baru secara otomatis ke setelan global anda saat format tersebut tersedia, silahkan centang Automatically get new formats.


7. Setelah selesai, pilih Save kemudian salin kode yang muncul ke Note Pad/Catatan anda.

Sekarang kita parse terlebih dahulu kode adsense yang kita salin sebelumnya.

Sebelum menempatkan kode iklan anda pada HTML Blogger, anda harus memparse kode iklan anda terlebih dahulu agar support dengan HTML Blogger.

Untuk cara parse silahkan masuk pergi ke www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php
Paste Kode Iklan anda pada kotak yang disediakan kemudian pilih Parse HTML.

Salin Hasil Parse Kode Adsense anda kemudian simpan di Note Pad/Aplikasi Catatan Anda.

Sekarang kita masuk ke Blogger

1. Buka Menu Tema.
2. Pada setelan Tema, pilih Edit HTML.
3. Letakkan Kode Iklan Hasil Parse Anda diantara kode pembuka <head> dan penutup </head>, atau anda juga bisa meletakkan kode iklan anda dibawah kode <head>.
4. Simpan Tema, dan lihat hasilnya.

Jika anda memasang iklan otomatis pada situs baru anda, jangan lupa untuk selalu menambahkan otorisasi situs anda pada akun adsense, hal ini untuk mencegah kehilangan pendapatan anda terhadap iklan yang ditampilkan di situs anda.

Jika anda menggunakan Template AMP pada Blogger, template anda harus sudah memiliki kode iklan <amp-auto-ads> jika belum ada kode tersebut, anda harus mengikuti Panduan Penerapan Kode Iklan Otomatis yang disediakan oleh Google.

Keuntungan Memasang Iklan Otomatis


  • Berpotensi meningkatkan pendapatan anda

Karena Google akan mengatur strategi penempatan iklan anda sesuai dengan struktur pada halaman anda, sehingga potensi pendapatan anda mungkin akan meningkat.


  • Hemat Waktu dan Mudah Digunakan

Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk mengatur penempatan iklan mana yang lebih menghasilkan, karena kode iklan ini cukup diterapkan sekali saja.


  • Memberikan Pengalaman Pengguna Yang Baik

Karena Strategi yang diatur oleh Google untuk halaman anda adalah strategi penempatan iklan yang paling baik, sehingga pengunjung tidak akan merasa terganggu dengan iklan-iklan anda.


  • Anda Cukup Fokus Ke Konten

Ya, konten adalah yang utama, jika dalam keseharian anda disibukkan oleh strategi penempatan iklan yang berpotensial, mulai saat ini anda tidak perlu melakukannya lagi.

Penutup

Mungkin cukup sekian dari informasi yang saya sampaikan disini, semoga dengan adanya sistem iklan otomatis (auto ads) dari Google Adsense, dapat meningkatkan pendapatan serta memudahkan para publisher lain dalam hal melakukan penempatan iklan di situsnya.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon