03/02/18

Panduan Menggunakan Whatsapp Web pada Komputer

Bagi anda yang sering menggunakan Whatsapp pada perangkat Android, mungkin anda pernah berpikir bahwa Whatsapp hanya bisa digunakan pada perangkat Android, karena selama yang kita tahu adalah Whatsapp merupakan Sosial Media yang berbasis pada Aplikasi Android.

Artinya ia tidak dapat diakses pada website maupun situs resminya menggunakan ketikan dari address bar, tidak seperti facebook, jika kita mengetikkan facebook.com, otomatis kita akan masuk ke situs facebook, namun jika kita mengetik whatsapp.com, apakah kita bisa masuk kesana?

Namun karena Whatsapp mempunyai fitur yang bernama Whatsapp Web, berarti jawaban sebenarnya adalah bisa, namun ia mengharuskan akun utama anda untuk tetap aktif agar dapat mengizinkan akun whatsapp anda diakses pada sebuah Web.

Whatsapp Web sebenarnya tidak hanya dapat diakses pada perangkat PC saja, ia juga bisa diakses diperangkat manapun, salah satunya pada perangkat android anda yang lain tanpa perlu melogout akun utama Whatsapp anda.


Memulai Menggunakan Whatsapp Web pada PC

Sebelum anda menggunakan whatsapp web, pastikan beberapa perangkat anda sudah terhubung ke koneksi internet agar Whatsapp dapat menyinkronkan respon yang terjadi pada perangkat Android maupun PC anda.

Respon yang dimaksud dapat berupa pesan yang telah anda baca, maupun pesan yang anda terima pada aplikasi, agar kedua perangkat anda tidak terjadi perbedaan yang signifikan.

Tidak perlu menggunakan Aplikasi Tambahan pada PC

Karena Whatsapp Web bukanlah sebuah aplikasi yang harus anda instal pada perangkat PC anda, jadi anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan lainnya untuk menggunakan Whatsapp Web pada PC anda.

Namun lebih tepatnya Whatsapp Web merupakan situs yang bisa anda akses pada Browser PC anda, jika anda ingin mengaksesnya saya sarankan gunakanlah Browser Google Chrome.

Karena selain mendukung Whatsapp Web, Browser ini juga tergolong browser yang ringan ketika diakses pada perangkat PC anda.

Langkah-Langkah Menggunakan Whatsapp Web

1. Buka Aplikasi Whatsapp pada perangkat android anda.

2. Kemudian buka menu ikon titik tiga yang berada disebelah kanan atas aplikasi.

3. Pilih Menu Whatsapp Web untuk masuk ke kamera scanner barcode.

4. Sekarang beralih ke Perangkat PC anda

5. Buka Browser Google Chrome (Direkomendasikan), kemudian masuk pada alamat web.whatsapp.com.

6. Arahkan kamera Scanner Android anda pada Barcode yang tampil pada website whatsapp pada perangkat PC anda.


7. Sekarang anda sudah terhubung dengan Whatsapp Web pada perangkat PC anda.

Jika anda ingin login whatsapp pada beberapa perangkat lain silahkan lakukan langkah yang sama seperti diatas.

Anda juga bisa login Whatsapp Web ke perangkat Android menggunakan Browser Google Chrome.

Jika anda ingin mengakses Whatsapp Web pada perangkat android, ada beberapa syarat beserta langkah tambahan yang harus anda lakukan, berikut ini adalah beberapa langkah tambahannya:

Anda harus mengubah Browser Google Chrome anda menjadi tampilan Desktop, karena secara default Browser Google Chrome anda mengunakan tampilan mobile, sehingga tidak dapat mengakses alamat Whatsapp Web.

Untuk mengubah menjadi tampilan desktop silahkan buka menu Google Chrome, kemudian cari dan centang pilihan Situs Desktop.

Setelah menjadi Tampilan Desktop, selanjutnya silahkan kunjungi web.whatsapp.com.

Untuk langkah-langkah login di Whatsapp Web pada perangkat android hampir sama seperti diatas, sama halnya seperti login Whatsapp Web pada perangkat PC.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis pada tutorial saya kali ini, semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi semua pembaca khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon