14/02/18

Referensi Bisnis Online Yang Bisa Kita Jalankan Mulai Dari Sekarang

Ada banyak referensi untuk menjalankan bisnis online di dunia maya, mungkin anda sempat kebingungan bisnis apa yang mudah kita jalankan dengan adanya sedikit modal? karena tidak semua orang memiliki keahlian yang sama dengan satu sama lain, artinya kemampuan setiap orang tentu berbeda-beda.

Ada yang hanya sebatas mampu menjalankan bisnis jual beli online dengan modal jasa pengiriman dan barang dagangannya, ataupun ada yang hanya menjadi dropship dengan cara menjual suatu barang untuk pembeli tanpa harus memiliki barang tersebut.

Sebenarnya referensi bisnis online yang saya tulis disini hanya sebatas referensi yang paling populer, karena jika saya tulis semuanya, referensi ini bisa mencapai ratusan bahkan ribuan jika ditulis satu persatu, mengingat perkembangan internet semakin luas tentunya ladang bisnis online juga semakin luas.

Diantara bisnis online yang ada, berikut ini merupakan referensi bisnis online yang paling populer dan bisa anda jalankan hingga saat ini:


1. Bekerja sama dengan pihak Pemasang Iklan/Membuka Jasa Iklan

Anda memiliki sebuah website dengan banyak pengunjung? tentunya anda tidak akan melewatkan kesempatan emas ini untuk mendulang penghasilan online dengan cara memasang iklan milik pihak ketiga, ada banyak program periklanan yang bisa anda ikuti, yang paling populer adalah program periklanan milik Google yaitu Google Adsense.

Penghasilan yang bisa kita dapatkan dari sebuah iklan tentu relatif, tergantung kesepakatan anda dengan pengiklan langsung maupun website program periklanan yang anda ikuti sekarang. Biasanya banyak perusahaan program periklanan yang menawarkan PPC (Pay Per Click) atau CPM (Cost Per Million), tentunya dengan berbedanya jenis iklan, berbeda juga penghasilan yang akan kita dapatkan.

Semua pilihan diatas tergantung pemilik website, namun saya lebih suka dengan program periklanan PPC karena mereka membayar tinggi untuk nilai perkliknya.

2. Bekerja Sebagai Dropshiper

Apa itu Dropship? Anda mungkin baru mengenal istilah ini didunia maya, didunia nyata istilah ini disebut sebagai Makelar, artinya anda menjual suatu barang tanpa harus memiliki barang yang anda jual.

Bagaimana maksudnya? Prosesnya seperti ini, anggap saja saat ini anda menerima sebuah pesanan dari customer untuk alat-alat dapur, kemudian anda mencari supplier tempat penjualan alat dapur tersebut kemudian anda memesannya.

Anda meminta supplier tersebut untuk mengirimkan barang pesanan kepada customer anda atas nama anda, jadi seolah-olah andalah yang menjual barang tersebut. Anda juga bebas menentukan harga kepada customer anda sesuai dengan kesepakatan.

Sebagian orang sudah sukses dengan menjalankan bisnis dropshiper, karena bisnis ini sangat minim modal dan bisa dijalankan oleh siapa saja, baik Ibu rumah tangga, pengangguran, bahkan pelajar sekalipun. Namun khusus untuk pelajar sebaiknya harus ada pengawasan dari orang yang lebih tua.

3. Bekerja Sebagai Internet Marketter

Orang yang bekerja sebagai internet marketting biasanya menghabiskan sebagian waktunya untuk duduk didepan komputer, bahkan ada juga yang sanggup seharian duduk di depan komputer tanpa melakukan aktivitas lainnya. Disisi positifnya, sebenarnya ada banyak manfaat dari seorang internet marketter, karena dia bisa mengelola dan menjalankan berbagai macam bisnis online yang ada.

Tanpa rasa khawatir, seorang internet marketter biasanya mampu mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnisnya, walaupun saat ini dia belum memiliki penghasilan sama sekali, seorang internet marketter yang sukses biasanya mendapatkan hasil yang banyak, dan hasilnya ia gunakan kembali sebagai modal usahanya.

Bisnis apa saja yang dijalankan oleh seorang internet marketter? Ada banyak, mulai dari penulis content, designer, editor video, dan masih banyak lagi, ia hampir sama seperti seorang pekerja didunia nyata, hanya saja aktivitas seorang internet marketter mungkin banyak perbedaan dengan seorang karyawan.

4. Menjadi Seorang Freelancer

Bebas bergerak kemana saja, seperti bisnis online yang terkenal hingga saat ini yaitu memanfaatkan aplikasi ojek online milik karya anak bangsa indonesia. Aplikasi Ojek Online bukan hanya dimanfaatkan oleh seorang pengangguran, tetapi ia juga dimanfaatkan oleh karyawan-karyawan pabrik yang ingin mencari tambahan penghasilan, atau disebut sebagai kerja sampingan.

Menurut pengalaman driver, rata-rata penghasilan yang didapat dari seorang freelancer seperti menjadi driver ojek online biasanya mencapai satu juta rupiah dalam kurun waktu seminggu, namun tergantung juga dari orderan penumpang yang masuk.

Penghasilan ini tentunya tidak sedikit jika dibandingakan dengan pekerja pabrik seperti pada umumnya, walaupun pekerja freelancer ini bersifat tidak pasti, jika hari ini tidak ada hasil sama sekali kemungkinan besoknya mendapatkan penghasilan yang lebih besar daripada penghasilan pekerja pada umumnya.

5. Menjual Produk Sendiri di Website Sendiri

Salah satu keuntungan memiliki website sendiri adalah dengan menjual produk-produk milik kita sendiri, namun sebelum menjual produk kita, ada baiknya kita memperhatikan niche atau topik dari website kita sendiri, misalnya jika kita memiliki website yang membahas tentang batik indonesia, maka kita mempunyai kesempatan untuk membuat artikel yang berisi tentang penjualan baju batik kepada pengunjung website.

Namun jika anda tidak memiliki sebuah website, anda cukup membuat sebuah fanspage facebook kemudian mengiklankan fanspage facebook anda menggunakan jasa periklanan facebook ads, tentunya modal dan biaya yang anda keluarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan stok barang anda, agar keuntungan yang anda dapatkan bisa maksimal.

Itulah kelima referensi bisnis online yang dapat anda jalankan hingga saat ini.

Pertanyaan dari Seorang Pemula: Mas, saya orang baru, saya mau belajar bisnis online, kira-kira saya harus mulai dari mana ya?

Saran saya, jalankan bisnis online yang menurut anda paling mudah, jika anda seorang penjual maka langkah yang paling mudah berbisnis online adalah mempromosikan barang anda sendiri melalui website ataupun layanan iklan. Atau anda dapat mengiklankan barang-barang anda melalui akun sosial media anda.

Sudah banyak orang yang sukses dengan cara ini, walaupun mereka sama sekali tidak mengerti dengan strategi promosi, yang mereka lakukan adalah mempromosikan barang mereka di status mereka.

Jika hal itu terlalu sulit atau anda tidak memiliki modal sama sekali, silahkan jalankan bisnis tanpa modal, misalnya mengikuti program aplikasi pemberi hadiah yang saat ini sempat ramai oleh kalangan para pecinta gratisan.

Seperti Aplikasi Pulsa Gratis, Aplikasi pemberi Imbalan, dan masih banyak lagi.

Intinya bisnis online didunia maya itu tidaklah sedikit, jadi kita tidak perlu bingung lagi ketika kita ingin memulainya. Cukup lakukan search saja di Google dan cari informasi sebanyak mungkin mengenai bisnis yang ramai ditahun ini.

Mungkin cukup sekian dari postingan Referensi Bisnis Online Yang Bisa Kita Jalankan Mulai dari Sekarang, semoga bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon