09/03/18

Cara Mengatur Keamanan Facebook Anda, Panduan Lengkap untuk Pemula

Sebenarnya panduan ini sudah bertebaran dimana-mana dan mungkin sudah cukup basi, karena kalian dapat menemukannya di search engine manapun seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Namun karena panduan ini merupakan panduan keamanan, tidak ada salahnya saya share ulang agar semakin menambah pengetahuan.

Bagi yang belum tahu silahkan dibaca sampai habis, namun bagi yang sudah tahu dan sudah mahir menggunakan fitur ini silahkan disimak saja, hitung-hitung sudah menghargai saya yang sudah capek-capek menulis hehe.

Sebelum memulai pada pembahasan awal, kita pahami dulu langkah-langkah dasar dalam mengatur privasi karena dari situlah kebanyakan sumber masalah akun kita dimulai.

Memangnya apa pentingnya sih mengatur privasi kita, bukannya facebook sendiri sudah mengatur privasi kita sejak kita membuat akun facebook?

Memang benar, secara default facebook sudah mengatur privasi kita sejak awal kita membuat akun facebook, namun tidak sepenuhnya. Salah satu privasi yang secara otomatis tidak disembunyikan oleh facebook adalah privasi profil kita.

Karena kita sendirilah yang akan mengatur bagaimana orang lain melihat info profil kita maupun kronologi kita.


Langkah-Langkah Mengatur Keamanan Akun Facebook

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan cara menyembunyikan Info Profil yang anda anggap penting.

Apa yang penting didalam info profil anda, silahkan sembunyikan semuanya, dan yang paling penting yang harus anda sembunyikan dari info profil anda yaitu nomor telepon anda beserta email-email yang terhubung ke akun anda.

Ubah semua privasinya dari Publik menjadi Teman atau Hanya saya.

Setelah semuanya sudah selesai, silahkan lanjut buka pengaturan Pengaturan Pada Profil Facebook Anda.

Dalam panduan ini saya menggunakan perangkat desktop/komputer, jika anda menggunakan ponsel silahkan disesuaikan

# Menyiapkan Autentikasi Dua Faktor di Facebook

Autentikasi dua Faktor adalah fitur login tambahan dimana kita harus memasukkan kode konfirmasi setiap kali kita mencoba login pada perangkat yang lain. Kode konfirmasi tersebut akan dikirimkan melalui sms pada nomor yang telah kita tambahkan di facebook.

Walaupun fitur ini lumayan rumit, tetapi fitur ini sangat bermanfaat terutama dalam hal keamanan akun facebook, jika anda menggunakan fitur ini pada akun facebook anda, dijamin keamanan akun anda akan meningkat 2 kali lipat dari sebelumnya.

Karena meskipun orang lain mengetahui kata sandi anda, mereka tetap tidak dapat login kecuali mengetahui kode autentikasi dua faktor yang dikirimkan melalui ponsel anda.

1. Untuk Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor silahkan pergi ke pengaturan akun facebook anda.
2. Kemudian pilih menu Keamanan dan Info masuk.
3. Pada menu Siapkan autentikasi dua faktor, pilih Edit.
4. Aktifkan Autentikasi Pesan Teks pada menu, jika anda belum menambahkan nomor telepon, silahkan tambahkan terlebih dahulu.
5. Langkah terakhir, silahkan kirim huruf F ke 32665.

# Mengeluarkan Akun dari Semua Perangkat

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, silahkan keluarkan akun anda dari semua perangkat yang pernah anda masuki. Semisal ponsel pinjaman, komputer pada warnet dan sebagainya.

Jika anda yakin tidak ada perangkat lain yang login menggunakan akun anda silahkan abaikan, namun jika anda tidak yakin silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke pengaturan akun facebook anda.
2. Pilih menu Keamanan dan Info masuk.
3. Pada Menu Tempat Anda Masuk silahkan pilih Lihat Lainnya.
4. Pilih Keluar dari Semua Sesi.
5. Akan ada peringatan dari facebook, lalu pilih Keluar.

# Mengganti Kata Sandi Anda (opsional)

Jika anda merasa akun anda sedang dalam zona tidak aman maka langkah opsional dengan cara mengganti kata sandi ini dapat anda terapkan. Langkah ini juga akan mengeluarkan akun anda pada semua sesi perangkat yang terhubung.

Disarankan untuk menggunakan karakter-karakter tertentu beserta angka untuk memperkuat kata sandi anda, jangan menggunakan kata sandi berupa kata-kata sederhana.

1. Untuk mengganti kata andi anda, silahkan masuk ke Pengaturan Akun.
2. Pilih Keamanan dan Info Masuk.
3. Ada menu Ganti Kata Sandi silahkan pilih Edit.
4. Masukkan Kata Sandi lama, beserta kata sandi baru anda.
5. Setelah memilih kata sandi, silahkan pilih Simpan Perubahan.

# Hapus Fitur Masuk Menggunakan Foto Profil Pada Perangkat Tertentu

Sebenarnya fitur ini tidak ada kaitannya dengan masalah keamanan selama yang kita gunakan adalah ponsel milik kita sendiri, karena fitur ini merupakan fitur terbaru yang diberikan facebook pada tahun lalu.

Dimana fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk masuk tanpa harus mengetik kata sandi lagi, alias hanya dengan mengetuk foto profil yang tampil di halaman browser/aplikasi android.

Jika anda menggunakan ponsel/perangkat pinjaman, disarankan untuk tidak menggunakan fitur ini, gunakan fitur ini saat anda mengguakan ponsel milik anda sendiri.

1. Untuk menghapus Riwayat Masuk menggunakan Foto Profil, silahkan buka menu Pengaturan Akun Facebook.
2. Pilih Keamanan dan Info Masuk.
3. Pada menu Masuk dengan foto profil Anda, silahkan pilih Edit.
4. Pilih Perangkat yang ingin anda hapus dengan cara tap menu.

# Memilih Kontak Terpercaya (opsional)

Jika anda memiliki teman facebook yang anda kenal di dunia nyata, silahkan tanyakan terlebih dahulu kepada mereka apakah mereka bersedia menjadi kontak terpercaya anda untuk akun facebook anda.

Dalam masalah ini, disarankan untuk tidak asal memilih kontak terpercaya, namun pilihlah kontak yang benar-benar bisa anda percaya, semisal sahabat atau keluarga anda sendiri.

1. Untuk Menambahkan Kontak Terpercaya, silahkan masuk ke Pengaturan Akun Facebook anda.
2. Kemudian pilih Keamanan dan Info Masuk.
3. Pada Menu Penyiapan Keamanan Extra, pilih Kontak Terpercaya kemudian pilih Edit.
4. Pilih 3 sampai 5 teman untuk dijadikan kontak terpercaya.
5. Akan ada pesan, kemudian pilih Kontak Terpercaya.
6. Tulis minimal 3 nama teman facebook untuk kontak terpercaya anda, setelah selesai pilih Konfirmasi.

# Menambahkan Lebih dari Satu Email ke Akun Facebook Anda

Mengapa kita perlu menambahkan lebih dari satu email ke akun facebook? Karena tidak semua email yang kita miliki nantinya dapat kita andalkan.

Semisal jika melupakan kata sandi kita, dan kita meminta facebook untuk mengirim kode verifikasi melalui email, maka kita akan mempunyai banyak pilihan email yang dapat kita andalkan.

Andaikan kita hanya memiliki satu email ketika akun facebook kita dalam keadaan terkunci, dan kita tidak dapat mengakses email tersebut, lantas bagaimana cara untuk menyelamatkan akun facebook kita yang sedang terkunci?

Jika ada cara lain untuk masuk, maka langkah ini tidak menjadi masalah.

1. Untuk menambahkan beberapa email dalam satu akun facebook, siahkan masuk ke Pengaturan Facebook Anda.
2. Pilih Menu Umum.
3. Masuk ke Menu Kontak.
4. Lalu pilih Tambahkan email atau nomor seluler lainnya.
5. Masukkan Email anda kemudian pilih Tambahkan.
6. Pada langkah ini anda harus mengonfirmasi email anda dengan cara masuk ke akun email anda kemudian klik tautan yang dikirimkan facebook via email.

Pada menu ini facebook membuat perubahan baru, jika sebelumnya kita memilih menu email untuk menambahkan email lain, sekarang untuk menambahkan email lain kita pilih menu Kontak.


# Menambahkan Nomor Telepon Aktif ke Akun Facebook

Jika anda belum pernah menambahkan nomor telepon anda di akun facebook, maka anda tidak bisa menambahkan keamanan seperti autentikasi dua faktor, karena nomor telepon merupakan salah satu langkah keamanan yang dapat membuka fitur langkah keamanan lainnya.

Tambahkan setidaknya satu nomor telepon aktif ke akun anda, atau jika anda mempunyai dua nomor telepon silahkan tambahkan keduanya.

1. Untuk menambahkan Nomor Telepon ke Akun Facebook, langkahnya hampir sama seperti menambahkan email.
2. Pada menu nomor empat, silahkan pilih tambahkan email lainnya.
3. Pilih tambahkan nomor telepon anda.
4. Masukkan nomor telepon anda, kemudian pilih Lanjutkan.
5. Konfirmasi kode sms yang masuk pada nomor telepon anda.

# Menghapus Riwayat Browsing anda setelah Login ke Akun Facebook

Khusus untuk perangkat yang bukan milik anda, jika anda baru saja login pada perangkat lain ke akun facebook, disarankan untuk menghapus riwayat browsing beserta data cookie browser dengan segera setelah anda keluar dari akun facebook.

Setiap browser mempunyai cara yang berbeda-beda untuk penghapusannya. Silahkan sesuaikan dengan browser yang anda gunakan sekarang.

Keuntungan Menerapkan Semua Langkah Diatas

Beberapa langkah yang saya sebutkan diatas dapat anda terapkan dan tentunya sangat berguna bagi akun anda untuk kedepannya jika suatu saat akun anda mengalami masalah. Entah karena adanya spam atau peringatan percobaan masuk, anda dapat dengan mudah memulihkan akun anda tanpa cara yang ribet.

Jika anda mendapatkan peringatan percobaan masuk ke akun anda pada email anda, anda dapat mengabaikannya jika anda menggunakan fitur autentikasi diatas. Karena menurut saya dari semua langkah keamanan yang saya sebutkan diatas, langkah keamanan yang paling ampuh menurut saya adalah Autentikasi dua faktor.

Dengan begitu, percobaan masuk yang apapun caranya yang dilakukan orang lain akan tetap gagal selama mereka tidak mengetahui kode verifikasi yang dikirim ke nomor ponsel anda.

Demikian semoga postingan mengenai panduan keamanan ini dapat menambah wawasan anda dalam menjaga privasi akun facebook.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon