24/03/18

Membaca Pesan Whatsapp Melalui Fitur Widget di Homescreen

Ada-ada saja akal dari pengguna internet ketika ingin mencapai sesuatu hal yang diinginkannya tanpa perlu menyebabkan hal yang tidak diinginkannya. Yaitu membaca pesan dari whatsapp lain tanpa perlu ketahuan dari si pengirim whatsapp.

Terlihat sangat mustahil bukan? pasalnya whatsapp sudah merancang sistem aplikasinya, bahwa setiap user yang membuka pesan dari user lain, maka secara otomatis whatsapp akan memberitahu si user tersebut bahwa si user yang menerima pesan telah membaca pesan darinya.

membaca pesan whatsapp melalui widget home screen

Bagaimana cara whatsapp memberitahu si pengirim bahwa si penerima sudah membaca pesannya?

Tentunya ada cara tersendiri yang tidak membingungkan penggunanya, anda pasti sudah tahu apa fungsi dari ikon centang ketika anda mengirim pesan.

Disini terdapat ada 3 ikon, ikon pertama adalah ikon centang biasa yang menandakan penerima whatsapp belum menerima pesan dari si pengirim, mungkin kendalanya sipenerima tidak mengaktikan koneksi internet, atau bisa jadi koneksi si penerima memang tidak stabil.

Ikon kedua, ikon centang dua berwarna abu-abu yang menandakan pesan anda sudah terkirim ke tujuan namun belum dibaca oleh si penerima.

Terakhir, ikon centang dua berwarna biru yang artinya pesan anda sudah dibaca oleh si penerima.

Jika ada ikon lain selain ketiga ikon diatas berarti yang menjadi masalah bukan si penerima, melainkan kita sendiri, semisal ikon jam kosong, karena biasanya ikon seperti ini adalah sebagai tanda bahwa koneksi kita sendirilah yang tidak stabil.

Ikon-ikon diatas merupakan sebuah info dari sistem aplikasi whatsapp, selanjutnya kita sendirilah yang akan memahaminya.

Sekarang kita kembali ke topik tentang membaca pesan dari whatsapp orang lain tanpa perlu membuka pesan dari mereka.

Sebagian dari kita mungkin akan bertanya-tanya, apa mungkin seperti itu? paling-paling cuma mematikan koneksi internet atau memakai aplikasi tambahan lainnya sebagai alat bantu.

Sama sekali tidak, bahkan tidak perlu tools apapun, karena yang kita lakukan nanti hanya menggunakan aplikasi whatsapp saja yang terdapat di ponsel kita.

Caranya adalah menggunakan Widget Bawaan dari Aplikasi Whatsapp

Jadi anda tidak perlu mencari-cari tools apapun atau aplikasi tambahan yang dapat memberatkan ponsel anda nantinya.

Kelebihan Menggunakan Widget bawaan dari Whatsapp

  • Anda dapat membaca pesan whatsapp yang masuk tanpa harus membukanya.
  • Anda dapat membaca pesan yang masuk tanpa terlihat online.
  • Anda dapat melihat beberapa pesan yang belum terbaca sekaligus dalam satu widget.


Kekurangan Menggunakan Widget bawaan dari Whatsapp

  • Privasi anda tidak aman, karena pesan anda dapat dilihat langsung dari homescreen.
  • Memenuhi layar homescreen anda karena ukuran widget ini cukup besar.
  • Kinerja ponsel mungkin akan terpengaruh karena penambahan widget ini.


Setelah membaca kekurangan dan kelebihan menggunakan widget diatas, apakah anda masih akan tetap melanjutkan? Jika iya, silahkan siapkan layar kosong di homescreen atau menghapus beberapa widget yang tidak diperlukan.

Biasanya ada beberapa widget bawaan yang nongol walau kita tidak pernah menambahkannya, salah satunya yaitu widget jam, nah widget jam ini bisa anda hapus, mengingat widget ini juga muncul di layar kunci dan juga muncul di status bar, jadi saya rasa widget ini perlu untuk dihapus.

Setiap launcher biasanya punya cara tersendiri untuk menghapusnya, umumnya dengan menahan widget yang tidak diperlukan lalu mengarahkannya ke icon sampah, lalu otomatis terhapus.

Menambahkan Widget Whatsapp ke Layar Utama

Setelah dirasa ada ruang kosong yang cukup di layar utama, saatnya kita menambahkan widget whatsapp dilayar utama, umumnya dengan membuka menu layar utama lalu memilih widget, setelah itu memilih whatsapp.

Sekarang Widget Whatsapp anda sudah ditampilkan di layar utama.

Jika ada pesan whatsapp yang masuk nantinya akan terlihat di widget ini, sehingga anda dapat membaca pesan yang masuk tanpa harus membuka aplikasi whatsapp.

Bagaimana Cara Memperbesar Ukuran Widget Whatsapp?

Usahakan masih ada ruang yang cukup dilayar utama anda, karena dengan memperbesar ukuran widget berarti memerlukan ruang kosong yang lebih besar lagi.

Untuk memperbesarnya, anda hanya perlu menahan widget tersebut, lalu tinggal menggeser garis-garis tersebut kebawah hingga ukuran widget membesar.

Jadi, semakin besar ukuran widgetnya maka semakin banyak pesan yang dapat kita lihat dari layar utama.

Karena Whatsapp mempunyai dua versi, Yaitu Whatsapp untuk User Biasa dan Whatsapp Business, apakah kita bisa menerapkan cara yang sama di Whatsapp Business?

Tentu, hampir sama caranya, baik itu di aplikasi Whatsapp Biasa maupun di Whatsapp Business.

Tapi untuk Whatsapp Business, sebaiknya anda tidak menerapkan cara ini, karena Whatsapp Business adalah Whatsapp untuk bisnis, jadi tidak mungkin jika anda mengabaikan client atau pelanggan anda sendiri.

Kalau sudah diabaikan kemungkinan tingkat kepercayaan dari konsumen dapat berkurang, gara-gara mempraktekkan cara ini hehe.

Bagaimana, ingin mencoba membaca pesan orang lain tanpa membukanya?

Silahkan dipraktekkan, gunakan hanya di aplikasi whatsapp pribadi anda, jangan di whatsapp business.

Demikian semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon