08/04/18

Fitur Terbaru Blogspot, HTTPS kini tersedia untuk Blog Domain Khusus

Sejak Google mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa blog dengan https mempunyai peringkat yang lebih baik di search engine. Banyak master SEO yang kemudian beralih dari sambungan http ke https.

Tentunya dengan munculnya pernyataan ini banyak blogger-blogger pemula seperti saya yang kemudian ikut-ikutan beralih ke HTTPS, bukan karena ingin mencari peringkat disearch engine seperti para mastah, maupun menambah keamanan blog saya, melainkan saya menggunakan fitur ini karena fitur ini gratis.

fitur https untuk penguna blogspot

Katanya, blog dengan https mempunyai keamanan yang lebih unggul dibandingkan dengan blog http, tapi bagi saya itu sama saja, dan yang lebih utama dari semua itu adalah isi dari blog itu sendiri.

Dengan merubah blog kita dari http menjadi https, memang sebelumnya kita perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa layanan SSL pada penyedia layanan hosting yang kita pakai. Jadi intinya layanan ini sesungguhnya tidak gratis.

Mengingat https ini sangatlah langka dan perlu biaya tambahan untuk blog dengan custom domain, maka dari itu mungkin ini sedikit kabar gembira bagi blogger yang masih numpang di blogspot, namun menginginkan layanan https.

Apa kabar gembiranya?

Kabar gembiranya, mulai dari sekarang anda bisa menggunakan layanan SSL ini secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Layanan ini dikhususkan bagi pengguna blogger yang masih numpang dihosting Google, yaitu Blogspot.

Kalau anda bertanya-tanya, bukankah layanan https ini hanya dikhususkan untuk pengguna blogger saja, khususnya blog yang masih menggunakan domain blogspot.

Memang benar tapi itu dulu, karena mulai dari sekarang layanan itu juga berlaku untuk blogger yang menggunakan custom domain.


Awalnya saya juga tidak mengerti mengapa Google menyediakan layanan ini secara gratis, namun disamping itu ternyata juga google juga menyarankan kita untuk menggunakan https.

Karena seperti yang kita tahu, https merupakan layanan jaringan yang terenkripsi, sehingga blog dengan https mempunyai keamanan yang lebih baik daripada blog dengan http.


Apakah kita diwajibkan menggunakan sambungan https?

Sebenarnya sama sekali tidak diwajibkan khususnya bagi blog yang sebagian besar isinya hanya sebuah artikel, kecuali jika blog anda tempatnya tukar-menukar dan mengirim data misalnya blog jual beli, maka anda wajib menggunakan sambungan https.

Tapi karena saya mendengar pernyataan Google yang mengatakan bahwa blog dengan https mempunyai peringkat yang lebih baik, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan blog ini ke sambungan https.

Meskipun blog saya ini bukan tempatnya untuk tukar menukar data.

Mengaktifkan Fitur HTTPS pada Blogspot

Untuk mengaktifkan layanan ini, buka Dashboard Blogger Anda.

Buka Menu Setelan Dasar, kemudian scroll hingga anda menemukan menu Ketersediaan HTTPS, silahkan aktifkan fitur ini.

Setelan ini tidak langsung aktif di situs anda, anda harus menunggu setidaknya beberapa menit atau beberapa jam sampai layanan Pengalihan HTTPS tersedia untuk blog anda.

Setelah Layanan Pengalihan HTTPS aktif di Setelan Blogger anda, silahkan ubah Setelan Pengalihan ini menjadi YA.

Sekarang pengunjung blog anda akan selalu membuka blog anda dengan sambungan https, jika pengunjung blog anda membuka halaman non https, otomatis akan dialihan ke https.

Keuntungan menggunakan HTTPS di Blogger

Karena Google sangat menyukai keamanan, maka google akan mulai memberikan peringkat untuk blog yang menggunakan sambungan https, sebenarnya yang lebih terpenting dari peringkat adalah kepercayaan dari pengunjung itu sendiri.

Yup, kepercayaan memang jauh lebih penting, naik di hasil SERP hanyalah sebagai bonus bahwa blog anda memang mempunyai posisi yang pantas untuk dinaikkan di hasil pencarian.

Anda juga bisa mengatur beberapa blog anda dengan sambungan terenkripsi ini secara gratis, karena selama anda masih menumpang di layanan blogspot milik Google, anda diperkenankan menggunakan layanan ini tanpa dipungut biaya tambahan.

Berbeda dengan sebelum anda menggunakan https, kemungkinan besar anda akan kehilangan percayaan dari pengunjung blog anda selain itu blog yang serupa dengan anda yang menggunakan https mempunyai peringkat yang lebih baik di search engine.

Kekurangan menggunakan HTTPS di Blogger

Setelah anda menggunakan layanan https di blogger kemungkinan anda akan menemukan beberapa masalah diblog anda, khususnya bagi pemain adsense yang tengah memasang iklan di blognya, yaitu iklan anda tiba-tiba menjadi blank alias tidak tampil.

Ini merupakan masalah yang besar yang dapat mengakibatkan turunnya pendapatan, namun untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidaklah sulit, karena diluar sana banyak website-website yang sudah menyediakan tutorial untuk mengatasi masalah ini.

Salah satu dari website yang pernah saya baca, mereka menyarankan untuk mengubah setiap link didalam template blogger yang masih menggunakan http. Juga mengubah setiap kode iklan adsense menjadi support https, karena pada dasarnya kode iklan adsense ini hanya khusus untuk website http.

Apakah Blog kita perlu disubmit Ulang di Google Search Console?

Setelah anda mengaktifkan layanan https mungkin akan timbul sebuah pertanyaan, apakah blog kita perlu disubmit ulang?

Hal itu juga pernah saya pikirkan sebelumnya, saya tidak langsung mensubmit ulang blog saya melainkan mencari-cari info di forum-forum yang akhirnya saya ketemu dengan jawabannya.

Tidak perlu submit ulang di Google Search Console.

Jawaban ini saya temukan pada topik pembicaraan di forum ads indonesia, ada member yang bertanya soal https, apakah kita perlu submit ulang.

Lalu para master disana menjawab tidak perlu, ya karena banyak yang menjawab tidak submit ulang, akhirnya saya juga ikut-ikutan untuk tidak submit ulang.

Sampai sekarang saya juga masih menggunakan Google Search Console saya yang lama, dan tidak ada perbedaan.

Jadi Intinya, dengan hadirnya fitur terbaru ini di Blogspot, apakah sebaiknya kita menggunakan HTTP atau HTTPS ?

Kalau saran saya sebaiknya menggunakan https, mengingat layanan ini gratis dan diluar sana banyak yang menyediakan layanan ini secara berbayar, tapi di blogspot ini anda akan mendapatkan layanan ini secara cuma-cuma.

Mungkin saran dari master akan sedikit berbeda dengan saran yang saya sampaikan, karena diluar sana juga masih ada master-master blogging yang masih menggunakan sambungan http, meskipun mereka masih menggunakan blogspot.

Intinya kembali ke diri kita masing-masing, apakah kita mau menggunakan layanan ini atau tidak.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon