09/04/18

Langkah dan Solusi Ketika Anda Kehilangan Kartu ATM

Ketika anda kehilangan sebuah kartu ATM hal pertama yang disarankan yaitu tidak usah panik, karena jika anda panik, akan sangat sulit bagi anda untuk menjelaskan permasalahan ini ketika anda menghubungi customer care bank anda.

Memang biasanya kita semua akan panik ketika kehilangan kartu ATM, karena takut terjadi apa-apa semisal saldo ATM menjadi terkuras atau terkait kartu lainnya yang juga hilang bersamaan dengan kartu ATM, misalnya dompet dan juga kartu tanda penduduk.

Sebenarnya selama orang lain tidak mengetahui PIN dari ATM anda, anda tidak perlu merasa cemas, karena mereka yang menemukannya tidak akan bisa mengakses kartu ATM anda, jadi dalam masalah ini sebaiknya anda segera menyiapkan langkah dan solusi untuk mendapatkan kartu ATM anda kembali.

Tapi jika anda juga kehilangan kartu tanda penduduk mungkin sebaiknya anda menelusuri riwayat tempat terakhir kali anda, atau berharap semoga ada yang menemukannya dan mengembalikannya, intinya selalu berpikir positif.


Kehilangan Kartu ATM karena Tertelan Mesin ATM

Jika anda kehilangan kartu ATM karena tertelan mesin, mungkin dikarenakan anda pernah salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali atau bagian sensor dari kartu ATM anda pernah terkena goresan sehingga menyebabkan ATM anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Biasanya anda dapat meminta bantuan dari pihak terdekat untuk membantu anda, misalnya jika kehilangan di Indomaret atau Alfamart.

Pada postingan ini, saya akan menjelaskan langkah dan solusi dari kehilangan ATM BCA dan Maybank, jadi untuk nasabah bank lain mungkin anda dapat menerapkan langkah yang sama.

Langkah dan Solusi Ketika Kehilangan Kartu ATM BCA

Untuk anda yang ingin melakukan pemblokiran kartu ATM secara cepat, namun tidak mempunyai waktu untuk keluar rumah, atau sekedar berkunjung ke ATM terdekat, silahkan menghubungi Halo BCA untuk meminta pemblokiran Kartu ATM anda.

Khusus bagi pengguna Internet Banking BCA, kemungkinan anda masih memiliki kesempatan untuk memblokir ATM milik anda sendiri, salah satunya yaitu membuat kesalahan dengan memasukkan PIN anda sebanyak tiga kali melalui Key BCA.

Sebelumnya silahkan transfer semua uang anda ke rekening lain sebelum melanjutkan, anda masih bisa meminjam rekening teman anda untuk menampung saldo rekening anda.

Setelah Rekening anda terblokir, maka siapa saja yang mengetahui PIN beserta membawa kartu ATM anda tidak dapat lagi menggunakan Kartu ATM anda.

Kecuali anda sendirilah yang harus datang ke kantor Cabang BCA dengan membawa beberapa lampiran berikut.

  • Buku ATM Anda.
  • Kartu ATM Anda.
  • Kartu Keluarga Anda (jika diperlukan).

Setelah anda mengaktifkan kembali Rekening BCA anda, anda akan mendapatkan kartu ATM baru sekaligus membuat PIN baru untuk kartu ATM anda yang baru.

Uang yang ada didalam rekening anda akan terpotong untuk biaya pembuatan Kartu ATM baru anda.

Tapi sebenarnya itu tidak menjadi masalah, dibandingkan dengan keamanan yang sudah anda dapatkan sebelumnya.

Jika anda merasa kehilangan Saldo Rekening didalam ATM

Maka disarankan untuk langsung menghubungi Halo BCA saat itu juga dan meminta penjelasan kapan terakhir kali anda menggunakan Kartu ATM anda.

Anda akan mendapatkan informasi berikut dari Halo BCA anda:

  • Tempat terakhir kali anda menggunakan kartu ATM Anda, misalnya Indomaret atau Alfamart (WS ID).
  • Kapan Terakhir kali anda memggunakan kartu ATM Anda (Waktu dan Tanggal).

Serta meminta Rekaman CCTV jika diperlukan, hal itu juga pernah saya lakukan ketika saya menghubungi Halo BCA.

Langkah dan Solusi Ketika Kehilangan Kartu ATM Maybank

Siapa yang tidak kenal dengan Nama Bank ini, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama bank ini jika anda sebelumnya adalah Nasabah dari Bank ini.

Maybank merupakan nama bank yang telah berganti nama, semula bernama Bank BII. Karena nama bank ini sudah berubah otomatis layanan Bank BII kini telah dipindahkan ke Maybank.

Nah, membahas permasalahan sebelumnya yaitu Ketika kehilangan ATM Maybank

Apa yang harus anda lakukan?

Berdasarkan info yang saya dapat dari Fanspage Facebook Maybank Resminya, mereka telah mengatakan, jika anda kehilangan Kartu ATM baik karena Tertelan Mesin, salah memasukkan PIN, atau lupa menaruh Kartu ATM, berikut ini adalah beberapa langkah dan tindakan yang harus anda ambil.

  • Bersikaplah tetap tenang, karena semuanya akan berjalan dengan lancar jika kita bersikap lebih tenang.
  • Kemudian Hubungi Customer Care Maybank melalui telepon 69811 (HP) atau melalui 1-500-611 (telepon rumah/kantor). Atau anda juga bisa langsung email ke customercare@maybank.co.id
  • Transfer semua saldo rekening anda ke Rekening anda yang lain, atau jika tidak punya anda dapat meminjam rekening teman anda,

Untuk melakukan transfer melalui internet banking, dalam hal ini saya pernah menjelaskan Panduan Transfer Dana Maybank Melalui Internet Banking

Langkah selanjutnya adalah meminta Surat Kehilangan Kartu ATM anda ke Kantor Polisi.

Setelah semuanya sudah anda lakukan, maka langkah terakhir adalah datang ke Kantor Cabang Maybank terdekat di kota anda.

Silahkan untuk meminta agar Kartu ATM anda yang sebelumnya diblokir secara permanen, kemudian mintalah untuk dibuatkan Kartu ATM yang baru.

Langkah dan Antisipasi Untuk Menghindari Kehilangan Kartu ATM

Antisipasi ini bukan hanya untuk mereka yang pernah kehilangan, melainkan juga untuk siapa saja yang mempunyai kartu ATM, termasuk untuk saya sendiri.

1. Pastikan anda tidak menaruh PIN ATM anda didalam sebuah kertas, catatan, maupun dalam aplikasi ponsel anda, karena sangat rentan, jika terpaksa karena takut lupa silahkan berikan nama catatan tersebut dengan nama lain, asalkan jangan diberi judul PIN ATM Saya.

2. Apapun yang terjadi usahakan anda tidak perlu membawa kartu ATM anda kemana-mana, jika ada perlu, maka bawalah uang cadangan secukupnya sebagai penggantinya.

3. Jangan menaruh Kartu ATM anda pada tempat yang kotor, karena hal itu dapat berpengaruh terhadap sensor pada Kartu ATM anda, jika sensor hitam pada kartu ATM anda telah kotor maka dapat menyebabkan kartu ATM anda tidak dapat dipakai lagi.

Setelah anda membaca solusi diatas semoga kita semua dapat mengantisipasi dengan menerapkan langkah diatas agar tidak kehilangan kartu ATM.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon