17/04/18

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah pada Whatsapp

Whatsapp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang paling mementingkan pengalaman penggunanya, itu bisa dilihat dari beberapa fitur yang disediakannya.

Selain itu, ada juga satu fitur yang disebut sebagai enkripsi end-to-end yang artinya pesan-pesan atau panggilan yang kita lakukan tidak dapat didengar atau dibaca oleh pihak ketiga.

Tentunya dengan keamanan yang sangat kuat dan fiturnya yang mumpuni dapat menjadikan whatsapp sebagai salah satu sosial media terbaik sepanjang masa.

Kalau kamu adalah pengguna whatsapp sejak lama mungkin diantara kamu atau teman kamu ada yang sering melupakan satu fitur penting ini: Verifikasi Dua Langkah.

Kamu pasti pernah mendengar fitur ini kan?

Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan verifikasi melalui sms sebelum pada akhirnya kamu dapat masuk ke akun sosial media kamu, tapi di whatsapp fitur ini benar-benar beda (Whatsapp menggunakan PIN). Kira-kira seperti ini langkah masuknya:

langkah menggunakan verifikasi dua langkah pada whatsapp

Ini hanya berlaku satu kali, yaitu pada setiap kali kamu mencoba login ke aplikasi whatsapp.

Kalau kamu adalah orang yang suka berganti-ganti akun, maka fitur ini wajib kamu gunakan, selain melindungi akun kamu dari penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang sekitarmu, fitur ini juga memungkinkan akun kamu terhindar dari h4cker.

Mengaktifkan Fitur Verifikasi Dua Langkah Pada Akun Whatsapp

Untuk Mengaktifkan Fitur ini sebenarnya sangat mudah anda hanya perlu menyiapkan nomor seluler yang terdaftar di akun whatsapp.

Kalau kamu menggunakan nomor seluler yang berbeda dengan akun whatsapp kamu, maka kamu tidak bisa menerapkan langkah ini, kecuali nomor jika kamu sedang kamu bawa saat ini.

Jangan menerapkan langkah ini, jika nomor seluler asli whatsapp kamu sedang dibawa oleh orang lain, karena dapat beresiko serius pada keamanan akun, kecuali mereka adalah orang yang terpercaya.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudahnya yang saya sertakan pada gambar dibawah ini:

langkah mengaktifkan verifikasi dua langkah pada whatsapp

Untuk lebih jelasnya:

1. Buka Aplikasi Whatsapp anda, kemudian buka Setelan pada Whatsapp.

2. Pada Setelan Whatsapp silahkan Pilih Menu Akun.

3. Nah pada menu ini, pilih lagi Verifikasi Dua Langkah.

4. Sekarang anda sudah masuk ke menu Verifikasi Dua Langkah, silahkan Aktifkan fitur ini dengan memilih Menu Aktifkan.

5. Buat sebuah PIN baru yang akan kamu gunakan untuk Login ketika kamu mencoba Login Whatsapp dari Ponsel Lain.

Untuk keamanan akun, Buatlah PIN yang tidak berkaitan dengan data apapun, misalnya jangan menggunakan tanggal lahir anda, maupun hari ulang tahun pasangan anda.

6. Setelah membuat PIN, Pilih Lanjut. Kemudian Konfirmasi PIN anda sekali lagi.

7. Sekarang anda akan diminta untuk memasukan alamat Email, email ini nantinya digunakan untuk memulihkan akun anda ketika anda lupa PIN Verifikasi Dua Langkah.


8. Kemudian pilih Lanjut, sekarang masukkan ulang email anda untui memastikan bahwa email yang anda masukkan sudah benar, kemudian Pilih Selesai.

Sekarang anda sudah membuat verifkasi dua langkah pada akun whatsapp anda. Setelah anda melakukan langkah-langkah diatas anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi sampai anda berpindah akun whatsapp dari ponsel lain.

Menggunakan Verifikasi Dua Langkah Ketika Memindahkan Akun Ke Ponsel Lain

Setelah anda menerapkan langkah-langka diatas dan memutuskan untuk berpindah akun, berikut ini adalah beberapa langkah mudahnya:
  • Pilih Setuju dan Lanjutkan pada Aplikasi Whatsapp di Ponsel Baru.
  • Masukkan nomor telepon yang akan anda pindahkan.
  • Masukkan Kode Verifikasi Whatsapp Anda yang dikirim melalui sms.
  • Sekarang anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi dua langkah, masukkan kode PIN anda sesuai dengan kode PIN yang anda buat sebelumnya.
  • Sekarang anda sudah bisa masuk ke akun Whatsapp anda seperti biasanya.

Bagaimana jika saya lupa PIN dari kode Verifikasi Dua Langkah?

Jika anda sebelumnya memasukkan alamat email anda, anda dapat meminta whatsapp untuk mengirimi email yang berisi tautan untuk mematikan verifikasi dua langkah pada akun whatsapp anda.

Step untuk mematikan verifikasi dua langkah pada whatsapp:

cara mematikan verifikasi dua langkah pada whatsapp ketika lupa pin

Untuk lebih jelasnya:

Masuklah pada email anda untuk membuka pesan dari Whatsapp, kemudian klik tautan yang anda terima dari Whatsapp, jika anda tidak dapat mengklik tautan dari Whatsapp, maka anda dapat menyalin tautan anda dan mempastekannya ke browser.

Anda akan diarahkan ke halaman untuk mematikan verifikasi dua langkah pada akun anda, silahkan konfirmasikan dengan menekan Tombol Konfirmasi.

Setelah anda mematikan fitur ini, anda dapat masuk pada akun whatsapp seperti biasanya tanpa proses verifikasi dua langkah, dan silahkan atur ulang jika anda ingin mengaktifkannya kembali seperti pada langkah diatas.

Jika kamu bertanya-tanya, kenapa verifikasi dua langkah pada whatsapp berbeda dengan sosial media lain seperti facebook, instagram, dan google accounts?

Karena kita akan dikirimi oleh whatsapp berupa kode verifikasi setiap kali kita mencoba login ke akun kita. Tentunya sangat tidak menungkinkan bagi Whatsapp untuk mengirimi dua kode sekaligus berupa kode verifikasi akun dan verifikasi dua langkah pada satu ponsel.

Jika terjadi demikian tentu sama saja kemanan akun kita sama seperti diawal alias tidak ada perubahan apa-apa dengan keamanan akun.

Itulah kenapa Whatsapp menggantikan Fitur Verifikasi Dua Langkah ini dengan Kode PIN yang harus kita ingat, jadi kode ini tidak otomatis dibuat oleh mesin melainkan kita sendiri yang membuatnya.

Nah setelah tahu perbedaan, tentu kalian akan paham bukan maksudnya, karena perbedaan inilah yang membuat saya semakin suka menggunakan Whatsapp.

Demikian semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

2 komentar

Saya lupa no pin sama email.a masikah bisa aktif lagi saya ganti hp.y

kalau lupa pin sama emailnya kayaknya nggak ada cara lain gan.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon