20/05/18

Cara Menemukan Arah Kiblat Menggunakan Qibla Finder

Halo sobat bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu dibulan yang suci ini, pada kesempatan kali ini saya akan berbagai bagaimana cara menemukan arah kiblat menggunakan Aplikasi Qibla Finder, apa itu Qibla Finder? Qibla Finder adalah aplikasi buatan Google yang dikhususkan untuk menemukan arah kiblat seorang muslim yang ingin melaksanakan sholat.

Aplikasi ini juga cocok digunakan untuk kalian yang sedang berada dalam perjalanan namun tidak mengetahui arah kiblat kalian yang sebenarnya, sebenarnya kalian masih bisa bertanya kepada orang sekitar tapi tidak ada salahnya kita bisa menentukan sendiri arah kiblat kita menggunakan teknologi dari Google yang satu ini.


Apakah Qibla Finder benar-benar akurat?

Karena aplikasi ini asli buatan Google, jadi saya yakin aplikasi ini benar-benar akurat. Siapa sih yang tidak kenal dengan Google? salah satu perusahaan pencarian yang sangat terkenal didunia. Google sendiri juga punya banyak aplikasi lain yang cukup bermanfaat, tapi bagi seorang muslim mungkin salah satu aplikasi ini benar-benar bermanfaat.

Sebelum menggunakan aplikasi ini Google sendiri menyarankan kita untuk mengkalibrasikannya dengan kompas sebelum kita menggunakan Qibla Finder, agar hasil yang kita dapat nantinya benar-benar maksimal.

Apakah Qibla Finder dapat digunakan di Android?

Qibla Finder sendiri sebenarnya bukan dalam bentuk aplikasi Android, melainkan Aplikasi Browser, jadi kalau kita ingin menggunakan Qibla Finder, kita harus mengaksesnya dengan menggunakan browser kita masing-masing.

Saya menyarankan kalian untuk menggunakan Browser Google Chrome atau browser bawaan android kalian. Jangan menggunakan browser mini karena hasilnya tidak akan akurat.

Pastikan sebelum menggunakan Qibla Finder, kita harus sudah mengaktifkan GPS, karena Qibla Finder akan menggunakan GPS kita untuk menentukan arah kiblat.

Minimal RAM untuk menggunakan Qibla Finder

Seringkali mengalami force close saat menggunakan Qibla Finder? mungkin banyak aplikasi yang berjalan pada Latar sehingga memungkinkan Google Chrome untuk menutup Aplikasinya.

Agar tidak terjadi force close saat menggunakan Qibla Finder, disarankan untuk menutup beberapa aplikasi yang berjalan dilatar, atau gunakan RAM Android setidaknya minimal 1GB atau keatasnya.

Bagaimana Cara Qibla Finder Menentukan Arah Kiblat yang tepat?

Qibla Finder menggunakan Lokasi Ka'bah dan lokasi Anda saat ini (yang diberikan oleh GPS atau secara manual) hal ini seperti yang diungkapkan oleh Google melalui bantuan support.

Oke langsung saja kita ke TKP.

Cara Menggunakan Qibla Finder

Kunjungi Situs Qibla Finder atau ketikkan secara manual di address bar dengan alamat qiblafinder.withgoogle.com.

Untuk menggunakan Qibla finder silahkan simak gambar dibawah ini:


Untuk lebih jelasnya:

1. Pada halaman Awal Qibla Finder, pilih Negara Indonesia kemudian pilih Ayo.

2. Pada halaman ini Google akan meminta akses ke kamera dan Lokasi silahkan pilih OK.

3. Pada popup minta Izin untuk mengakses kamera, pilih Izinkan.

4. Selanjutnya muncul popup lagi untuk meminta Izin mengakses lokasi, pilih Izinkan.

5. Sekarang tentukan arah kiblat anda dengan meletakkan ponsel anda di tempat yang datar.

Kalibrasikan Dengan Kompas

Untuk mendapatkan Hasil yang maksimal saat menggunakan Qibla Finder, Google menyarankan kita untuk membuat kalibrasi dengan Kompas. Jika ponsel anda tidak menyediakan kompas bawaan, anda bisa mendownload aplikasi kompas di Google Playstore.

Selanjutnya buatlah kalibrasi berbentuk angka delapan pada aplikasi kompas anda, agar lebih mudah pemahaman anda bisa membuka drawer Qibla Finder kemudian buka Menu Kalibrasi Kompas.

Kenapa Qibla Finder Meminta Akses Kamera dan Lokasi?

Kamera dan Lokasi merupakan kedua hal yang saling berkaitan, apabila anda menginginkan hasil yang benar-benar maksimal anda harus mengizinkan Google untuk menggunakan Lokasi dan Kamera anda untuk menentukan arah kiblat yang akurat.

Informasi Kamera dan Lokasi anda nantinya tidak akan dibagikan untuk keperluan selain Qibla Finder, dan hanya anda sendirilah yang dapat mengontrol aksesnya secara penuh.

Mungkin cukup sekian dari postingan yang saya bahas kali ini. Saya yakin penggunaan Aplikasi Qibla Finder ini benar-benar mudah, jadi pasti kalian sudah bisa menggunakannya sendiri.

Demikian semoga postingan ini bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon