29/05/18

Kabar Gembira, Facebook Marketplace Kini Sudah Rilis di Indonesia

Hai semuanya, ada kabar gembira nih buat kita semua, sekarang facebook sudah menghadirkan fitur baru loh yang bernama marketplace, bagi yang belum tahu dengan marketplace berarti anda nggak pernah jual beli online hehe.


Setelah sebelumnya marketplace ini hanya tersedia untuk beberapa negara tertentu saja, kini facebook secara resmi mengumumkan bahwa marketplace ini sudah tersedia untuk beberapa negara lain, termasuk indonesia.

Marketplace ini dapat dikatakan mirip seperti OLX/Tokobagus, kenapa saya katakan mirip? karena sistem kerjanya tidak jauh beda dengannya, seperti anda dapat bertemu secara langsung dengan si penjual yang tempat tinggalnya tidak jauh dari tempat tinggal anda saat ini.

Setelah itu anda bisa langsung berkomunikasi dengan sipenjual maupun si pembeli secara langsung.

Kekurangan Facebook Marketplace

Tidak seperti marketplace lainnya, kebanyakan pengguna facebook marketplace masih suka ngawur, salah satunya yaitu pasang harga yang tidak sesuai, atau bahkan tidak dikasih harga.

Kelebihan Facebook Marketplace

Tentunya gratis dan tanpa batas, anda bisa berjualan sesuka hati anda tanpa dikenakan biaya tambahan kecuali koneksi internet atau data seluler. Selain itu, produk anda dapat tersebar luas di kalangan pengguna facebook, sehingga memungkinkan anda bisa mendapatkan pembeli dengan cepat.

Sistem Kerja Marketplace Milik Facebook

Sebenarnya sistem kerjanya nggak usah kita jelaskan, tapi mungkin karena banyak yang belum tahu dan masih awam dengan marketplace, jadi kita jelaskan saja tentang sistemnya.

Seperti yang sudah saya katakan sistem kerja marketplace ini mirip dengan OLX/Tokobagus. Untuk detailnya adalah sebagai berikut:

Facebook hanya menampilkan barang-barang yang sesuai dengan jangkauan pengguna, alias barang-barang yang dijual ditoko terdekat dikota pengguna.

Bagaimana facebook bisa tahu kalau saya tinggal di jakarta?

Karena facebook menggunakan salah satu informasi profil anda untuk dijadikan patokan, dimana anda bertempat tinggal, salah satunya yaitu informasi Kota Anda Saat Ini. Informasi ini bukan berdasarkan GPS, melainkan informasi yang pernah anda tulis sendiri sewaktu anda mendaftar ke facebook. Misalnya anda pernah men setting tinggal di jakarta, anda akan melihat barang-barang yang dijual di jakarta.

Jangan khawatir, facebook tidak akan menyebarkan info profil anda untuk kepentingan lain, melainkan hanya untuk kepentingan anda sendiri. Salah satunya yaitu untuk kepentingan marketplace yang sedang anda jelajahi.

Selain itu, facebook juga dapat menggunakan lokasi GPS anda untuk menampilkan hasil marketplace yang relevan dengan tempat anda saat ini.

Apakah Facebook Menggunakan Sistem Rekening Bersama untuk Marketplace ini?

Sayangnya belum, namun kemungkinan tidak akan pernah ada, kita tunggu saja untuk kedepannya apakah facebook akan merilis fitur ini, fitur yang sama halnya seperti bukalapak, tokopedia, dan sebagainya.

Untuk anda yang belum tahu tentang rekening bersama, rekening bersama adalah sistem dimana ketika anda melakukan pembelian suatu barang maka anda harus membayar sejumlah uang berdasarkan harga yang ditetapkan penjual, tapi uang yang anda bayar tidak akan masuk ke kantong si penjual secara langsung.

Melainkan masuk ke kantong pihak ketiga terlebih dahulu, awalnya pihak pembeli harus mengonfirmasikan kepada pihak ketiga bahwa mereka sudah melakukan transfer sesuai dengan nominal yang ditetapkan oleh penjual.

Setelah itu pihak ketiga akan menyampaikan ke penjual bahwa pembeli sudah melakukan transfer, setelahnya pihak penjual akan mengirimkan barang dan diterima oleh pembeli. Barulah pihak ketiga tadi mengirimkan uang dari si pembeli.

Pihak ketiga yang saya maksud disini adalah pihak yang menyediakan sistem rekening bersama, contoh sederhana dari sistem ini, anda bisa melihat dari sistem kerja bukalapak. Misalnya anda membeli barang dari bukalapak, pasti anda tidak akan langsung transfer uang ke penjual kan? melainkan ke rekening milik bukalapak terlebih dahulu.

Membeli Barang di Facebook Marketplace

Untuk membeli barang di Facebook marketplace sebenarnya sangat mudah.

Pertama, pastinya anda harus sudah memiliki akun facebook, kalau tidak punya akun facebook berarti harus membuat akun terlebih dahulu.

Kedua, kunjungi tab/menu marketplace tepatnya di sebelah kiri atas, dalam hal ini saya menggunakan desktop, untuk pengguna mobile anda bisa masuk ke marketplace melalui menu drawer facebook.


Ketiga, sekarang barang-barang dari marketplace akan ditampilkan diberanda marketplace, rata-rata barang yang ditampilkan di market place adalah barang-barang yang dijual disekitar anda.


Keempat, pilih salah satu barang yang sesuai dengan minat anda, setelahnya kirimkan pesan kepada penjual bahwa anda minat dengan barang mereka dan anda ingin membelinya.

Kelima, lakukan pertemuan dengan sipenjual untuk proses pembelian barang, dalam hal ini saya sarankan untuk tidak menjangkau daerah-daerah yang tempatnya jauh dari tempat anda saat ini, atau pilih daerah yang lebih dekat.

Sebenarnya tidak begitu masalah jika jangkauannya terlalu jauh, namun untuk proses kemudahannya sebaiknya pilih daerah yang lebih dekat meskipun harga barangnya jauh lebih mahal.

Memahami Fitur-fitur di Facebook Marketplace

Jarak Mil - Jarak mil adalah jarak yang ditampilkan antara tempat tinggal si penjual dan si pembeli.

Kota (Terkait Profil) - Merupakan kota yang tercantum di profil anda, jika anda sedang berada diluar kota, anda bisa mengubah kota yang terkait dengan profil/atau klik kota (terkait) kemudian pilih kota saat ini.

Kategori - Agar memudahkan anda untuk menemukan barang-barang yang sesuai dengan minat anda, anda bisa mengatur kategori seperti Elektronik, Rumah, dan sebagainya.

Setelah menjelaskan bagaimana cara membeli barang dari marketplace facebook, anda juga bisa menjual barang-barang anda di marketplace facebook.

Menjual Barang di Marketplace Facebook

Untuk menjual barang di facebook marketplace, anda diharuskan masuk ke facebook melalui situs desktop.

Kenapa kita harus masuk ke facebook melalui situs desktop?

Karena fitur jual barang tidak disediakan oleh facebook melalui situs mobile sehingga mau tidak mau kita harus menggunakan situs desktop. Untuk masuk ke situs desktop sebenarnya nggak hanya lewat komputer saja, di hape sebenarnya masih bisa cuma saya tidak akan menjelaskannya karena nanti terlalu panjang.

Sekarang lanjut untuk jual barang di marketplace.

Pertama, pastinya anda harus sudah masuk ke akun facebook.

Kedua, masuk ke menu marketplace, tepatnya disebelah kiri atas layar komputer desktop.

Ketiga, setelah masuk ke marketplace, sekarang pilih Jual Sesuatu.


Keempat, masukkan detail tentang barang yang anda jual mulai dari nama barang, kategori, sampai dengan harga barang jualan anda. Jangan lupa untuk memasukkan maksimal 10 foto barang dagangan anda.


Kelima, sekarang silahkan tunggu sampai ada para pembeli yang datang.

Barang dagangan anda akan masuk tab Jual, apabila sudah ada pembeli yang membeli barang anda, anda bisa langsung menandai barang anda sebagai telah terjual melalui tab jual.

Tips agar sukses berdagang di marketplace

Tidak bisa dipungkiri, menarik calon pembeli mungkin rasanya sangat susah, karena pembeli di dunia maya tidak sama seperti pembeli didunia maya. Mereka tidak bisa melihat langsung barang dagangan yang akan mereka beli, melainkan hanya berupa foto maupun gambar yang hanya dipostingkan oleh penjual.

Lalu bagaimana cara menarik calon pembeli di marketplace?

Sebenarnya sangat sederhana,

Pertama, berikan hasil foto terbaik dengan kualitas yang sangat jernih.

Ini sangat mungkin, atau jika tidak memungkinkan anda bisa melakukan pengeditan terlebih dahulu seprofesional mungkin menggunakan software edit foto seperti photoshop dan sejenisnya.

Kedua, upload beberapa foto sekaligus di marketplace.

Biasanya setiap pegunjung karakternya berbeda-beda, ada yang sekali melihat langsung yakin ada yang sekali melihat belum yakin maka dari itu berikan lampiran beberapa foto maksimal 10 di marketplace anda.

Ketiga, berikan deskripsi secara lengkap mengenai barang yang anda jual.

Deskripsinya harus jujur dan apa adanya namun menarik ketika dibaca, selain itu anda juga harus lengkap ketika menulis deskripsi, karena deskripsi merupakan salah satu gambaran kualitas dari produk yang akan anda jual.

Keempat, balas setiap obrolan yang masuk dari pembeli/peminat di marketplace anda.

Walaupun mereka hanya sekedar berminat namun tidak jadi membeli, alangkah baiknya jika kita tetap membalas percakapan mereka, karena mungkin saja mereka akan membeli disuatu hari nanti.

Kelima, jalin silaturahmi dan hubungan  baik dengan si pembeli ketika bertemu.

Ini yang terakhir, biasanya banyak orang yang ketemu dengan si pembeli ketika menjual sesuatu, lalu memberikan barang pesanannya, setelah itu pergi begitu saja, tanpa jejak. Kalau terus seperti ini, jujur bagaimana bisa punya calon pelanggan setia?

Mungkin cukup sekian dari postingan saya ini, mudah-mudahan pembahasan mengenai Kabar Gembira, Facebook Marketplace Kini Sudah Rilis di Indonesia ini benar-benar bermanfaat bagi yang membaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon