13/06/18

Kabar Monetisasi Youtube, Kapan Pengajuan Monetisasi Saya di Setujui oleh Youtube?

Setelah diterapkannya peraturan baru yang mewajibkan setiap publishernya memiliki 4000 jam waktu tonton dan 1000 subscriber, mungkin banyak diantara youtuber yang sudah memenuhi syarat diatas namun tidak kunjung mendapatkan balasan email dari youtube.

kapan pengajuan monetisasi saya disetujui ?

Bahkan kabarnya, mereka semua masih digantung hingga beberapa bulan lamanya sejak hari pertama mereka memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Kenapa demikian lamanya?

Saya pribadi juga tidak tahu dengan pasti kenapa youtube tidak kunjung memberikan approve untuk calon pendaftar baru, berbeda dengan tahun 2016 dan tahun sebelumnya dimana pendaftaran untuk program partnernya sangat mudah dan tidak perlu memenuhi syarat diatas, asalkan mempunyai minimal satu video original.

Karena sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, mungkin ada alasan tersembunyi dibalik lamanya proses approve untuk program partner Youtube yang sekarang ini.

Diantaranya mungkin sebagai berikut ini:

1. Terlalu Banyak Calon Publisher Baru, Tapi Sedikit Sekali Calon Pemasang Iklan Baru

Untuk alasan pertama ini mungkin bisa jadi pihak youtube menangguhkan calon pendaftar baru, pasalnya jumlah publisher iklan adsense saat ini sudah mencapai lebih dari dua jutaan. Dan tidak menutup kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah jika Pihak Youtube terus menyetujui calon pendaftar baru.

Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika calon publisher iklan jumlahnya lebih banyak dibandingkan jumlah calon pemasang iklan? Tentunya ada sebagian calon publisher iklan yang tidak mendapatkan bagiannya.

2. Kebanyakan Creator Video Tidak Peduli Dengan Kontennya.

Alasan kedua, mungkin bisa jadi masuk akal. Pasalnya, kebanyakan orang yang ingin mendapatkan uang secara instan mengeluarkan berbagai macam cara, salah satunya yaitu mengupload video asal-asalan tanpa dikemas dengan baik.

Bahkan sebagian besar creator Youtube tidak peduli dengan kontennya sendiri, apakah kontennya bermanfaat atau tidak, pantas atau tidak, yang penting bisa ditonton.

Karena sebagian besar creator motivasinya hanya uang dan uang, bisa jadi, pengiklan tidak akan mau iklannya ditampilkan di video tersebut. Kalau pengiklan saja tidak mau, apalagi pihak Youtubenya sendiri?

3. Banyak Pelanggaran Yang Sering dilakukan Publisher

Kenapa Youtube lama sekali meninjau akun kita bukan karena kita tidak cocok bergabung dengan mereka, sebaliknya mereka hanya ingin mempertimbangkan apabila mereka menyetujui kebanyakan channel.

Karena seperti yang kita tahu, pelanggaran seperti hak cipta, konten tidak pantas, dan konten kekerasan seringkali muncul di Youtube, akibatnya Youtube lah yang sering disalahkan pengiklan. Padahal bukan Youtube yang salah, tapi para creator videonya.

4. Youtube Sedang Meninjau Channel Lama untuk memastikan kepatuhanya

Tidak hanya channel baru saja yang perlu ditinjau, bahkan saya pribadi pernah menjadi sasaran penolakan karena channel saya tidak memenuhi syarat untuk monetisasi.

Sehingga pada akhirnya channel saya di dismonetisasi atau dikeluarkan dari program partner Youtube, memang sedih rasanya, tapi itulah kenyataanya. Dan bagi yang belum ada kabar mengenai pengajuan anda, sebaiknya ditunggu saja, karena mereka mereview kembali channel-channel lama.

5. Banyak Yang Mengantri Untuk Diapprove

Youtube menggunakan tenaga manusia untuk mereview suatu channel, layak atau tidaknya itu keputusan dari mereka. Jika mereka lama mereview channel anda bukan berarti mereka akan menolak channel anda, tapi karena banyak calon publisher yang mengantri untuk ditinjau.

Jadi selama mengantri, tetaplah upload video semenarik mungkin, jangan berpikiran bahwa view video anda bakalan mubadzir.

Ingat!! kalau berpikir view anda bakalan mubadzir, biasanya itu cuma minset orang yang cuma ingin uang dan uang.

Kalau sudah ingin uang dan uang dapat dipastikan mereka pada akhirnya akan berhenti bermain Youtube sebelum mereka diapprove oleh Pihak Youtube.

Pesan : untuk saat ini sebaiknya jadikan Youtube sebagai sarana menyalurkan hobby anda.

Kapan Pengajuan Monetisasi Saya Disetujui Oleh Youtube?

Menurut perkiraan saya, youtube bakalan mengaprove suatu channel pada awal tahun 2019 kedepannya, ini cuma prediksi saya saja menurut pemantauan saya di beberapa grup besar yang terdapat di sosial media.

Karena sebelumnya pihak youtube pernah mengatakan bahwa peninjauan akan segera dilakukan sebelum akhir april, lalu menjelang akhir april ternyata tidak ada kabar sama sekali, begitupun juga pada akhir mei dan sekarang sudah masuk bulan juni.

Jadi, jangan terlalu menggantungkan harapan anda pada Youtube, karena peraturan Youtube saat ini sudah sangat ketat. Sebagai gantinya anda bisa mencari alternatifnya seperi membuat blog dan menghasilkan uang dari blog.

Memang ngeblog itu tidak mudah, tapi dengan ngeblog, setidaknya anda masih mempunyai alternatif lain apabila channel anda tidak diapprove oleh Youtube atau ditolak oleh Youtube, tapi semoga saja channel anda diapprove.

Sambil Menunggu Pengajuan Monetisasi Disetujui Oleh Pihak Youtube

Sebaiknya lakukan hal-hal bermanfaat seperti mengecek channel masing-masing, apakah ada pelanggaran misalnya pernah mengupload konten hak cipta dan sebagainya.

Atau memperbarui beberapa konten yang dirasa kurang enak untuk dilihat. Kalau ada yang kurang enak dilihat atau melanggar kebijakan sebaiknya langsung dihapus saja, atau dibuat privasi pribadi. Karena dikhawatirkan jika ditampilkan anda akan mengalami penolakan seperti yang pernah saya alami.

Mempunyai banyak viewer tidak bisa menjadi jaminan untuk diapprove, karena beberapa pengguna yang pernah saya lihat ada yang hanya mempunyai sedikit viewer tapi diapprove, sedangkan yang mempunyai banyak viewer malah ada yang ditolak, sisanya masih menunggu peninjauan, setelah diteliti ternyata channel yang mempunyai sedikit viewer isinya lebih menarik dari channel lainnya.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon