13/07/18

Cara Mengatasi Penyimpanan Penuh Pada Google Photos dan Langkah untuk Menghemat Penyimpanan

Sebagian besar pengguna Google Photos pasti sudah tahu, bahwa anda akan dikenai batasan apabila anda mengupload sebuah file atau foto ke server Google.

Kenapa kita mesti dibatasi? karena server itu milik google, bukan milik kita, dan kita disini sebenarnya adalah penumpangnya google. Jadi sangat wajar apabila Google membatasi kita, sama seperti batasan SD Card pada umumnya.

Server Google telah membatasi kita maksimal penyimpanan yang dapat kita pakai adalah 15 GB, lebih dari itu, kita harus membeli penyimpanan/atau lebih tepatnya berlangganan akun premium.

how to clean google photos storage

Penyimpanan sebesar 15 GB tersebut tidak hanya berlaku untuk Google Photos saja, melainkan berlaku juga untuk beberapa produk Google lain seperti Google Mail, Google Drive, dan Blogger. Dan mungkin masih ada lagi beberapa produk Google yang menggunakan penyimpanan.

Intinya, ketika kita menyimpan sesuatu ke server Google, pasti kita akan dibatasi oleh Google, karena kita adalah penumpangnya Google. Salah satu jalan untuk menambah slot penyimpanan ke server adalah dengan cara berlangganan akun premium.

Berlangganan Akun premium dari Google sebenarnya tidak mahal kok, anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp26.900 perbulan untuk penyimpanan 100GB, dan biaya Rp135.000 untuk penyimpanan 1TB.

Biaya diatas sebenarnya tidak sebanding dengan penyimpanan yang anda dapatkan, karena mengingat penyimpanan yang begitu besar, seharusnya anda bisa menampung semua data-data anda kedalam server Google, bahkan data-data dalam hardisk komputer anda sekalipun.

Tapi, ada tapinya.

Tidak semua orang bisa berlangganan akun premium dari Google, karena kebanyakan dari mereka terkendala dengan metode pembayaran Kartu Kredit, terutama pengguna di Indonesia.

Oleh karenanya pengguna indonesia mungkin merasa kesulitan saat berhadapan dengan metode pembayaran yang hanya diterima apabila menggunakan kartu kredit.

Jadi bagaimana cara alternatif lainnya untuk meningkatkan penyimpanan di Google Photos?

1. Meminjam Akun Gmail Teman untuk menyimpan foto

Jika kita memiliki satu email dan tidak ingin membuat email lainnya, maka langkah alternatif untuk menambah penyimpanan Google kita adalah dengan cara meminjam akun gmail milik teman kita, kemudian kita menitip file yang ingin kita upload ke server Google.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus sudah izin terlebih dahulu kepada teman kita, karena jika tidak, teman kita tidak akan tahu bahwa kita mengupload sesuatu kedalam akunnya, bahkan mereka bisa saja menyalahgunakan data anda karena anda mengupload sesuatu tanpa seizin darinya.

Pastikan mereka adalah orang-orang yang terpercaya, dan tidak akan melakukan apa-apa terhadap data-data anda.

2. Menggabungkan kumpulan foto-foto dalam bentuk video slide kemudian mengunggahnya di Youtube

Youtube merupakan salah satu produk milik Google, siapapun yang mengunggah video didalamnya tidak akan dikenai batasan penyimpanan sebagaimana anda mengupload foto-foto berkualitas tinggi seperti pada langkah alternatif selanjutnya.

Karena Youtube tidak mengenakan batasan penyimpanan, mungkin langkah alternatif ini bisa anda manfaatkan dengan cara mengedit beberapa foto anda menjadi sebuah video slide yang kemudian diunggah ke situs Youtube.

Video slide yang anda unggah nantinya akan bersifat publik, untuk menjadikannya secara pribadi, anda bisa mengubahnya melalui pengaturan edit video dalam setiap video yang anda unggah.

3. Mengubah Default Upload Gambar dengan Kualitas Tinggi/Bukan Kualitas Asli

Jarang-jarang diketahui, sebenarnya Google akan mengenakan batasan kepada kita apabila kita mengupload gambar kualitas asli ke servernya.

Dan ini sangat jarang sekali diketahui oleh sebagian besar pengguna, karena secara default, pengaturan akun Google kita tersetel secara default untuk upload gambar ke kualitas asli/bukan kualitas tinggi.

Sekilas, memang terlihat sama, tapi sebenarnya berbeda. Kualitas Asli adalah kualitas gambar yang sesungguhnya, sedangkan Kualitas Tinggi adalah kualitas yang sudah dikompress dengan ukuran kecil.

Dan alternatif yang ketiga inilah yang akan saya bahas kali ini.

Mengubah Pengaturan Upload Gambar ke Kualitas Tinggi

Apabila kita mengupload sesuatu kedalam server google dengan kualitas asli, maka kita akan dikenakan pemyimpanan, sedangkan apabila kita mengupload sesuatu kedalam server google dengan kualitas tinggi, kita tidak akan dikenai batasan, alias penyimpanan gratis dan tak terbatas.

Itulah perbedaan utama antara kualitas tinggi dengan kualitas asli, namun disisi lain kualitas tinggi lah yang paling berperan dalam hal ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengubah pengaturan default upload dari kualitas asli ke kualitas tinggi.

1. Login ke akun Google Photos anda.
2. Silahkan buka Setelan Google Photos.


3. Kemudian temukan pengaturan default upload atau ukuran foto dan video yang hanya diupload di web.


4. Ubah default upload dari kualitas asli ke kualitas tinggi.

Setelah anda mengubah pengaturan diatas, maka selamat, anda bisa mengupload foto ke server google tanpa dikenai batasan penyimpanan.

Tapi ada satu hal lagi, bagaimana jika penyimpanan saya sudah terlanjur penuh atau sudah mencapai batas 15 GB?

Maka anda perlu membackup data lama anda berupa foto satu persatu, kemudian silahkan upload kembali karena dalam upload tersebut anda tidak lagi dikenakan batasan, karena upload tersebut berkualitas tinggi bukan kualitas asli.

Jangan lupa untuk menghapus beberapa chatting di Gmail, karena chatting di Gmail juga berpengaruh terhadap penyimpanan Google Photos beserta produk Google yang lain.

Langkah untuk menghemat penyimpanan

Inilah langkah yang bisa anda coba untuk menghemat penyimpanan:

Upload Jenis Video - Apabila anda ingin mengupload video namun tidak ingin dikenai batasan, silahkan upload ke situs Youtube, karena youtube memang dikhususkan untuk konten video.

Upload Jenis Foto - Apabila anda ingin mengupload foto namun tidak ingin dikenai batasan, silahkan ubah pengaturan default upload ke kualitas tinggi (sudah saya sebutkan diatas).

Keuntungan menggunakan cara ini.

  • Foto atau video anda dapat dijadikan sebagai kenangan panjang.
  • Tidak perlu khawatir penyimpanan habis karena tidak ada batasan.
  • Tidak perlu membeli penyimpanan tambahan/berlangganan akun premium.
  • Hemat biaya, karena tidak mengeluarkan uang.
  • Cukup punya satu akun google untuk melakukan cara ini.


Jadi, sekarang anda tinggal menentukan keputusan anda, apakah anda ingin membeli penyimpanan tambahan atau atau mengikuti panduan sederhana dari saya.

Apabila ada kesalahan dalam panduan singkat ini mohon maaf, karena saya juga manusia yang tidak luput dari kesalahan, jangan lupa sampaikan kritik saran yang membangun.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon