16/07/18

Mengaktifkan Mode Penyamaran pada Aplikasi Youtube

Beberapa waktu yang lalu, Youtube baru saja menambahkan beberapa fitur baru pada aplikasi Youtube versi terbarunya. Beberapa fitur unggul yang pernah dihadirkan sebelumnya adalah fitur incognito mode atau fitur mode penyamaran.

Fitur ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru apabila kita sudah pernah mendengarnya, apalagi jika kita pernah mencobanya, karena fitur ini sudah hadir sejak lama diperkirakan sekitar dua tahunan yang lalu. Dan bagi pengguna Google Chrome, hal ini sudah bukan asing lagi.

Tapi karena fitur ini baru saja dihadirkan pada salah satu aplikasi platform videonya, mungkin ini menjadi sesuatu yang baru bagi semua pengguna Youtube, terutama bagi mereka yang gemar membuka Youtube.

masuk youtube mode penyamaran

Apa saja keunggulan dari fitur Incognito Mode?

Salah satu keunggulan dari fitur incognito adalah, anda bisa menjelajahi suatu konten tanpa direkam, maksudnya anda tidak akan meninggalkan bekas jejak penelusuran anda seperti riwayat, cookie, dan kata sandi yang pernah anda masukkan sebelumnya.

Mode ini juga tidak akan mencantumkan nama anda ketika anda masuk menjelajah, dengan arti, apabila anda melakukan penelusuran atau melakukan pemutaran konten video, mode ini tidak akan mengatasnamakan anda sebagai pengguna yang memutar video.

Uniknya, jika kita telah keluar dari mode ini, semua yang pernah kita lakukan sebelumnya tidak akan disimpan sehingga riwayat, cookie, dan sandi yang pernah kita masukkan sebelumnya akan dihapus secara permanen.

Kekurangan Mode Penyamaran ini

Karena setiap kelebihan juga ada kekurangannya, maka hal ini sangat wajar mengingat mode ini adalah sesuatu yang baru bagi pengguna Youtube.

Mungkin mode penyamaran adalah salah satu fitur yang masih dalam tahap beta sehingga fitur ini masih mempunyai beberapa kekurangan seperti:

1. Tidak bisa menambahkan video ke Playlist

Beda halnya dengan aplikasi browser, dimana anda bisa menambahkan video kedalam playlist apabila anda sedang menggunakan mode penyamaran. Tapi di aplikasi Youtube ini anda tidak akan bisa melakukannya, karena mode ini hanya untuk menjelajah.

2. Tidak bisa login dalam mode penyamaran

Jika anda ingin login kedalam mode penyamaran, anda harus keluar dari mode penyamaran sehingga anda bisa login kembali. Namun, ketika anda login setelah keluar dari mode penyamaran, maka data login anda akan dicatat sebagai data login yang aktif, dan bukan lagi data dalam keadaan mode penyamaran.

3. Tidak bisa mendownload video offline

Dalam keadaan masuk kedalam mode penyamaran, anda juga tidak diperbolehkan untuk mendownload satupun video didalamnya. Jika anda ingin mendownload video, anda harus keluar dari mode penyamaran, karena video yang didownload harus ada akun yang dikaitkan didalamnya.

4. Tidak bisa mengakses kotak masuk

Karena tidak diperbolehkan login, secara otomatis anda juga tidak bisa mengakses beberapa fitur penting lainnya saat dalam mode penyamaran, salah satu contohnya yaitu mengakses kotak masuk atau tab pesan.

Meskipun kekurangannya jauh lebih banyak dibandingkan dengan kelebihannya, hal ini tentunya tidak akan sebanding dengan privasi yang akan kita jaga.

Mode penyamaran adalah mode yang dapat menjaga privasi penggunanya, oleh karenanya, mungkin ini lebih baik daripada mode penyamaran yang ada pada fitur browser, sehingga data privasi kita jauh lebih aman.


Kapan saya harus masuk kedalam mode penyamaran?


Dengan masuk kedalam mode ini berarti anda harus benar-benar ingat bahwa data penelusuran anda tidak akan dicatat sepenuhnya.

Mengingat hal ini, mungkin anda akan kehilangan sebagian konten yang direkomendasikan, artinya, rata-rata konten rekomendasi yang ditampilkan tidak akan relevan bagi anda.

Youtube menggunakan data penelusuran anda untuk menampilkan konten rekomendasi sesuai dengan minat anda, tapi karena anda ingin masuk kedalam mode penyamaran, mungkin anda akan kehilangan rekomendasi, namun anda bisa mencobanya kapan saja untuk masuk kedalam mode penyamaran.

Atau, menggunakan mode penyamaran saat anda sedang menggunakan perangkat pinjaman atau perangkat yang bukan milik anda sendiri.

Bagaimana cara masuk kedalam mode penyamaran?

Untuk masuk kedalam mode penyamaran silahkan buka menu (icon) profil anda tepatnya disebelah kanan atas layar.

Kemudian Aktifkan Mode Penyamaran pada pilihan.


Sekarang anda sudah masuk kedalam mode penyamaran dan dapat menjelajah dengan aman.

Untuk keluar dari mode penyamaran, klik icon mode penyamaran disebelah kanan atas kemudian pilih Nonaktifkan Mode Penyamaran.

Jika tidak tidak ada pilihan untuk mengaktifkan mode penyamaran

Apabila anda tidak menemukan fitur untuk mengaktifkan mode penyamaran, berarti anda masih menggunakan aplikasi Youtube versi lawas, solusinya hanya satu, silahkan perbarui aplikasi anda melalui Google Playstore.

Fitur mode penyamaran ini hanya tersedia untuk aplikasi youtube versi terbaru, dalam hal ini saya telah menggunakan aplikasi Youtube versi terbaru dengan versi 13.27.54, atau mungkin akan ada yang lebih baru lagi.

Jadi, sekali lagi silahkan cek di Google Playstore masing-masing untuk memeriksa apakah aplikasi anda sudah versi terbaru.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon