13/08/18

Cara Menambah Follower Instagram Aktif Untuk Digunakan Sebagai Modal Awal Bisnis

Media sosial yang awalnya hanya tempat hiburan atau tempat bersenang-senang kini bisa dirubah menjadi ladang sebuah bisnis yang menguntungkan. Namun, dengan sebuah catatan Anda harus mempunyai banyak peluang, seperti memiliki banyak teman sosmed atau minimal memiliki banyak followers yang aktif di sosial media.

Jika anda sudah mempunyai banyak teman/banyak followers di akun sosial media anda, selanjutnya, anda bisa mencari peluang bisnis online yang bisa dijlankan lewat sosial media.

Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan lewat sosial media, mulai dari bisnis endorse, berjualan produk, sampai dengan bisnis dropship, Anda pasti tahu bisnis ini kan?

Bisnis seperti ini bisa dijalankan kapan saja, bahkan dirumah sekalipun.

Namun sepertinya ini bukan hal yang mudah, karena untuk memiliki modal awal seperti memiliki puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu follower, anda memerlukan waktu yang sangat panjang, itu artinya akan ada banyak perjuangan yang harus anda tempuh, apalagi untuk kita-kita yang bukan artis, iya kan?

Tidak jarang ada yang lebih memilih jalan pintas, yaitu mengiklankan produknya secara langsung dengan mengeluarkan sejumlah biaya daripada memakai cara manual untuk menambah followers yang memang perlu waktu lama.

Tapi, tidak semua orang bisa punya modal untuk beriklan, karena harga iklan tidak murah, jika kita memaksakan untuk beriklan murah, sudah pasti kita akan kalah dengan pengiklan lain yang berani membayar mahal, sehingga posisi kita bakal lebih cepat digeser.

Terus cara seperti apa yang bisa kita lakukan untuk menambah follower instagram yang aktif serta tidak membutuhkan biaya yang banyak?

1. Rajin Posting di Instagram

rajin posting di instagram

Rajin posting yang dimaksud disini bukan hanya sekedar mengupload foto selfie, upload foto pemandangan, dan lain sebagainya,

Melainkan mengupload sesuatu yang berbeda, lain daripada yang lain. Contohnya membuat sebuah video hiburan, share foto lucu, dan lain sebagainya yang merupakan hasil karya anda sendiri.

Atau berbagi video viral yang sedang trend di dunia maya.

Cukup sulit kan?

Memang begitulah, namu kenyataanya banyak orang yang berhasil menerapkan cara ini dan mendapatkan hingga ribuan followers dalam waktu yang singkat.

Itu karena videonya sering dishare dan direpost oleh followersnya, sehingga ia mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan followers tambahan.

Semakin banyak yang merepost video anda, maka anda mempunyai banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak followers dalam waktu yang singkat.

2. Menggunakan Hastag, Tagar, atau Tag di setiap postingan

tagar dan hastag instagram

Kalian pasti pernah lihat kan?

Bahkan sampai sekarang mungkin masih ada, ada seorang selebgram yang setiap harinya selalu nyepam tagar atau hastag di setiap postingannya.

Tagar yang ditulisnya itu bukan hanya cuma satu atau dua tagar saja, melainkan bisa sampai puluhan tagar dalam satu post. Ia menuliskan tagar yang bermacam-macam bergantung dari tema videonya.

Kemudian dalam waktu yang sangat singkat, selebgram tersebut mendapatkan banyak respon dari penggemarnya seperti mendapatkan komentar, like, dan repost.

Sebagian orang mungkin akan mengira bahwa like tersebut berasal dari penggemarnya, memang benar, tapi sebenarnya bukan hanya dari penggemarnya saja melainkan juga dari orang lain terhubung dengan tagar tersebut (karena instagram juga membolehkan penggunanya mengikuti tagar).

Bisa jadi tagar itu populer, kemudian ada banyak orang yang memakainya, sehingga pengguna bisa saling terhuung satu sama lain sambil berbagi like di postingan instagram.

Jika saya menggunakan tagar, apakah followers saya juga bertambah?

Tergantung dari tagar yang anda pakai, jika tagar anda semacam ini, besar kemungkinan anda akan diikuti oleh pengguna lain/followers anda bertambah.

Contoh hastag atau tagar yang populer yang sering digunakan untuk menambah like dan followers (silahkan dicoba):

#like4like - untuk mendapatkan like disetiap postingan.
#follow4follow - untuk mendapatkan follower di akun instagram.
#followme - sama seperti diatas.

Hastag atau tagar diatas pernah saya gunakan, dan hasilnya?

Dalam kurun waktu beberapa detik kemudian, ada sebuah notifikasi masuk di instagram, baik orang yang menyukai postingan saya dan juga memfollow saya.

Walaupun followers saya hanya bertambah beberapa biji saja, saya tetap mensyukurinya.

Bila anda konsisten menggunakan hastag seperti diatas, besar kemungkinan anda mendapatkan ratusan sampai ribuan followers, itu karena hastag tersebut sangat ramai dan digunakan oleh seluruh dunia.

3. Menghubungkan akun Instagram anda dengan Sosial Media Lain

menghubungkan akun instagram anda dengan facebook

Menghubungkan akun instagram dengan sosial media lain yang saya maksudkan disini bukan hanya sekedar mencantumkan username atau link instagram anda di sosial media lain, melainkan benar-benar menghubungkannya secara resmi.

Sebagai contohnya, anda bisa menghubungkan akun instagram anda dengan akun facebook. Karena facebook dan instagram merupakan satu saudara.

Ingat!! jangan hanya mengandalkan satu media sosial saja, karena satu media sosial saja tidak cukup untuk membuat kamu populer.

Ada banyak manfaat jika anda menghubungkan akun instagram anda dengan sosmed lain:

  • Mendongkrak popularitas anda di Google.
  • Mendapatkan followers tambahan
  • Menaikkan kepercayaan anda, terutama jika anda sang pebisnis online.

Selain menghubungkannya di facebook, anda juga bisa menghubungkannya di Whatsapp, Line, dan media sosial lain.

Caranya? dengan memasang link profil instagram anda di deskripsi medsos anda yang lain.

Cara ini cukup simpel namun jangan disepelekan, karena berdasarkan pengalaman, cara ini juga cukup efektif untuk menambah followers instagram anda.

Tambahan:

Anda juga bisa memasang username instagram anda di Status Whatsapp, line, dan medsos lainnya. Ajaklah teman-teman anda untuk menfollow akun instagram anda.

Seperti ini contohnya:

Buat temen-temen, yuk follow akun instagramku @indranovian, mari berteman

Anda bisa mengkreasikan kata-kata yang sesuai dengan selera anda.

4. Sering berkomentar di Akun-Akun Selebgram

berkomentar di instagram

Selanjutnya, jalin hubungan baik dengan selebgram yang mempunyai banyak followers.

Biasanya kalau kita berkomentar disetiap statusnya, followers mereka bakal cepat nular ke kita, apalagi jika kita sering berkomentar di setiap statusnya.

Apa yang harus saya komentari?

Jika anda bingung mau berkomentar apa, mungkin bisa diawali dengan pujian-pujian yang baik, maksudnya berikan komentar-komentar yang berkesan bagi mereka (ungkapkan semua kejujuran anda tentang mereka).

Atau

Berusahalah menjadi komentator pertama, biasanya ini yang paling berpengaruh (fakta).

Percaya atau tidak, biasanya komentator pertama akan mendapatkan banyak like dibandingkan komentator yang paling bawah. Logikanya, komentar yang paling atas biasanya lebih sering dilihat.

Siap-siap aja, kalau anda mendapatkan banyak like, berarti anda tinggal menunggu ada followers yang datang memfollow akun anda (karena komentar populer anda).

Tambahan: Untuk mendapatkan lebih banyak respon, anda juga bisa memposting komentar yang menarik perhatian semua followersnya. Maksudnya, komentar anda berbeda dari yang lain.

5. Mempromosikan Akun Instagram Anda

mempromosikan akun instagram anda

Ada banyak cara untuk mempromosikan akun instagram anda dan tentu saja dengan memilih untuk promosi, anda akan dihadapkan dengan dua cara promosi, yaitu cara promosi gratis atau cara promosi berbayar.

Anda bisa membandingkan kedua cara promosi tersebut.

Berbayar: cepat, tidak perlu banyak strategi, membutuhkan banyak biaya.
Gratis: lambat, perlu banyak strategi, tidak membutuhkan banyak biaya.

Jika anda ingin mempromosikan akun instagram anda dengan cara berbayar, anda bisa menggunakan iklan instagram langsung atau dengan membayar biaya endorse dari akun selebgram yang sudah populer (khusus buat akun produk).

Jika ingin berpromosi secara gratis, tidak banyak cara yang bisa dilakukan selain berpromosi sendiri dengan memanfaatkan channel youtube pribadi atau mempromomosikannya di media sosial lain seperti yang dibahas pada nomor empat.

Apakah tidak ada cara lain untuk berpromosi gratis?

Ada, salah satunya yaitu mempromosikan melalui website (ini hanya khusus bagia anda yang sudah memiliki website).

Mempromosikan Instagram Anda dengan Cara Berbayar

Jika anda sudah punya cukup modal untuk membayar biaya iklan, maka tidak ada salahnya anda mencoba cara berikut ini, karena dengan cara beriklan, prosesnya pasti lebih cepat, apalagi jika anda memang berniat untuk berbisnis.

1. Menyewa Jasa Promosi Produk/Endorsement

Ini hanya dikhususkan apabila anda tidak hanya berniat untuk menambah followers saja, melainkan juga untuk mempromosikan jasa atau barang yang sedang anda jual.

Biaya endorse ini sangat beragam, bergantung dari jumlah followers dan juga produk yang akan dipromosikannya. Semakin banyak followersnya maka semakin mahal biayanya, begitupun dengan bagaimana cara mereka mempromosikannya.

Sebagian selebgram ada yang mempromosikannya menggunakan cara murni. Maksudnya postingan mereka memang terlihat seperti iklan yang nyata, sehingga kita bisa membedakan mana iklan dan mana yang bukan iklan.

Ada juga yang mempromosikannya dengan cara lain, seperti berpromosi dalam video hiburan, biasanya cara ini akan mendapatkan lebih banyak respon, karena umumnya cara ini tidak benar-benar tampak sebagai iklan.

2. Menggunakan Iklan Instagram

Catatan: Sebelum menggunakan Iklan Instagram, Akun anda wajib terhubung dengan akun facebook, dan juga berstatus sebagai akun bisnis, bukan akun personal maupun akun pribadi.

Untuk mengubah profil instagram anda menjadi profil bisnis, silahkan baca: Cara Merubah Profil Pengguna Instagram ke Profil Bisnis

Instagram juga menyediakan biaya iklan yang hampir mirip seperti facebook, iklan di instagram ini sangat relatif. Biayanya juga bergantung dari apa yang sedang anda promosikan.

Semakin luas jangkauan iklan anda, biasanya biayanya akan semakin murah. Hampir mirip seperti cara kerja facebook ads, untuk mendapatkan biaya iklan yang sangat murah anda harus tahu kebutuhan pengguna anda serta memberikan yang terbaik untuk produk yang sedang anda iklankan.

Bagi pengiklan yang profesional tentunya cara ini sangatlah mudah mengingat sudah banyak produk yang mereka iklankan dan menjaring berbagai macam konsumen dari luar pulau.

Karena selain mendapatkan manfaat dari produk yang sedang mereka jual, mereka juga bisa mendapatkan tambahan followers apabila banyak yang tertarik dengan iklannya.

3. Menggunakan Jasa Penambah Followers Instagram Aktif

Selain menggunakan iklan yang berbayar, ada satu cara lagi yang lebih praktis dan tentunya tidak butuh banyak waktu, yaitu membeli followers aktif dari penyedia jasa penambah followers.

Namun yang perlu ditekankan adalah, meskipun cara ini terbilang sangat efektif, cara ini juga mempunyai resiko yang sangat tinggi, jadi jangan heran kalau followers anda berkurang satu persatu.

Mengapa demikian?

Karena followers yang dihasilkan oleh jasa-jasa mereka kebanyakan menggunakan semacam tools khusus dimana tools tersebut mengajukan sebuah syarat jika ingin menambah followers mereka harus memfollow akun orang lain, sebagai contohnya adalah akun anda.

Yang artinya mereka hanya mau memfollow akun anda lantaran mereka terpaksa akibat dari syarat dari tools yang mereka ikuti.

Jadi menurut saya, cara ini sangat tidak bagus untuk bisnis anda, tapi jika anda hanya ingin sekedar menambah followers anda boleh-boleh saja menggunakan cara ini.

Itulah cara-cara yang bisa anda terapkan apabila anda ingin mendapatkan banyak followers baik menggunakan cara gratis maupun cara berbayar, tentunya disesuaikan dengan isi kantong anda.

Demikian semoga postingan mengenai Cara Menambahkan Follower Instagram Aktif dengan Mudah dapat bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon