12/08/18

Cara Menyembunyikan Sugesti Pencarian di Instagram

Instagram merupakan media sosial terbesar hingga saat ini setelah ia diakuisisi oleh facebook dan dijadikan sebagai anak perusahaannya. Instagram juga hadir dalam bentuk aplikasi android dan ios, sehingga memungkinkan penggunanya dapat berbagi sebuah foto atau video melalui aplikasi yang instan.

Pengguna tinggal mengklik ikon plus pada sebuah aplikasi Instagram di android, kemudian memilih foto yang ingin dikirimkannya. Selain itu, pengguna instagram juga bisa memfilter atau mengedit fotonya terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya. Uniknya, editor ini dapat dilakukan langsung melalui aplikasi instagram, sehingga anda tidak memerlukan aplikasi editor foto tambahan lainnya.

menyembunyikan sugesti atau histori pencarian

Salah satu keunggulan instagram lainnya adalah, Instagram sangat memperhatikan kebutuhan penggunanya. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya berbagai macam fitur yang sesuai dengan keperluan penggunanya, seperti menyediakan fitur keamanan dan juga fitur untuk kebutuhan.

Untuk fitur keamanannya sebenarnya saya sudah membahasnya pada postingan fitur penting instagram.

Sedangkan untuk fitur yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, instagram menyediakan fitur yang sesuai dengan seperti fitur sugesti pada kotak pencarian, mengikuti tagar, serta berbagai macam fitur menarik lainnya.

Nah pada postingan kali ini saya hanya akan fokus membahas fitur sugesti yang selalu muncul di kotak pencarian.

Apa itu sugesti pencarian?

Sugesti pencarian adalah sebuah fitur yang disediakan oleh instagram untuk menemukan kembali atau menyarankan penggunanya pada suatu pencarian yang pernah dilakukan sebelumnya.

Bisa disebut sebagai riwayat pencarian yang pernah ditelusuri oleh penggunanya, oleh karenanya pengguna tidak akan merasa kebingungan lagi dengan apa yang pernah dicari sebelumnya.

Karena ia akan menemukan apa yang pernah ia cari melalui kotak sugesti pencarian.

Tapi harus diingat.

Instagram mempunyai dua macam sugesti pencarian.

Mungkin anda baru saja mendengarnya, namun ini hanya sekedar istilah yang saya gunakan untuk memudahkan pemahaman anda.

Yang pertama adalah sugesti pencarian terbaru, sugesti ini akan hadir apabila kita baru saja mengunjungi suatu profil melalui kotak fitur pencarian.

Yang kedua adalah sugesti pencarian berulang, atau bisa disebut sebagai saran pencarian yang berulang kali kita telusuri sehingga saran pencarian ini akan muncul meskipun kita sudah menghapus histori pencarian ini lewat pengaturan.

dua macam sugesti di instagram

Bergantung dari kebutuhan penggunanya masing-masing, sugesti ini bisa dikatakan sebagai fitur yang bermanfaat apabila pengguna seringkali menelusuri suatu profil, tagar, atau tempat secara berulang.

Jika ia ingin menelusuri profil ini lagi, ia tidak akan pusing lagi dengan apa yang pernah dicarinya.

Fitur ini juga bisa menjadi fitur yang sangat mengganggu apabila pengguna merasa tidak nyaman dengan privasinya sendiri atau tidak ingin diketahui privasinya, sehingga ia lebih memilih untuk menghapus sugesti tersebut.

Menghilangkan fitur Sugesti/Histori Pencarian di Instagram

Karena ada dua macam fitur sugesti, keduanya tidak bisa dihilangkan dengan cara yang sama, anda harus menghilangkannya satu persatu sugesti diatas.

Menghapus Sugesti Pencarian Terbaru

Untuk menghilangkan sugesti ini, anda bisa menghilangkannya dengan cara membuka menu pengaturan, seperti pada cara berikut:

menghapus sugesti pencarian terbaru

Untuk lebih jelasnya:
  1. Buka menu profil instagram anda, tekan icon titik tiga disebelah kanan atas layar aplikasi.
  2. Selanjutnya pilih Riwayat Pencarian.
  3. Pilih hapus riwayat pencarian.
  4. Maka akan ada peringatan apakah anda yakin, silahkan pilih Ya, saya yakin.

Sekarang, sugesti ini sudah hilang dari kotak pencarian.

Menghapus sugesti pencarian berulang

Untuk menghapus sugesti ini, silahkan sembunyikan dengan cara berikut:

menghapus sugesti pencarian berulang

Untuk lebih jelasnya:
  1. Tap lama profil yang ingin disembunyikan.
  2. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa anda akan menyembunyikan profil ini dari sugesti pencarian, klik sembunyikan untuk menghilangkannya.
  3. Lakukan cara yang sama jika anda ingin menyembunyikan profil yang lain.

Sekarang anda sudah berhasil menyembunyikan profil yang disugestikan untuk anda, sehingga privasi instagram anda tetap terjaga seutuhnya.

Demikian semoga tulisan singkat ini bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon