08/09/18

Cara Mendaftar Sakuku dan Mengaktifkan Sakuku Plus

Dengan perkembangan teknologi hingga saat ini, hampir semua kegiatan dapat dilakukan dengan teknologi, hal ini dilakukan untuk membantu kegiatan agar lebih mudah. Salah satu teknologi yang cukup terkenal hingga saat ini adalah adanya dompet elektronik.

Dengan adanya dompet elektronik, anda tidak perlu repot-repot membawa uang dalam bentuk fisik lagi apalagi sampai membawa dompet.

Layanan Sakuku merupakan layanan yang dikeluarkan oleh BCA. Namun walaupun Anda bukan nasabah BCA sekalipun masih bisa menggunakan layanan Sakuku.

aplikasi sakuku

Pasalnya, layanan ini hanya membutuhkan nomor ponsel saja. Jadi, nomor ponsel merupakan nomor rekening Anda sehingga nomor ponsel Anda lah yang menjadi patokannya. Pastinya untuk bisa menikmati semua layanan Sakuku Anda perlu mendaftarnya. Berikut ini cara mendaftar sakuku yang mudah dan cepat.

Pertama, Download aplikasi Sakuku Terlebih Dahulu

Sebelum mendaftar sakuku, yang pertama adalah dengan mendownload aplikasi yang satu ini, kalau belum download, gimana mau bisa daftar? hehe.

Sakuku bisa didownload di Google Play Store atau App Store. Bahkan, Anda bisa mendapatkannya dengan cuma – cuma alias gratis. Namun pastikan bahwa smartphone yang Anda gunakan berbasis Android atau ios.

Untuk smartphone Android, aplikasi ini bisa digunakan untuk OS 4.0 ke atas. Sedangkan untuk iphone, aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk ios 7.1 ke atas. Pastikan smartphone Anda memenuhi persyaratan tersebut.

Untuk Mendownload Sakuku, ketikkan kata kunci "Sakuku" pada Google Playstore atau Appstore.


Berikutnya adalah dengan menginstal Aplikasi Sakuku di Android Anda. Apabila Anda download di Google Play Store dan App Store biasanya proses install dilakukan secara otomatis. Cukup menunggu beberapa saat saja, lalu buka aplikasi untuk langkah berikutnya.

Kedua, Isi data dengan baik dan lengkap

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi data atau form yang telah disediakan yang akan digunakan untuk pendaftaran.


Untuk sign up Sakuku sendiri juga cukup mudah dan sama dengan daftar media sosial lainnya. Anda cukup memasukan nama lengkap, tanggal lahir serta alamat email. Pastikan semuanya diisi dengan benar, terlebih untuk email. Sebelum klik lanjutkan centang bagian syarat dan ketentuannya.

Ketiga, Masukan Pin dan No handphone

Waktunya membuat PIN, Anda diharuskan untuk memasukan nomor pin atau password dan no handphone Anda. Keduanya merupakan pengamanan dalam transaksi menggunakan Sakuku. Pin digunakan untuk bisa mengakses aplikasi dan validasi saat transaksi dilakukan. Sedangkan no ponsel digunakan sebagai data pribadi nasabah dan nomor rekening Sakuku Anda.


Pastikan Anda memasukan 6 digit pin, dengan kombinasi angka dan huruf. Sedangkan untuk no ponsel, pastikan merupakan no ponsel yang selalu digunakan dan tidak pernah diganti.

Sekarang Anda sudah berhasil membuat akun sakuku

Dengan menunggu beberapa saat dan langkah yang mudah,akun sakuku anda pun selesai dibuat dan siap digunakan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai layanan yang diberikan oleh Sakuku.

Top Up di Sakuku

Namun untuk bisa menikmati beberapa layanan dari Sakuku, caranya tidak hanya sampai disitu saja. Anda juga harus melakukan Top Up atau pengisian saldo. Top up bisa dilakukan dengan maksimum saldo 2 juta rupiah. Pasalnya, Anda hanya mendaftar Sakuku biasa.
Berbeda dengan Sakuku Plus yang memiliki banyak layanan dan saldo maksimal adalah 10 juta rupiah. Untuk cara top up nya sendiri bisa dilakukan dengan transfer menggunakan ATM bersama atau Klik BCA.

Berapa Biaya Pendaftaran Sakuku ?

Selain mudah digunakan, ternyata sakuku juga mengenakan biaya pendaftaraan. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab biaya pendaftarannya cukup murah. Saat registrasi aplikasi Sakuku Anda akan dikenakan biaya 1 kali sms. Jadi harganya tergantung dengan jenis operator yang Anda gunakan, mulai 250 hingga 350.

Namun biaya registrasi bisa dilakukan secara prabayar atau pascabayar. Di mana Anda bisa menggunakan pulsa untuk membayarnya atau memasukan ke tagihan bulanan Anda.

Cara Aktivasi Sakuku Plus

Tidak hanya cukup dengan mendaftar sakuku saja, Anda bisa mengupgrade nya dengan mengaktifkan Sakuku Plus. Bahkan cara aktivasi cukup mudah untuk dilakukan. Namun syaratnya, Anda harus sudah memiliki rekening bank BCA. Apabila bukan nasabah bank BCA, Anda harus datang ke kantor BCA terdekat untuk bisa mengupgradenya.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan Sakuku Plus ini. Salah satunya adalah bisa menikmati semua layanan yang diberikan oleh aplikasi yang satu ini. Selain itu, limit saldo juga cukup tinggi, yakni hingga 10 juta rupiah.

Berbeda dengan sakuku biasa yang hanya 2 juta rupiah. Kemudian, Anda juga bisa menikmati layanan transfer uang ke akun atau no Sakuku orang lain dan bisa transfer uang ke rekening BCA. Anda juga bisa tarik tunai melalui ATM BCA dengan layanan Sakuku Plus. Untuk cara aktivasinya sendiri ada 3 cara yang bisa Anda ikuti, seperti berikut ini.

Cara pertama : Menggunakan BCA Mobile (Khusus Pengguna Mobile Banking)

Setelah melakukan pendaftaran, pastikan no hp anda sudah terdaftar di BCA serta mengaktifkan BCA Mobile, maka akan ada tawaran untuk mengubah ke Sakuku Plus. Biasanya tawaran ini muncul saat proses pendaftaraan selesai. Jadi saat pertama kali login dan memasukan password akan ada tawaran untuk upgrade ke Sakuku Plus.

Jika setuju, centang bagian “Saya menyetujui ketentuan – ketentuan yang berlaku” dan klik lanjut. Kemudian, akan muncul data yang sama seperti terdaftar di rekening BCA dan klik lanjut. Langkah selanjutnya, masukan password Sakuku Anda. Aktivasi Sakuku Plus selesai dilakukan.

Cara kedua : Menggunakan Kartu ATM

Untuk cara kedua, masuk pada aplikasi Sakuku Anda. Kemudian pilih ikon gir atau gerigi yang ada pada pojok kanan bawah. Selanjutnya, pada menu edit data pilih menu Aktivasi Sakuku Plus. Klik Setuju untuk melanjutkan. Kemudian, Anda diharuskan memasukan nomor kartu ATM BCA dan tanggal lahir pada kolom yang telah disediakan.

Langkah selanjutnya centang pada bagian kolom “Saya menyetujui ketentuan – ketentuan yang berlaku” dan klik lanjut. Langkah terakhir masukan password Sakuku Anda dan aktivasi Sakuku Plus selesai dilakukan. Cara kedua ini dilakukan apabila penawaran untuk upgrade Sakuku plus tidak muncul.

Cara ketiga : Datang Langsung ke Kantor BCA

Cara ketiga dilakukan bagi yang bukan nasabah bank BCA, namun masih ingin menikmati layanan Sakuku Plus. Tenang saja, bagi yang bukan Nasabah bank BCA juga bisa menikmati layanan Sakuku Plus. Bahkan cara aktivasinya juga tidak ribet dan rumit. Caranya cukup datang ke kantor cabang bank BCA terdekat.

Namun jangan lupa untuk membawa KTP. Aktivasi Sakuku nantinya akan dibantu oleh pihak bank, jadi Anda tidak perlu khawatir. Setelah proses aktivasi selesai, biasanya ditandai dengan perubahan warna menu. Di mana menu yang semula berwarna abu – abu akan aktif. Dengan begitu, Anda bisa menikmati layanan yang diberikan

Jika mulanya, Sakuku Anda hanya digunakan untuk belanja dan isi pulsa saja. Sekarang dengan sakuku plus Anda juga bisa melakukan transaksi, seperti transfer, tarik tunai hingga mengirimkan saldo sakuku ke orang lain.

Itulah beberapa tutorial mengenai cara mendaftar sakuku yang cukup mudah dilakukan. Pastinya, sangat cepat, praktis dan tidak memakan banyak biaya.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon