08/09/18

Cara Menggunakan Aplikasi Sakuku, Aplikasi Rekening di Android

Saku adalah bagian dari pakaian yang biasa digunakan untuk menyimpan sesuatu, biasanya tempat ini paling banyak digunakan untuk menyimpan uang, kalau tidak menyimpan uang, biasanya saku digunakan untuk menyimpan nota, bon hingga tisu.

Namun saat ini saku cukup canggih dan membantu kebutuhan manusia, dengan nama Sakuku, bank BCA mengeluarkan aplikasi yang satu ini, lantas bagaimana cara menggunakan sakuku dari bank BCA ini? Berikut penjelasannya.

Apa itu Sakuku?

Sakuku adalah dompet elektronik yang dikeluarkan oleh bank BCA, sebenarnya layanan yang satu ini merupakan pengembangan akan layanan m-banking BCA, namun lebih banyak ditujukan untuk para kaum muda. Banyak keuntungan yang diberikan dengan menggunakan layanan yang satu ini,ebih tepatnya, dengan adanya Sakuku, transaksi untuk nasabah BCA akan sangat mudah dilakukan.

cara menggunakan aplikasi sakuku untuk kebutuhan

Cara menggunakan Sakuku

Cara menggunakan sakuku juga cukup mudah. Bagi kaum muda pasti akan langsung mengerti penggunaannya.

Untuk menggunakan Sakuku, Anda harus download dan install dulu aplikasi ini di Play Store atau App Store.

Setelah itu, Anda cukup mendaftar seperti daftar social media lainnya, masukan nama lengkap, tanggal lahir dan email.

Kemudian masukan 6 digit password untuk privasi pengguna serta no ponsel. No ponsel digunakan untuk nomor rekening Sakuku Anda.

Pastinya antara satu orang dengan lainnya memiliki nomor ponsel yang berbeda, dengan begitu, bagi bukan nasabah BCA pun bisa mendaftar Sakuku.

Namun yang perlu diingat bahwa nomor ponsel hanya digunakan untuk satu akun Sakuku saja. Setelah aktif, Anda diharuskan untuk melakukan top up atau pengisian saldo maksimal sebesar 2 juta untuk sakuku dan 10 juta untuk sakuku plus.

Setelah itu, layanan sakuku bisa Anda gunakan dengan cukup mudah, ada banyak menu layanan yang bisa Anda manfaatkan.

Sakuku untuk belanja

Salah satu kegunaan Sakuku adalah Anda bisa memanfaatkannya untuk membayar biaya belanjaannya, bahkan cara menggunakan sakuku untuk belanja juga cukup mudah dilakukan. Caranya:
  1. Anda pilih menu belanja dan lakukan scan QR code pembayaran dengan aplikasi Sakuku Anda.
  2. Setelah itu, klik lanjut dan masukan password Sakuku Anda.

Tunggu beberapa saat dan notifikasi pembayaran sukses akan muncul. Namun pastikan juga bahwa belanjaan Anda tidak melebihi saldo di dalam Sakuku Anda. Layanan ini tentunya sangat menguntungkan, sebab Anda tidak perlu repot lagi membawa uang cash, semuanya dilakukan dengan cara mudah dan praktis.

Sakuku untuk mengisi pulsa

Pulsa merupakan salah satu kebutuhan semua orang saat ini, namun penjual pulsa terkadang cukup sulit ditemukan, terlebih lagi saat dibutuhkan. Oleh karena itu, bagi Nasabah BCA bisa melakukan pengisian pulsa dengan mudah hanya menggunakan Sakuku. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengisian pulsa di mana saja dan kapan saja.

Bahkan cara menggunakan sakuku untuk isi pulsa juga mudah dilakukan.
  1. Anda cukup buka aplikasi Sakuku Anda.
  2. Kemudian, tab bagian menu pulsa. Anda bisa memasukan nomor ponsel yang akan diisikan pulsa atau dengan klik nomor saya.
  3. Klik nomor saya berarti pengisian pulsa secara otomatis masuk ke nomor ponsel yang digunakan untuk daftar Sakuku.
  4. Setelah itu, pilih nominal pulsa yang diinginkan. Untuk sakuku sendiri, minimal nominal pulsa adalah 20 ribu.
  5. Klik lanjut dan masuk password Sakuku Anda.

Tunggu beberapa saat, hingga muncul pemberitahuan bahwa pengisian pulsa berhasil dilakukan. Dengan begitu, pulsa akan otomatis terisi. Pastinya cukup mudah dan menyenangkan, bukan? Anda tidak perlu khawatir kehabisan pulsa.

Sakuku untuk Transfer

Kebanyakan transfer dilakukan melalui ATM atau internet banking. Namun keduanya masih memiliki kelemahan, di mana untuk transfer di ATM pasti akan cukup malas sebab Anda harus keluar rumah. Tapi anda bisa memanfaatkan aplikasi Sakuku untuk transfer ke sesama pengguna. Hanya dengan mengandalkan smartphone, Anda tidak perlu untuk keluar rumah lagi.

Cara menggunakan sakuku untuk transfer sendiri juga cukup mudah untuk dilakukan.
  1. Buka aplikasi Sakuku dan pilih tap menu transfer.
  2. Kemudian masukan nomor Sakuku yang hendak Anda transfer.
  3. Setelah itu, masukan nominal yang akan ditransfer dan klik lanjut.
  4. Setelah itu, masukan password sakuku Anda dan tunggu beberapa saat.

Kemudian akan ada notifikasi bahwa transfer berhasil dilakukan. Anda bisa mengecek saldo Sakuku setelah itu. Namun layanan ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Sakuku Plus. Jadi Anda harus aktivasi Sakuku Plus terlebih dahulu

Sakuku untuk split bill

Mungkin memang benar kalau Sakuku ditujukan untuk para kaum muda. Pasalnya, aplikasi yang satu ini bisa membuat Anda bayar lebih murah. Jadi, bagi Anda yang suka hangout atau nongkrong bareng temen – temen dan tidak ingin ribet bayar, bisa dilakukan dengan patungan menggunakan aplikasi Sakuku.

Cara menggunakan sakuku untuk ini cukup mudah dilakukan.
Caranya:
  1. Pilih menu split bill dan tuliskan total tagihan pembayar atau secara otomatis.
  2. Setelah itu, tambahkan beberapa kontak teman yang menggunakan Sakuku juga.
  3. Untuk pembayaran tagihan sendiri maksimal 9 orang. Anda bisa membaginya dengan rata atau menuliskan harga berbeda sesuai makanan dan minuman yang mereka pesan.
  4. Lalu klik lanjut dan beberapa saat tagihan tersebut juga akan masuk ke notifikasi Sakuku teman Anda.
Namun layanan ini juga hanya bisa untuk pengguna Sakuku Plus.

Tarik tunai dengan Sakuku

Untuk bisa menarik tunai juga bisa dilakukan dengan mudah. Hanya dengan menggunakan aplikasi Sakuku saja, Anda bisa melakukan penarikan tunai di ATM. Cara menggunakan sakuku untuk tarik tunai bisa dilakukan dengan mudah.
  1. Anda cukup memilih tab menu tarik tunai
  2. Dan pilih besaran nominal yang akan diambil.
  3. Lalu klik lanjut dan masukan password Sakuku Anda.
Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan kode untuk tarik tunai di mesin ATM. Sekali lagi, layanan ini hanya bisa digunakan bagi pengguna Sakuku Plus.

Fitur kontak

Fitur kontak merupakan layanan lainnya yang diberikan oleh Sakuku. Dengan adanya layanan fitur kontak ini, Anda bisa menambahkan beberapa pengguna Sakuku lainnya. Hal ini akan membantu Anda dalam mempercepat transaksi, seperti transfer sesama pengguna sakuku. Tentu saja cara menggunakan sakuku untuk menambahkan kontak cukup mudah dilakukan. Sama halnya, Anda menambahkan nomor ponsel teman ke ponsel Anda.

Kelebihan Sakuku

Jadi sebenarnya aplikasi Sakuku digunakan untuk mempermudah Anda dalam melakukan berbagai proses transaksi. Dengan begitu, proses transaksi akan lebih praktis. Pastinya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan kelebihan dari Sakuku sendiri tidak memiliki biaya administrasi.

Namun begitu, bagi pengguna Sakuku biasa tidak bisa menikmati semua layanan yang disediakan. Pengguna sakuku biasa hanya bisa membayar belanjaan dan isi pulsa saja. Maka dari itu, Anda harus mengupgradenya ke Sakuku Plus untuk bisa menikmati semua layanannya. Cara aktivasi juga mudah dilakukan.

Itulah beberapa cara menggunakan sakuku yang dengan mudah dilakukan.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon