19/09/18

Langkah Praktis Meningkatkan CTR Google Adsense Pada Kisaran 1% Hingga 5%

Adsense merupakan kerjasama periklanan yang dilakukan oleh Google. Program ini memungkinkan pemilik situs menampilkan iklan dari pihak Google dan memperoleh pembayaran pada setiap klik atau kunjungan ke drop page iklan yang dilakukan oleh pengunjung situs.

meningkatkan ctr google adsense di blog

Sebelum tahu cara meningkatkan ctr google adsense, ada baiknya untuk mempelajari beberapa pengetahuan dasar berikut ini.

Mengenal Lebih Dekat Peluang Adsense

Adsense telah menjadi salah satu cara mudah untuk memperoleh penghasilan bagi pemilik situs yang bekerja sama dengan Google. Setelah seorang pemilik situs memperoleh akun Google Adsense, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan agar dana saldo mengalir ke rekening akun tersebut adalah menaikkan traffic.

Semakin banyak kunjungan terjadi di sebuah situs maka ada peluang makin besar pengunjung situs menekan iklan yang dipasang oleh Google.

Mengenal Istilah CTR

Istilah CTR atau Click Through Rate disebut juga Rasio Klik Tayang atau RKT. Satu hal penting yang harus dilakukan pemilik situs yang bergabung dalam Adsense adalah mengetahui laporan CTR yang terjadi di situs sekaligus tahu angka kewajaran dari CTR yang dialami oleh sebuah situs dengan kepadatan traffic tertentu.

CTR merupakan persentase jumlah pengunjung yang menekan atau meng-klik iklan dari total tayangan iklan yang terjadi di sebuah situs. Rumus perhitungan CTR adalah jumlah klik dibagi dengan tayangan iklan yang terjadi kemudian dikalikan 100%.

Contoh kasus perhitungan CTR pada sebuah situs adalah terjadi kunjungan sebanyak 100 kali dan terdapat 10 kali klik yang dilakukan oleh pengunjung situs tersebut; maka angka prosentase CTR adalah 10 %.

Cara meningkatkan ctr google adsense merupakan cara praktis meningkatkan perolehan keuntungan dari Adsense.

Persentase CTR Yang Wajar

Google secara berkelanjutan akan melakukan pemantauan dari catatan CTR yang terjadi di sebuah situs sindikasi Adsense. Tanda - tanda ketidakwajaran dari sebuah angka persentase CTR bisa membuat akun Adsense seorang pemilik situs mengalami diskualifikasi.

Pemilik situs bisa masuk dalam daftar hitam karena dianggap berusaha mengelabui sistem Adsense Google.

Prosentase CTR yang wajar ada pada kisaran angka 1% hingga 3%, tetapi ada pula yang menyebut kisaran wajar CTR bisa mencapai angka maksimal pada prosentase 5%.

Angka CTR ini dapat digunakan untuk melakukan analisis mengenai efisiensi dan ketepatan strategi yang dilakukan oleh pemilik situs.

Sebuah situs dengan CTR di bawah 1% menunjukkan ada kesalahan atau pilihan strategi yang kurang tepat dalam mengelola Adsense.

Perubahan tata letak atau tampilan bisa dilakukan untuk meningkatkan ctr google adsense yang lebih optimal.

Strategi Meningkatkan Persentase CTR Pada Kisaran 1% Hingga 5%

Ada beberapa langkah praktis yang bisa dilakukan pemilik situs untuk meningkatkan ctr google adsense tanpa harus melebihi angka kewajaran yang telah ditetapkan oleh Google. Memiliki CTR pada kisaran angka 1% hingga 5% merupakan kondisi paling ideal agar tidak mengalami pemeriksaan oleh pihak Google yang membuat pemilik situs menjadi beresiko menerima penalti dari Google.

Strategi yang bisa dilakukan dalam mengelola iklan Google Adsense untuk memperoleh prosentase CTR yang ideal bisa dilakukan dengan memilih ukuran iklan yang tepat. Ukuran iklan yang terlalu kecil jika dibandingkan dengan luasan sebuah halaman bisa membuat iklan tersebut tidak terlihat atau kurang menarik.

Ukuran iklan yang semakin besar umumnya memiliki persentase CTR yang lebih tinggi. Perbandingan dengan ukuran laman situs sangatlah penting, iklan berukuran 300 x 250 piksel bisa jadi terlalu kecil untuk sebuah laman berukuran besar sehingga butuh iklan berukuran 575 x 300 piksel.

Penggunaan iklan Google Adsense responsif bisa menjadi pilihan untuk mengantisipasi situs diakses menggunakan perangkat smartphone. Jenis iklan tersebut bisa menyesuaikan ukuran layar yang digunakan untuk mengakses sebuah situs. Jenis iklan ini baik digunakan agar tidak menutup konten dari laman yang diakses.

Cara lain dalam mengelola strategi pemasangan iklan untuk meningkatkan ctr google adsense adalah meletakkan iklan Google Adsense pada lokasi yang ideal. Selain faktor ukuran, lokasi penempatan iklan menjadi aspek lain yang bisa membuat pengunjung situs tertarik pada sebuah iklan. Pengunjung yang terlalu fokus pada konten situs bisa saja tidak melihat iklan karena tidak berada di lokasi strategis.

Bahkan faktor warna bisa membuat konten iklan menjadi lebih menarik. Hal ini membuat situs yang digunakan untuk sindikasi Google Adsense sebaiknya dibuat dengan warna yang sederhana dan minimal. Langkah tersebut untuk menghindari tampilan terlalu berwarna sehingga membuat konten iklan kurang menonjol.

Google tidak membatasi jumlah iklan yang bisa dimuat dalam sebuah laman. Pilihan memasang terlalu banyak iklan justru bisa membuat sebuah situs menjadi kurang menarik. Bahkan membuat sebuah situs terkesan komersil untuk menjual iklan Google Adsense.

Penggunaan Template Atau Tampilan Situs Sederhana

Langkah ini merupakan salah satu cara meningkatkan ctr google adsense yang paling mendasar yang sebaiknya dipahami pemilik situs yang ingin bergabung dalam sindikasi Google Adsense. Sebuah situs dengan tata letak laman yang memudahkan pengunjung melihat isi situs akan jauh lebih menarik dan efisien jika dibandingkan dengan tampilan yang ramai.

Menggunakan template blog yang sederhana bisa menjadi sebuah solusi praktis dengan tidak memasang terlalu banyak Widget.

Berikut ini beberapa ciri desain dan template yang cocok untuk situs sindikasi Google Adsense:

1. Tampil sederhana tanpa banyak Widget.

2. Memiliki waktu load yang cepat.

3. Menggunakan basis HTML 5 atau AMP.

4. Responsif dalam artian mampu menyesuaikan browser dan perangkat yang digunakan akses.

5. Tata letak yang menonjolkan konten situs.

6. Ramah pengunjung dengan tata letak dan navigasi yang sederhana.

7. Memiliki ukuran ideal, umumnya tidak terlalu lebar karena akan membutuhkan geser ke samping untuk membaca konten atau melihat iklan.

Faktor penggunaan Widget menjadi satu hal yang harus dipertimbangkan dengan sungguh - sungguh.

Widget memang bisa membuat tampilan situs menjadi lebih menarik dan informatif. Hanya saja Widget yang terlalu banyak atau berat bisa menurunkan kecepatan load sebuah laman dan membuat pengunjung sulit fokus pada konten yang sebenarnya ingin diakses.

Beberapa Widget seperti untuk menampilkan konten terkini atau populer mungkin memiliki manfaat bagi pengunjung.

Pentingnya Konten Berkualitas

Sebuah situs yang memiliki tampilan menarik serta memiliki tata letak iklan Google Adsense yang baik bisa saja menjadi situs yang tidak dicari.

Faktor konten merupakan hal yang sangat penting. Memiliki konten yang sesuai dengan tempat situs merupakan sebuah keharusan. Hal ini untuk menunjukkan konsep situs yang baik sekaligus mengarahkan pengunjung pada konten - konten yang memang ingin ditemukan.

Mengisi sebuah situs atau blog Google Adsense dengan artikel bermanfaat merupakan salah satu strategi terbaik meningkatkan ctr google adsense dan juga traffic.

Perpaduan antara konten berupa artikel bermanfaat dan pilihan iklan Google Adsense yang berkaitan bisa menambah peluang pengunjung menekan iklan dan menambah saldo akun Google Adsense yang terkait.

Konten sebuah situs sebaiknya merupakan karya yang orisinil atau bukan hasil jiplakan copy paste. Hal ini berkaitan dengan martabat dan reputasi sebuah situs sebagai situs terpercaya. Selalu menggunakan judul yang berkaitan dengan isi konten karena judul yang menjebak justru akan membuat pengunjung malas datang kembali.

Pengunjung umumnya juga akan buru - buru menutup laman ketika menemukan ketidaksesuaian antara judul dengan isi artikel.

Tentunya anda akan seperti itu bukan, jika mendapati tidak ada kesamaan antara judul dan  isi laman?

Gunakanlah Iklan Link/Tautan

Salah Satu strategi yang paling penting adalah, gunakanlah iklan link atau iklan tautan, biasanya iklan link lebih banyak menghasilkan daripada iklan-iklan jenis lainnya. Hal ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang mencoba berekperimen dengan penempatan iklan tautan di blog.

Iklan link tersebut saya tempatkan di tengah-tengah artikel, hasilnya? iklan tersebut lebih banyak menghasilkan dibandingkan iklan-iklan jenis lainnya. Dan yang paling mengejutkan adalah, iklan tersebutlah adalah yang paling mahal bayarannya meskipun hanya sekedar iklan tautan atau teks link.

Saya juga mendapati salah satu jenis iklan yang paling ampuh meningkatkan ctr google adsense adalah iklan link, karena rata-rata iklannya selalu menyesuaikan dengan isi konten.

Jika anda ingin mencobanya, silahkan pasang iklan link. Berdasarkan pengetahuan yang saya dapat dari Grup-grup facebook dan Google+, saya juga mendapati iklan link adalah iklan yang paling ampuh untuk meningkatkan pendapatan adsense.

Dari semua yang dijelaskan diatas, kita bisa ambil kesimpulan yaitu:

1. Memilih ukuran iklan yang tepat/iklan responsive.
2. Meletakkan iklan adsense di lokasi yang ideal, misalnya ditengah atau di akhir artikel.
3. Menggunakan template sederhana.
4. Mempercepat loading blog.
5. Membuat konten berkualitas/bermanfaat.
6. Menggunakan Iklan Link/Tautan (Recomended).

Demikian semoga postingan mengenai meningkatkan ctr google adsense ini bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon