22/11/18

Cara Menyimpan Status Whatsapp Teman Tanpa Aplikasi Tambahan

Whatsapp merupakan media sosial yang paling populer hingga saat ini karena selain mudah digunakan, whatsapp juga tidak mengenakan biaya sepeserpun kepada penggunanya selain dari koneksi internet.

Berbeda halnya dengan layanan operator yang rata-rata mengenakan biaya yang cukup mahal seperti pada layanan sms, telepon, mms, dan sebagainya. Biasanya setiap operator mengenakan harga yang berbeda-beda tergantung dari jenis layanan yang digunakan.

Di whatsapp, anda bebas melakukan panggilan, chatting, maupun video call tanpa dikenakan biaya tambahan. Itulah kenapa dizaman ini banyak sekali para pengguna android yang beralih menggunakan layanan sosial media ketimbang menggunakan layanan dari operator itu sendiri. Contohnya seperti layanan sms, telepon, video, call, dan mms.

Jika kita menggunakan sosial media, kita hanya dikenakan biaya dari koneksi internet, meskipun kita menggunakan layanan sosial media seperti chatting, video call, panggilan, dan berkirim file. Karena layanan ini tidak dianggap sebagai layanan operator melainkan layanan dari sosial media.

Sehingga apabila anda menelepon pengguna lain, anda tidak akan dikenakan biaya apapun dari operator selain koneksi internet.

Salah satu fitur whatsapp yang paling menonjol adalah fitur berbagi status yang baru-baru ini dihadirkan oleh whatsapp. Fitur ini hampir mirip seperti fitur story milik Instagram. Meskipun terlihat sama, sebenarnya ada sedikit perbedaan antara keduanya.

Tapi yang jelas fitur ini ternyata sangat laris, dan bahkan sering digunakan oleh para penggunanya whatsapp. Saya sendiri juga sering menggunakan fitur ini ketika saya ingin membagikan momen-momen tertentu saya, bahkan momen-momen tidak penting sekalipun juga saya bagikan hehe.

Namun, suatu hari saya mendapati salah seorang teman saya yang mengshare statusnya lewat whatsapp, kemudian saya berniat ingin mengunduh statusnya tersebut, status tersebut sangat menarik bagi saya, sehingga saya berkeinginan untuk menyimpannya kedalam memori hape ini.

Sehingga saya tidak harus bolak balik mengintip statusnya, apalagi kalau sudah lewat 24 jam, mungkin saya tidak bisa lagi mengintip statusnya. Apasih isi statusnya? yang jelas ini privasi saya dengan dia ya hehe.


Mengunduh Status Whatsapp Menggunakan Tambahan Aplikasi

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi-aplikasi status downloader yang tersedia secara gratis di Google Playstore. Diantaranya yaitu aplikasi yang memang dikhususkan untuk mengunduh status di whatsapp.

Cara penggunaanya pun juga tidak ribet, pada intinya anda cukup membuka aplikasi, kemudian memilih status yang ingin didownload, lalu anda menyimpan hasil download anda ke kartu memori anda. Sehingga nanti anda tidak perlu repot-repot lagi.

Mengunduh Status Whatsapp Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Mungkin cara inilah yang anda tunggu-tunggu sejak anda membaca artikel ini, dan mungkin ada bertanya-tanya:

Bisakah mendownload status whatsapp teman tanpa menggunakan aplikasi tambahan?

Jawabannya adalah bisa.

Namun saya tekankan disini, cara ini mungkin sedikit rumit, namun bagi yang sudah berpengalamanan mengutak-atik ponselnya cara ini justru terbilang mudah, bahkan anda mungkin lebih memilih menggunakan cara ini ketimbang harus menginstal Aplikasi tambahan.

Caranya adalah sebagai berikut:

1#. Mengubah Setelan File Manager Untuk "Menampilkan File Tersembunyi"

Kenapa harus menampilkan file tersembunyi?

Karena foto atau video yang dishare lewat status, tidak akan bisa dilihat di file manager kecuali jika anda telah mengaktifkan setelan file manager "menampilkan file tersembunyi".


Untuk mengaktifkan setelan ini, silahkan pergi ke menu setelan file manager anda. Dengan cara membuka:
  • Tap menu drawer disebelah kanan layar.
  • Buka menu setelan.
  • Aktifkan "tampilkan berkas tersembunyi".

Setiap ponsel android biasanya memiliki tampilan menu yang berbeda-beda, jadi silahkan disesuaikan. Dalam hal ini saya menggunakan ponsel Android Xiaomi Redmi Note 4.

2#. Pergi Ke Folder /storage/Whatsapp/Media/.Statuses

Temukan folder Statuses yang diwali dengan tanda (.) titik, jika anda tidak menemukannya, berarti anda belum menampilkan berkas tersembunyi sebagaimana langkah sebelumnya.


Folder Statuses adalah tempat berkumpulnya file-file status milik teman anda yang dishare melalui Whatsapp. Setiap kali teman anda mengshare sebuah status, anda juga akan melihatnya disini.

Sehingga anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyimpan status milik teman anda sebelum lewat 24 jam.

3#. Memindahkan File Status dari Folder Statuses ke Folder lain


Pilih status teman anda yang ingin anda simpan, kemudian pindahkan foto/video yang dishare oleh teman anda ke folder lain semisal Folder DCIM. Anda juga bisa memindahkannya ke folder lain yang anda  sukai.

Contohnya sebagai berikut:

Sumber File: /storage/Whatsapp/Media/.Statuses
Dipindahkan ke : /storage/DCIM

Selain dipindahkan, sebenarnya anda juga bisa menyimpannya tanpa memindahkannya, seperti hanya me-rename-nya dari file sumbernya.

Jika anda tidak segera merename atau memindahkannya maka status tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 24 jam.

Mudah bukan?

Sekarang status tersebut telah tersimpan secara permanen ke kartu memori.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda mencoba cara ini:
  • Status tersebut belum lewat 24 jam, atau masih tampil di daftar status whatsapp.
  • Tidak berlaku untuk status dalam bentuk text/tulisan.
  • Apabila teman anda menghapus status miliknya sebelum lewat 24 jam, maka cara ini juga tidak akan berlaku.

Apakah cara ini aman?

Aman, karena saya sudah mencobanya berkali-kali, anda tidak perlu takut kehilangan data karena panduan ini sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

Demikian semoga tulisan mengenai Cara Menyimpan Status Whatsapp Teman Tanpa Aplikasi Tambahan bermanfaat, khususnya untuk pemula

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon